Oto
jakarta-selatan

Toyota Avanza Veloz vs Honda Mobilio RS, Pilih Mana?

  • 06 Nov, 2017
  • 22846 Kali Dilihat

Sebagai varian tertinggi, Veloz 1.5 dan Mobilio RS dibekali fitur terlengkap, sekaligus menjadi yang termahal di lineupnya. Target pasarnya pun berbeda bila dibanding Avanza G maupun Mobilio E. Adanya tipe termahal, membuat segmen Low MPV lebih berwarna dan sedikit lebih berkelas. Tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan konsumen pada mobil yang mampu memuat banyak penumpang, tapi juga memikirkan gengsi yang didapat pembelinya. Mana pilihan terbaik dari dua pabrikan raksasa Jepang ini?


Desain dan Dimensi


Dimensi--Toyota-Grand-New-Avanza-Veloz-1.5-vs-Honda-Mobilio-RS


Desain Toyota Grand New Veloz, pada dasarnya generasi kedua Toyota Avanza yang sudah melewati serangkaian facelift. Jadi, sudah terlihat uzur dan membosankan. Apalagi cap sebagai mobil “sejuta umat”, mendominasi jalan-jalan di Indonesia yang tentu selalu terlihat di mana saja.


Memilih Veloz berarti tidak memikirkan desain. Beda dengan Honda Mobilio RS. Penyegaran pada wajah tahun ini, mengubah tampilan jadi agresif dan berbeda dengan sang adik, Brio. Desain yang dipenuhi garis dan lekukan tajam, mudah diterima dan disukai siapa saja. Sisi sportynya juga menonjol melalui tambahan body kit dan spoiler.


Karena Veloz masih menganut sasis semi-monokok, bodinya jadi lebih menjulang tinggi. Ground clearance setinggi 200 mm, juga keunggulan penting yang dimiliki Veloz. Sedang Mobilio lebih “membumi” dengan desain streamline. Tapi ground clearance tidak bisa dikatakan rendah. Tinggi 189 mm masih cukup andal melewati jalanan bervariasi di Indonesia.


Interior Mobilio lebih luas sedikit dibanding Veloz. Ini karena bodi yang lebih panjang dan disiasati jok yang lebih tipis. Di Mobilio facelift, busa jok ditebalkan sedikit agar penumpang duduk lebih nyaman. Namun duduk di dalam Veloz masih lebih baik secara keseluruhan.


Harga dan Fitur


fitur-Honda-Mobilio-RS


Harga yang ditawarkan Mobilio RS (M/T Rp 233 juta dan CVT Rp 243,5 juta) memang lebih mahal dari Grand New Veloz (M/T Rp 227 juta dan A/T Rp 238,8 juta). Tapi sebanding dengan fitur dan kelebihan yang didapat pembeli. Paling mencolok, adanya fitur keselamatan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) di Mobilio RS transmisi CVT. Sayangnya, dua fitur ini tidak ditemui di Mobilio RS transmisi manual. Tapi, itu merupakan gebrakan berani dari Honda untuk membenamkannya di Low MPV. Menjadikannya benchmark yang sekarang diikuti oleh Mitsubishi Xpander Ultimate. Mungkin saja Veloz generasi terbaru sudah memiliki sistem ini.


fitur--Toyota-Grand-New-Avanza-Veloz


Veloz 1.5 juga tidak bisa lagi disebut mobil yang minim fitur. Tidak seperti Veloz pertama kali hadir yang tanpa banyak fitur keselamatan dan keamanan. Sekarang tergolong lengkap walaupun sudah umum seperti mobil-mobil zaman sekarang. Bila menyingkirkan Mobilio RS CVT, fitur Veloz 1.5 dan Mobilio RS M/T tergolong berimbang. Ada plus-minus masing-masing seperti, monitor di plafon Veloz untuk hiburan penumpang belakang dan Mobilio RS sudah dibekali kamera belakang untuk mempermudah parkir mundur.


Performa dan Pengendaraan


Performa--Toyota-Grand-New-Avanza-Veloz-1.5-vs-Honda-Mobilio-RS


Honda selalu mentasbihkan dirinya sebagai yang paling bertenaga di seluruh segmen, tak kecuali Low MPV. Mesin L15A7 4-silinder 1,5-liter i-VTEC memiliki tenaga 118 PS dan torsi 145 Nm. Mesin L-Series sudah akrab di kubu Honda dan terkenal akselerasinya kencang tapi juga irit. Daya tersalur ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT.


Veloz 1.5 memakai mesin baru 2NR-VE 4-silinder 1,5-liter Dual-VVTi bertenaga 104 PS dan torsi 136 Nm. Transmisinya ada manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan. Bedanya dengan Mobilio, Veloz menganut gerak roda belakang (RWD). Karakter mesin 2NR-VE juga berbeda dengan mesin lama 3SZ-VE. Sebaran tenaga lebih merata di tiap putaran dan tidak seagresif dulu karena mengejar efisiensi bahan bakar lebih baik.


Soal pengendaraan, Veloz mengalami pembenahan yang jauh lebih baik dari model sebelumnya. Bantingan suspensi empuk dan tidak memantul lagi. Tapi jauh lebih limbung dibanding Mobilio. Mobilio RS lebih keras tapi menyenangkan dikendarai, terutama bagi Anda yang pengemudi antusias. Kelemahan Mobilio adalah tidak senyaman Veloz, dari sisi peredaman suspensi dan kekedapan kabin. Soal kabin yang bising, menjadi kelemahan Honda yang patut dibenahi.


Kesimpulan


Keduanya memiliki karakter yang berbeda. Ingin mobil perang untuk melahap jalanan dengan medan yang tak terprediksi, Veloz jawabannya. Jika senang mengemudi sendiri dengan pengendalian stabil bak sedan, Mobilio RS pilihan tepat. Kami sarankan ambil Mobilio RS CVT karena ada fitur VSA dan HSA yang belum banyak ditemui mobil keluarga mainstream. (Odi/RS)


Baca juga: Mitsubishi Xpander Exceed vs Toyota Avanza 1.3 G

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Avanza Veloz

  • 1.3 M/T | Rp215,65 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp21,5 Juta
    Angsuran Rp16,18 Juta
    Tenor 12 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • 1.3 A/T | Rp227,45 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp23,87 Juta
    Angsuran Rp17,06 Juta
    Tenor 12 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • 1.5 M/T | Rp227,65 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp23,91 Juta
    Angsuran Rp17,08 Juta
    Tenor 12 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • 1.5 A/T | Rp239,45 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp26,28 Juta
    Angsuran Rp17,96 Juta
    Tenor 12 Months
    Lihat Promo Ramadhan

Video Toyota Avanza Veloz

Lihat video terbaru Toyota Avanza Veloz untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi