jakarta-selatan

Mitsubishi Xpander Exceed vs Toyota Avanza 1.3 G

  • 29 Sep, 2017
  • 20733 Kali Dilihat

Mitsubishi Xpander menantang sang raja LMPV, Toyota Avanza. Seperti apa persaingan Xpander varian Exceed melawan Avanza tipe 1.3 G? Mana yang lebih tinggi kadar value for money-nya? Kita lihat kelengkapan dan keunggulan masing-masing produk.


Mitsubishi_Xpander_varians (2)-006


HARGA

MItsubishi Xpander Exceed punya dua pilihan transmisi : manual dan otomatis. Harga Xpander AT Rp 224,95 juta dan Rp 214,55 juta untuk versi manual. Sedang harga Avanza 1.3 G AT Rp 219 juta, versi manualnya Rp 208,3 juta. Soal harga, jelas Avanza lebih murah. Tapi ada perbedaan besar antara keduanya : mesin.


Avanza masih ada yang dibawah 200 juta


MESIN

Jantung mekanis Toyota Avanza sudah diupdate dengan teknologi dual VVT-i. Mesin 1.3 liter berdaya 96,5 PS dan torsi puncak 120 Nm. Sedang Xpander memakai mesin 1.5 liter MIVEC berdaya 104 PS dan torsi 141 Nm. Dari tenaga tidak jauh berbeda, tapi jelas torsi Xpander lebih besar sehingga akselerasi dan kemampuan menanjak lebih unggul Xpander. Keduanya menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatik 4-speed.


DIMENSI

Soal ukuran Xpander Exceed melebihi Avanza 1.3 G. Mitsubishi membekali Xpander dengan dimensi 4.475 x 1.750 x 1.700 mm (PxLxT) sementara Avanza tipe G 4.190 x 1.660 x 1.695 mm. Tambahkan dengan jarak antar poros roda 2.775 mm, ruang kabin Xpander terasa lebih lega dibanding Avanza yang punya jarak sumbu roda 2.655 mm. Untuk ground clearance, Xpander Exceed sedikit lebih unggul dengan jarak 205 mm dari permukaan jalan. Avanza punya jarak 200 mm.


FITUR

Fitur eksterior Xpander Exceed sedikit lebih lengkap. Bagian wajah, misalnya, Xpander punya lampu LED positioning selain dari lampu depan utama projector dan lampu kabut. Avanza tak punya LED positioning. Di kaki-kaki, Xpander kembali unggul dengan ukuran pelek yang lebih besar dari Avanza 1.3 G.


Di dalam kabin, desain keduanya bukan yang terbaik. Namun Xpander terasa sedikit lebih modern. Bangku baris kedua Xpander juga sudah mendukung sliding dan reclining sehingga lebih nyaman. Xpander juga menyediakan power socket di barisan penumpang belakang. Urusan hiburan, keduanya memakai head unit audio 2DIN yang bisa memainkan banyak sumber: CD/MP3, USB dan Aux.


SAFETY

Lagi, Xpander unggul di sektor keselamatan. Meski Avanza baru sudah dilengkapi dual SRS airbags dan rem ABS, Xpander Exceed punya rem dengan ABS+EBD selain dari dua kantung udara di depan. Immobilizer sudah tersedia bagi keduanya tanpa dukungan sistem keyless entry.


KESIMPULAN

Mitsubishi Xpander Kesan Pertama (15)-012


Jelas dari kelengkapan fitur Xpander Exceed lebih unggul dari Avanza 1.3 G. Namun dari harga dengan perbedaan lumayan, Avanza 1.3 G masih bisa dipertimbangkan. Khususnya bagi yang mencari LMPV bertransmisi otomatis namun dananya terbatas untuk bisa membeli varian yang lebih tinggi.


Komparasi Xpander vs Avanza

Mitsubishi Xpander
Rp210,3 - Rp265,1 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Toyota Avanza
Rp191,1 - Rp221,25 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Xpander vs Avanza
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi