GIIAS 2021: Suzuki Gixxer SF 250 Sudah Dipajang, Apa Istimewanya Motor Ini?

GIIAS 2021: Suzuki Gixxer SF 250 Sudah Dipajang, Apa Istimewanya Motor Ini?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua menampilkan produk sport terbarunya Gixxer SF 250 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada Jumat (12/11). Sebenarnya pabrikan sudah lebih dulu menjualnya sebelum pameran itu dimulai.

"Pasar sepeda motor 250cc cukup menarik bagi kami karena karakter konsumennya yang menyukai eksklusivitas dan petualangan. Dengan adanya GIXXER SF 250, Suzuki dapat semakin meningkatkan eksistensinya di segmen sepeda motor premium di Tanah Air," kata 2W Sales & Marketing Department Head SIS, Teuku Ugha.

Strategi perusahaan menghadirkan Suzuki Gixxer SF 250 di pasar domestik terbilang menarik. Pasalnya motor ini hanya dibekali enjin dengan konfigurasi mesin 1-silinder, di mana para kompetitornya lebih yakin dengan mesin 2-silinder, bahkan sudah ada yang beralih menggunakan 4-silinder.

Terburu-buru meluncurkan atau memang sesuai dengan riset pasar SIS? Kami akan coba bedah modal yang dimiliki Gixxer SF 250, lengkap mulai dari spesifikasi, fitur, dan range harga yang ditawarkan.

Suzuki Gixxer SF 250

Desain Suzuki Gixxer SF 250

Pertama kita bahas lebih dulu dari segi tampilan. Yap, motor ini lebih mengarah pada segmen motor sport touring namun tetap kental dengan aura sporty.

Desain fascia-nya memiliki siluet dari produk moge Suzuki GSXR 600. Itu bisa dilihat dari desain lampu depannya yang terlihat sipit dan agresif. Namun jujur saja, desain dan dimensi windshield motor ini terbilang pendek dan mengurangi estetika visualnya.

Bergeser ke samping, Gixxer SF 250 punya bentuk fairing yang menarik dan mengimpretasikan aerodinamika. Sepintas mata, desainnya memiliki kemiripan dengan Kawasaki Ninja 250 karburator.

Sementara di belakang, Suzuki Gixxer SF 250 menggunakan model lampu stop yang minimalis. Nah, karena posisinya sebagai sport touring, hadir sebuah behel tanduk untuk pegangan tangan pembonceng maupun memudahkan pengendara ketika menggeser kendaraan.

Secara keseluruhan, tampilan motor ini tak berbeda dengan unit yang diniagakan di India. Bahkan masih hadir komponen mudguard (spakbor ban) yang boleh dibilang mayoritas konsumen Indonesia kurang menyukainya.

Dimensi Suzuki Gixxer SF 250

Secara umum, Suzuki Gixxer SF 250 punya bentuk tubuh yang kompak, di mana memiliki panjang 2.010 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.035 mm, ground clearance 165 mm. Sementara untuk bobot, motor ini hanya memiliki berat 161 kilogram dengan volume tangki BBM mencapai 15 liter.

Bobotnya punya selisih lebih berat 10 kilogram dari rival terdekat Kawasaki Ninja 250 SL. Sementara jika membandingkan dengan KTM RC 250, motor Suzuki tersebut masih terhitung berat, selisihnya mencapai 14 kilogram.

Baca juga:  GIIAS 2021: Honda CB150X Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 32 Jutaan

Suzuki Gixxer SF 250

Spesifikasi Mesin Suzuki Gixxer SF

Dari segi mesin, Suzuki Gixxer SF 250 dibekali enjin berkubikasi 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan, dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 25,6 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Selain mengusung mesin 1-silinder, motor ini juga masih menggunakan tipe enjin SOHC. Padahal sekelas motor bebek Suzuki FU150 dan GSX-R150 sudah didukung mesin DOHC. Mesin DOHC sendiri diklaim lebih cocok untuk DNA sport dan punya kerapatan tinggi untuk high performance engine.

Selain itu, motor anyar Suzuki Indonesia ini juga tak dibekali dengan sistem pendinginan radiator. Namun pabrikan menggantinya dengan pendingin oli atau yang mereka sebut sebagai Suzuki Oil Cooling System (SOCS).

Dengan teknologi ini diklaim memberikan impresi performa dan durabilitas yang tinggi. Teknologi SOCS membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan, sehingga berpengaruh pada kemampuan manuver yang mudah bahkan pada kecepatan tinggi.

Rancang Kaki-Kaki Suzuki Gixxer SF 250

Lantas bagaimana set kaki-kakinya? Dari lembar spesifikasi, Gixxer SF 250 dibekali dengan suspensi depan berjenis teleskopik dan ban ukuran 110/70 ring 17. Sementara di belakang menggunakan suspensi tunggal-swing arm dengan profil ban 150/60 ring 17.

Ini set atau penggunaan kaki-kaki yang umum pada motor sport 250 cc, tak terbilang istimewa namun rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemiliknya.

Suzuki Gixxer SF 250

Kelengkapan Fitur Suzuki Gixxer SF 250

Dari segi fitur, Gixxer SF 250 sudah dibenamkan penerangan LED di depan, dan LED di lampu belakang. Namun untuk penanda sein, sayangnya masih menggunakan tipe bohlam konvensional.

Sementara di bagian kokpitnya, motor ini sudah dilengkapi dengan panel meter full digital yang berisikan informasi penting soal kendaraan. Mulai dari speedometer, tachometer, posisi gigi, indikator fitur, indikator lampu, dan sebagainya.

Terakhir adalah penggunaan fitur keamanan ABS (Anti-lock Braking System). Di motor ini teknologi ABS sudah terintegrasi pada seluruh roda yang membuatnya punya daya jual lebih soal peranti keselamatan.

Harga Suzuki Gixxer SF250

Dari informasi yang kami terima, Suzuki Gixxer SF 250 dijual dengan status CBU (Completely Built Up) atau diimpor langsung dari India. Motor ini ditawarkan dengan nominal Rp 49,3 juta OTR.

Banderol tersebut lebih murah dari harga yang ditawarkan di Thailand. Di negeri gajah putih, Gixxer SF 250 dilego sekitar Rp 59 sampai 60 jutaan.

Sementara jika membandingkan dengan rivalnya di Indonesia yakni Kawasaki Ninja 250 SL, Gixxer SF 250 dijual lebih mahal Rp 13,4 juta. Bagaimana, tertarik meminang motor terbaru Suzuki tersebut? Jika punya rencana bisa datang lebih dulu dan melihat langsung fisiknya di booth Suzuki mobil Hall 5C, ICE, BSD, Tangerang Selatan. (Kit/Raju)

Baca juga: GIIAS 2021: Selain Ertiga Sport FF, Suzuki Janjikan Bakal Ada Produk Baru Lagi Meluncur

Jelajahi Suzuki Gixxer SF 250

Model Motor Suzuki

  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki NEX II
    Suzuki NEX II
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki Gixxer SF 250
    Suzuki Gixxer SF 250
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150
  • Suzuki NEX Crossover
    Suzuki NEX Crossover
Motor Suzuki

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Suzuki Gixxer SF 250 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Suzuki Gixxer SF 250

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang