jakarta-selatan

Honda Mobilio RS CVT 2017: Pentingnya Facelift!

  • Mar 17, 2017
  • 4292 Dilihat

Mobilio berganti wajah! Ini kali kedua Honda melakukan penyegaran terhadap Mobilio. Pertama kali muncul 2013 di Indonesia, mobil yang meminjam platform LCGC Honda Brio ini sempat mendapat penyegaran pada 2016. Bedanya, ketika itu Honda hanya mengubah interiornya. Sejak saat itu, desain dashboard Mobilio jadi sama bentuknya dengan desain dashboard Jazz, BR-V dan Brio terbaru.


Meski dengan segala kekurangan dan kelebihannya, mobil ini cukup diterima baik oleh konsumen Indonesia. Buktinya di 2016 lalu, terjual sekitar 36 ribu unit. Seakan tak puas dengan itu semua, belum sampai setahun Honda kembali merevisi Mobilio. Kali ini perubahan sampai mengubah wajahnya.


Honda Mobilio RS CVT 2017 04



Desain


Paras Mobilio baru jadi lebih agresif dan sporty. Terus terang, dibanding kompetitornya tampang Mobilio baru ini jauh lebih menarik perhatian. Apalagi tipe tertingginya, Honda Mobilio RS. Terutama yang berwarna Oranye ini.


Perubahan paling mencolok dapat dilihat dari bagian grill yang sudah mirip Jazz. Khusus untuk tipe RS, grill barunya berkelir hitam sementara tipe lainnya memakai warna chrome. Lampu utamanya kini menatap lebih tajam, tak lagi membulat seperti dulu. Lampu depannya memiliki LED light guide yang bisa difungsikan layaknya day-time running lights (DRL).


Honda Mobilio RS CVT 2017 07


Menariknya, bila pada Mobilio RS sebelumnya lampu depan sudah menggunakan proyektor, maka kini seluruh tipe Mobilio memakai lampu utama konvensional dengan bohlam halogen dengan reflektor bukan proyektor. Unik ya, peningkatan harga ternyata tak selamanya sejalan dengan peningkatan fitur ataupun kualitas.


Untungnya, gara-gara perubahan pada grill dan lampu depannya ini, kap mesin Mobilio ikutan berubah. Berubahnya juga cukup signifikan. Guratan yang lebih tegas, sukses membuat kap mesin Mobilio terlihat lebih kekar dari sebelumnya.


Honda Mobilio RS CVT 2017 05


Sayang Honda hanya fokus mengubah Mobilio hanya pada bagian depannya saja. Pada bagian sisi hanya desain velg berdiameter 15-inci yang berbeda dari sebelumnya. Apalagi bagian belakangnya. Honda cuma menempel ornamen krom yang melintang di bawah kaca belakangnya. Sebagai tambahan, konsumen yang membeli Mobilio RS berwarna Oranye akan mendapat atap berwarna hitam. Mobilio RS berwarna lain memakai atap sewarna bodi.



Interior


Masuk ke dalam interiornya, Mobilio dengan dashboard baru sebenarnya sudah sangat baik. Karena dashboard baru yang diperkenalkan untuk Mobilio pada 2016 lalu sudah terlihat jauh lebih modern lengkap dengan panel instrumen yang juga lebih menarik dengan tiga lingkaran pendar biru LED. Untuk tipe RS, illuminated LED lights pada cluster meter miliknya berwarna merah yang berkesan lebih agresif.


Honda Mobilio RS CVT 2017 03


Apalagi tersedia juga pengaturan AC secara digital. Bahkan untuk tipe RS yang kami uji ini, AC digital miliknya sudah otomatis. Tipe RS juga memakai sistem multimedia layar sentuh dengan ukuran layar yang lebih besar dibanding varian lainnya. Tentu saja fitur yang dibenamkan di dalamnya juga sedikit lebih banyak dan lebih baik. Head Unit audio Honda Mobilio RS CVT juga mengalunkan musik lebih merdu karena memakai enam premium speaker yang berbeda dari Mobilio tipe lainnya. Ditambah lagi, sudah tersedia tombol audio di lingkar kemudi.


Tapi sesungguhnya, hal yang paling berarti dari seluruh perubahan itu, terletak dari jok barunya. Setiap kursi di dalam kabin Mobilio saat ini sudah dibekali sandaran kepala dan sabuk pengaman tiga titik. Lalu, Honda juga menambah ketebalan jok sehingga terasa sedikit lebih nyaman dibanding sebelumnya.


Honda Mobilio RS CVT 2017 08


Pada dasarnya kabin Mobilio sebetulnya sudah salah satu yang terbaik. Kursi baris keduanya dapat digeser maju-mundur, reclining, juga dapat dilipat untuk memberikan akses masuk penumpang di kursi baris ketiga secara mudah dengan One-Touch Tumble. Masuk ke kursi baris ketiganya, ruang yang disajikan juga masih termasuk memadai bahkan untuk ukuran orang dewasa sekalipun.


Kami sarankan agar Mobilio juga menyediakan arm rest untuk penumpang belakangnya. Arm rest dapat dilipat menjadi sandaran untuk penumpang tengah kursi baris keduanya seperti yang dilakukan beberapa kompetitornya. Kemudian, Honda masih punya pekerjaan rumah yang cukup besar dalam hal kekedapan kabinnya. Untung suara mesinnya sangat halus.



Performa, Pengendaraan, dan Efisiensi BBM


Tak ada yang berubah di balik kap mesin Mobilio facelift ini. Mesinnya masih sama yaitu 1.5-liter SOHC yang betenaga 118 ps pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm. Mesinnya ini menyalurkan output ke kedua roda depannya melalui pilihan transmisi manual 5-speed ataupun CVT (Continuous Variable Transmission). Spesifikasi ini memiliki karakter yang cenderung lebih mengutamakan konsumsi bahan bakar daripada performa. Apalagi Mobilio sudah dilengkapi indikator berkendara yang ramah lingkungan. Honda Mobilio sanggup mencapai angka konsumsi BBM 12 kpl sampai 18 kpl bahkan lebih.


Honda Mobilio RS CVT 2017 06


Begitupun dengan kaki-kaki miliknya. Kualitas peredaman suspensi Honda Mobilio tak mengalami perubahan dibanding sebelumnya. Masih keras. Apalagi kalau diisi penuh tujuh penumpang dewasa. Efek positifnya, stabilitas pengendaraannya saat melaju kencang dapat diandalkan. Body roll dapat diminimalkan dengan baik sehingga tak sampai menyusahkan pengemudinya sewaktu menikung dengan kencang. Walaupun menurut kami untuk mobil yang memiliki fungsi mengangkut banyak penumpang, seharusnya kenyamanan menjadi faktor utamanya. Karena Mobilio adalah MPV bukan sedan sport.



Kesimpulan


Pada Mobilio RS bertransmisi CVT, Honda kini menambahkan dua fitur keselamatan baru yang belum ada sebelumnya. Fitur Hill Start Assist akan menahan mobil saat ingin mulai melaju kembali setelah berhenti di tanjakan. Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah hadirnya fitur kontrol traksi. Selain itu, Mobilio sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar yang cukup lengkap seperti Dual SRS Airbags, rem ABS+EBD, dan pengait kursi anak (ISOFIX & Tether).


Honda Mobilio RS CVT 2017 02


Segala perubahan ini cukup untuk membuat harga Mobilio RS CVT dijual hampir Rp 250 juta. Tipe terendahnya, Mobilio S MT dijual Rp 189,5 juta. Sedangkan tipe RS CVT ini dijual Rp 243,5 juta. Selisih rentang harga yang sangat lebar untuk mobil yang sama. Banyak yang menyebut bahwa mobil ini harganya lumayan ketinggian. Namun di balik itu semua, Mobilio memiliki value yang memang tinggi. Selain mobil ini tidak rewel dan irit karena terbukti juga digunakan sebagai armada taksi, namun Mobilio juga memiliki harga jual kembali yang cukup terjaga.



Baca juga: Honda City 2017 Resmi Meluncur Di Indonesia!

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer