Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS

Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS

Situasi pandemi tak seburuk sebelumnya. Pemerintah akhirnya membolehkan masyarakat melakukan mudik lebaran dan juga menetapkan cuti bersama. Momentum itu langsung dimanfaatkan oleh pemudik yang hendak pulang kampung atau sekadar menikmati liburan bersama keluarga.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa harga Toyota Veloz?

    Toyota Veloz dijual mulai Rp286 juta sampai Rp331,1 juta
  • OTO.com Media Group yang terdiri dari OTO.com, Carvaganza.com dan Zigwheels.co.id menggelar Lebaran Drive 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian test drive yang biasa kami laksanakan. Namun, momennya bersamaan dengan liburan Hari Raya Idul Fitri serta melibatkan 10 mobil sekaligus.

    Sepuluh unit mobil yang tersedia, saya mendapat jatah menguji All New Toyota Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). Sebagian besar rekan-rekan lain melakukan mudik atau keluar kota, tapi tidak dengan saya. Driving experience yang saya peroleh hanya sebatas berkeliling wilayah Jabodetabek. Pergi bersama keluarga dengan menyambangi sanak-saudara, beberapa rumah makan dan tempat perbelanjaan.

    Selama 2 minggu, saya dan keluarga langsung jatuh cinta dengan All New Veloz varian tertinggi ini. Kenyamanan dari MPV (Multi Purpose Vehicle) 7-seater dapat langsung dirasakan ketika masuk dalam kabin. Akomodasi Veloz ternyata cukup lega untuk membawa 6 orang dewasa dan 3 anak kecil. Bahkan saat menggunakan area bagasi untuk membawa bingkisan lebaran untuk keluarga besar, masih ada banyak ruang yang tersisa untuk barang lainnya. Belum lagi disuguhkan dengan banyaknya ruang penyimpanan terbuka untuk barang bawaan berukuran kecil dan botol minuman.

    Eksterior Stylish

     

    Toyota Avanza Veloz

    Bagian Eksterior Toyota Veloz terbaru memang didominasi tampilan yang lebih stylish. Tampilan depannya tampak agresif dengan penyematan headlamp yang sudah mengusung jenis Light Emitting Diode (LED), bersamaan dengan lampu turning signal dan positioning lamp. Tampilannya pun semakin keren dengan bilah krom yang menghubungkan headlamp kiri dan kanan.

    Kesan elegan juga terlihat dari bagian depan yang terpasang gril berwarna hitam dan airdam dengan aksen gelap. Di sana tampak lekukan yang dinamis. Angin pun bisa tersalur sempurna untuk menjaga suhu mesin di balik engine hood.

    Kaca spionnya juga canggih, sudah menggunakkan Electric Retracable, lengkap dengan lampu sein samping. Pengaturannya yang elektrik memudahkan pengendara mengatur posisi kaca spion. Kesan stylish juga cukup dominan pada tampilan samping. Lihat saja Side Body Molding dan Side Skirt Design.

    Bodinya terlihat lebih berisi dari setiap sisi, mulai dari fender yang lebih menonjol dan bagian under body tebal berwarna hitam, melengkapi tampilan stylish Veloz. Sementara bagian kaki dilengkapi pelek two tone kembang dengan ukuran 17 inci.

    Kesan elegan semakin terpancar di bagian belakang dengan penggunaan stoplamp yang memanjang dan menyatu dari sisi kiri ke kanan. Teknologi LED-nya juga menjadi identitas tersendiri saat dilihat ketika malam hari. Kini penggunanya tak perlu khawatir lagi terjadi embun di kaca belakang, karena sudah dilengkapi dengan elemen pemanas kaca belakang (defogger). Kamera mundur dan dua buah sensor parkir juga membantu penggunanya saat hendak parkir mundur.

    Interior Mewah

    Toyota Avanza Veloz

    Saat masuk interior, langsung disambut dengan layout dasbor mewah. Menggunakan tiga paduan warna yakni hitam, krem, serta ornamen silver. Belum lagi beberapa panel di depan sudah memakai material soft touch. Ada di dasbord bagian penumpang depan, armrest hingga lingkar kemudi.

    Desain yang premium dan stylish diperkuat setir yang dibalut kulit dan pengaturannya sudah tilt dan telescopic, jadi gampang menyesuaikan posisi berkendara agar nyaman saat jalan jauh. Lingkar kemudinya ada beberapa tombol yang bisa dioperasikan dengan mudah. Bisa buat mengatur informasi berkendara di Multi Information Display (MID), Toyota Safety Sense, audio, hingga bluetooth. Ada pula tombol untuk mengatur Drive mode. Driving mode ada beberapa pilihan, normal, eco mode dan power mode.

    Kerennya ada ambient lighting tipis atau New Vibrant Illumination Light di konsol tengah dan door trim baris pertama, memancarkan kesan elegan dan premium. Tampak jelas saat malam hari dan menciptakan rasa tenang juga santai bagi penumpang depan selama perjalanan. Anak pun merasa senang ketika melihat cahaya lampu redup berwarna biru di beberapa sudut. Kemudian terdapat emboss Veloz di sisi kiri dasbor atau di depan kursi penumpang depan. Ini sebagai identitas kalau dirinya berbeda dengan Toyota Avanza.

    Masih di konsol tengah, terdapat head unit dengan bentang layar 9 inci yang juga lebih kekinian yakni model floating. Memiliki kemampuan dengan beragam konektivitas seperti Android Auto maupun Apple CarPlay. Pengoperasian pun cukup mudah, sebab sudah mengadopsi layar sentuh. Di situ pula pengemudi dapat merasakan canggihnya All Round View Camera. Ketika memarkir di ruang sempit tidaklah sulit, lantaran pengemudi bisa mengetahui jarak objek di depan, samping hingga belakang.

    Di bawahnya ada fitur auto climate control, secara efektif dan cerdas mampu menjaga suhu kabin tetap dingin meski cuaca di luar terik. Knob kiri buat mengoperasikan kekuatan kipas, kanannya untuk mengatur suhu AC. Tapi sayangnya tidak ada pengaturan semburan AC untuk kaki pengemudi dan penumpang depan. Lalu di belakang transmisi tersedia Electric Parking Brake with Brakehold, menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

    Selanjutnya ada wireless charger di konsol tengah. Kalau tak ada NFC pada smartphone, bukan sebuah masalah sebab banyak USB charger yang tersedia.

    Arm rest kiri pengemudi dan penumpang depan cukup bikin rileks perjalanan. Bahannya empuk dan sangat bermanfaat. Di dalamnya terdapat ruang untuk menyimpan benda kecil dan diberikan power socket.

    Kenyamanan Kursi

    Toyota Avanza Veloz

    Keluarga benar-benar dimanjakan oleh All New Veloz. Semua itu karena desain jok menggunakan kualitas premium. Pakai paduan bahan kulit serta fabric dengan konsep two-tone untuk menunjang aura mewah di kabin. Ia mampu menopang tubuh dengan baik, baik kala bermanuver cepat maupun jalan santai. Kursi yang empuk ini disenangi anak-anak.

    Seluruh joknya juga dirancang sesuai tubuh orang Indonesia. Untuk kursi pengemudi bisa diatur secara reclining dan juga tinggi rendahnya melalui fitur height adjuster. Walau masih berupa tuas konvensional, ini sudah cukup membantu pengemudi mendapat posisi rileks.

    Ruang kaki dan kepala pada baris pertama benar-benar lapang. Begitu juga di baris kedua yang bisa digeser maju-mundur. Ditambah sudah memiliki desain blower baru dengan tampilan lebih tipis. Pengaturannya berbentuk knop bulat yang posisinya ditaruh agak mundur. Meski mirip milik Calya dengan desain rata, hembusan AC bisa sampai ke penumpang di jok baris ketiga.

    Sandaran tengah bisa dilipat untuk menjadi handrest. Sayangnya tidak diberikan cup holder. Tapi cukup membantu kala penumpang ingin santai. Bicara fitur, penumpang di baris kedua mendapatkan USB port sebanyak dua buah yang letaknya berada di tengah.

    Semua penumpang termasuk pengemudi juga dijamin aman dan nyaman, karena masing-masing kursi dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur tinggi-rendahnya. Sabuk pengaman tiga titik serta airbag pun tersedia.

    Soal kenyamanan masih berlanjut dengan hadirnya long sofa mode. Fitur ini memungkinkan semua jok baik depan maupun tengah untuk direbahkan sampai seperti sofa. Selama penggunaan, kami sering merebahkan bangku baris kedua. Jadi dua penumpang di belakang bisa selonjoran kaki tanpa ada halangan. Sayangnya pengaturan untuk merubah jok menjadi sofa memang dibutuhkan sedikit usaha, karena semua harus dilakukan secara manual. Mulai dari mencopot headrest hingga merebahkan sandaran kursi.

    Oh iya, karena jok baris kedua bisa-maju-mundur, penumpang dewasa masih bisa duduk di bangku belakang. Namun lebih nyaman ditempat anak-anak. Dengan begitu, seluruh penumpang dapat menikmati kenyamanan All New Veloz.

    Panel Instrumen

    Toyota Avanza Veloz

    Salah satu keistimewaan All New Veloz yakni pada panel instrumen. Ia sudah full digital berukuran 7 inci dan ada 4 pilihan tampilan display. Semuanya bermain dengan warna yang cukup detail serta atraktif. Berbagai informasi berkendara ada di situ dan mudah dipantaui oleh pengemudi.

    Banyak sekali informasi yang disajikan, ada outside temperature, odometer, tripmeter, jam digital, speedometer bahkan inclinometer dan juga mampu menyajikan penjelasan mengenai fitur Toyota Safety Sense. Tinggal tekan tombol yang ada di kiri-kanan stir untuk melihatnya.

    Entertaiment System

    Toyota Avanza Veloz

    Selain layar 9 inci yang muncul di tengah dasbor dengan sturktur floating, ada pula rear seat entertainment (RSE) alias monitor yang berada menempel di plafon. Ini yang sangat disukai oleh anak-anak yang duduk di bangku belakang. Mereka bisa menonton video kesayangan sambil menikmati perjalanan. Sayangnya pengoperasian hanya bisa dilakukan dari layar depan. Lalu untuk mengkoneksikannya hanya bisa melalui flashdisk yang sudah diisi video sebelumnya.

    Tapi perlu diingat, saat monitor dibuka pandangan pengemudi ke arah belakang melalui spion tengah jadi terhalang. Harus ekstra hati-hati saat mengawasi kondisi dari arah belakang.

    Kualitas suara yang dihasilkan terbilang memadai. Terdapat enam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A). Dan buat mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudi.

    Bagasi Luas

    Toyota Avanza Veloz

    Keunggulan dari layout penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) langsung terasa ketika membahas tentang bagasi mobil ini. Dalam keadaan semua kursi tegak saja kapasitas bagasinya masih tergolong memadai. Sekadar info, kapasitas bagasi mobil ini ada di angka 400 liter (posisi jok digunakan semua). Jadi tidak merepotkan ketika harus membawa semua keperluan keluarga.

    Apalagi saat bangku baris kedua dan ketiga direbahkan. Volume bagasi mobil ini terasa sangat lapang. Lantaran didukung dengan lantai bagasi yang rata, membuat lebih fleksibel dalam memasukkan segala jenis barang.

    Selain bagasi, All New Veloz varian tertinggi ini punya ruang penyimpanan dan cup holder cukup banyak. Hampir di semua pintu tersedia, bahkan sampai bangku belakang. Cukup memudahkan para penumpang untuk menaruh minuman atau barang kecil lainnya.

    Keselamatan Terjamin

    Toyota Avanza Veloz

    Khusus untuk Veloz terbaru varian termahal sudah menggunakan rem cakram di keempat roda. Sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA) turut menjamin pengereman tetap aman dilakukan dalam kondisi apapun.

    Ada 6 buah Airbags (pengemudi/penumpang/samping/tirai) yang menjaga seisi kabin tetap aman ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Vehicle Stability Control (VSC) turut menjamin mobil tidak bakal oversteer maupun under steer saat melibas tikungan. Hill Start Assist (HSA) pun menjaga mobil agar tidak mundur di tanjakan. Sistem HSA ini turut bekerja sama dengan Electric Parking Brake & Brake Hold. Brakehold ini sangat membantu ketika berada di tengah kemacetan. Kaki kiri bisa istirahat sebentar tanpa menginjak pedal rem.

    Karena ini tipe Q CVT dengan Toyota Safety Sense (TSS), maka ia telah dilengkapi dengan enam fitur unggulannya. Meliputi Pre Collision System (PCS) yang mampu memberi peringatan ketika mendeteksi ada objek di depan. Dan jika kita tetap melaju kencang maka mobil otomatis akan mengerem dengan sendirinya. Mantap!

    Lane Departure Assist (LDA), menjaga mobil agar tidak keluar lajur. Jika terdeteksi keluar lajur, sistem memberikan peringatan. Dan bila pengemudi tidak menghiraukan, secara otomatis sistem bakal mengembalikan mobil ke lajur yang benar. Di sini stir terasa goyang sendiri dan pengemudi tidak boleh kaget. Memang butuh penyesuaian sedikit.

    Blind Spot Monitoring (BSM) atau muncul peringatan di kaca spion ketika ada kendaraan baik di samping kiri maupun kanan yang berada di posisi blind spot. Ini keren, layaknya mobil Eropa.

    Pedal Misoperation Control, berguna untuk mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas yang terlalu dalam ketika harusnya menginjak pedal rem. Fitur ini dapat meminimalisir tabrakan dengan objek yang ada di depan mobil. Lebih aman!

    Front Departure Alert, sangat bermanfaat ketika sedang berhenti menunggu lampu merah. Fitur ini dapat memberi peringatan kepada pengemudi bahwa kendaraan di depannya sudah mulai berjalan. Sehingga kita tidak diklakson oleh kendaraan di belakang kita.

    Rear Cross Traffic Alert (RCTA) memberi peringatan jika ada kendaraan yang tiba-tiba datang dari arah lain di belakang ketika mobil mau berjalan mundur. Semua fitur yang ada menginformasikan ke pengemudi melalui suara dan keterangan di MID.

    Fitur canggih lainnya yang sangat membantu ada All Round View Camera (Kamera 360). Layar di konsol tengah memberikan gambar secara jelas situasi sekitar mobil. Memarkir kendaraan di mall atau di carport rumah yang tergolong sempit jadi lebih mudah. Ditambah dengan peringatan suara bila ada objek yang jaraknya cukup dekat. Teknologi ini juga langsung aktif saat pengendara menghidupkan lampu sein. Namun hal ini hanya terjadi saat mobil berjalan pelan.

    Performa Mumpuni

    Toyota Avanza Veloz

    Ia mengusung mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 kgm (137 Nm). Sistem katup pakai teknologi Dual VVT-i guna menghasilkan tenaga memadai demi efisiensi bahan bakar optimal di berbagai kondisi jalan. Hal ini juga ditingkatkan melalui transmisi CVT anyar. Penyaluran daya dilengkapi split gear baru, dikembangkan untuk memberikan rasio gigi lebih lebar.

    Performanya cukup mumpuni ketika dipakai di dalam kota maupun luar kota. Dan sesuai ciri khas dari transmisi CVT, akselerasi lebih halus dan tanpa adanya hentakan tentunya. Tidak kalah menarik dari impresi berkendara dengan mobil ini adalah kabin yang cukup senyap.

    Khusus Veloz yang saya gunakan, sudah memiliki tiga mode berkendara yakni Normal, Power dan Eco. Semua bisa dipilih via tombol di sebelah kanan bawah setir. Dengan menekan tombol tersebut komputer akan mengatur output mesin via mapping ECU sesuai dengan mode yang dipilih. Bahkan tak hanya mapping saja, mode berkendara ini turut serta mengintervensi AC agar lebih optimal sesuai mode yang dipilih.

    Bila mobil baru dinyalakan dan tidak menekan tombol drive maka dalam posisi normal mode. Kalau ditekan sekali langsung mengarah ke power mode dan jika lebih lama maka berpindah ke eco mode. Semuanya ditandai dengan notifikasi yang muncul pada layar MID digital.

    Ketika membutuhkan tenaga lebih, bisa memanfaatkan Power mode. Membuat mesin melontarkan tenaga lebih responsif tanpa repot menekan pedal gas terlalu dalam. Mode ini saya lakukan ketika melintasi kawasan Bojong Koneng, Bogor yang jalurnya sedikit menajak dengan muatan 6 orang dewasa dan 3 anak kecil. Putaran bawah terasa lebih agresif dan dorongan tenaganya sangat terasa.

    Khusus mode Eco saya manfaatkan ketika menjelajah jalur perkotaan agar efisiensi bahan bakar lebih baik. Selama penggunaan 2 minggu lebih banyak memakai eco mode, biar irit bahan bakar. Dan terbukti dengan catatan average yang menyentuh angka 14,3 km/liter.

    Suspensi

    Toyota Avanza Veloz

    Kemampuan alat peredam kejutnya mampu menopang kendaraan dengan sempurna saat bermanuver. Ketika melintasi medan jalan bergelombang juga ciamik. Kinerja suspensi tidak memberikan dampak signifikan pada alat kemudi. Artinya pengendalian kendaraan tetap stabil.

    Dengan setingan baru, reaksi dari suspensi saat melintasi guncangan boleh dibilang cukup redup dan sunyi. Tak ada gejala mentok saat bawa muatan banyak dan bisa dibilang halus ketika bobot hanya 4 orang dewasa. Karakteristik peredam kejut belakang juga cenderung empuk sesuai jenis torsion beam. Hasilnya pengendalian kendaraan lebih terukur dan tentunya nyaman. Hal ini tentunya tak lepas dari peran serta tim riset dan pengembangan Toyota agar sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Keren! (BGX/RS)

    Baca juga: Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Tepis Stigma Mobil Cina

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Toyota

    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Veloz
      Toyota Veloz
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Yaris
      Toyota Yaris
    • Toyota Alphard
      Toyota Alphard
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    • Toyota Venturer
      Toyota Venturer
    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Land Cruiser
      Toyota Land Cruiser
    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota 86
      Toyota 86
    • Toyota GR Supra
      Toyota GR Supra
    • Toyota Voxy
      Toyota Voxy
    • Toyota Sienta
      Toyota Sienta
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota CHR Hybrid
      Toyota CHR Hybrid
    • Toyota Vios
      Toyota Vios
    • Toyota Vellfire
      Toyota Vellfire
    • Toyota Camry Hybrid
      Toyota Camry Hybrid
    • Toyota GR Yaris
      Toyota GR Yaris
    • Toyota Corolla Altis
      Toyota Corolla Altis
    • Toyota Corolla Cross
      Toyota Corolla Cross
    Mobil Toyota

    Jangan lewatkan

    IIMS Hybrid 2022

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Toyota Veloz Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Toyota Veloz

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang