Test Drive All New Toyota Veloz Q CVT TSS: Sang Kakak dengan Identitas dan Karakter Baru

Test Drive All New Toyota Veloz Q CVT TSS: Sang Kakak dengan Identitas dan Karakter Baru

Di hari pertama "Journalist Test Drive All New Avanza Veloz Bali" yang dilakukan di Bali, 7-9 Desember 2021, OTO.com mendapat kesempatan mencoba All New Avanza. Nah, di hari kedua, kami mencoba All New Veloz. Group masih sama, penumpang juga masih sama. Ini jadi kesempatan menarik karena pertama kalinya Veloz jadi entitas sendiri.

Tahun ini, tepatnya November 2021, Toyota membuat langkah besar dengan memisahkan dua adik kakak All New Avanza dan All New Veloz. Toyota Veloz kini dijual terpisah dari keluarga "mobil sejuta umat". Tak ada lagi embel-embel Avanza didepannya. Mobil itu kini diposisikan sebagai produk LMPV premium di atas Avanza.

Secara basis keduanya sama yaitu mengusung basis yang sama dengan Avanza. Bedanya, kini Veloz dibuat lebih berbeda dengan karakter sendiri. Ia dibuat lebih mewah dari segi eksterior, interior, dan tentu harganya.

Toyota Veloz

Tampilan

Veloz yang dicoba OTO.com adalah varian tertinggi yaitu Q CVT TSS. Secara tampilan, Veloz terlihat lebih menawan. Bodi mobil itu terlihat lebih berisi dari setiap sisi, mulai dari fender yang lebih menonjol dan bagian under body tebal berwarna hitam yang melengkapi tampilan Veloz. Sementara bagian kaki dilengkapi pelek two tone kembang dengan ukuran 17 inci, lebih besar dari Avanza yang menggunakan velg 16 inci.

Beda banget? Sebenarnya tidak juga. Pendapat pribadi, keduanya seperti penggemar musik, Avanza adalah penggemar Rock sementara Veloz seperti penyuka Pop. Nah, ketika masuk ke kabin, baru terlihat perbedaan arah. Kabin Veloz terlihat berbeda dengan Avanza.

Interior Veloz itu dibuat lebih mewah dan premium, melalui penggunaan panel-panel soft touch, konsol tengah tinggi dengan wireless charging, jadi tak perlu pusing bagi Anda yang bergadget ria. Kemudi dan perpaduan jok kulit dan kain, aksen-aksen brushed silver, serta ambient lighting. Tapi kalau diperhatikan lebih seksama, di beberapa bagian masih terlihat seperti Raize. Misal penggunaan tombol-tombol di setir, panel dan kenob AC, serta speedometer digital dengan animasi. Ini bisa dimaklumi, lantaran Veloz berbagi parts dengan Avanza dan Raize.

Toyota Veloz

Berangkat dari Four Point Hotel di Badung, tujuan kami ke arah utara. Awal perjalanan OTO.com menikmati sebagai penumpang. Duduk di baris kedua terasa lebih nyaman, lantaran terasa luas dan lebar. Ini karena transformasi platform yang mengubah layout menjadi penggerak roda depan dari sebelumnya belakang.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan Platform Front Engine – Front Wheel Drive (FF) pada Veloz jadi unggulan utama. Ia berdampak pada bertambah luasnya kabin. "Platform FF baru di All New Veloz dan All New Avanza menjadikan kabin keduanya jauh lebih luas, bahkan jarak antar kursi kurang lebih sama dengan Kijang Innova," kata Anton.

Platform FF baru ini menurut Anton juga memungkinkan desain bodi All New Avanza dan All New Veloz menjadi lebih aerodinamis yang menghasilkan coefficient of drag lebih rendah. Hasilnya, Veloz semakin mudah “membelah udara” sehingga meningkatkan performa kendaraan.

Toyota Veloz

Mengemudi

Kesempatan mengemudi OTO.com dapatkan dari Bali Pulina Gianyar menuju Maya Ubud Resort. Posisi dan feeling mengemudi sebenarnya tak jauh beda dengan Avanza. Tapi pengemudi bisa memilih posisi yang pas karena Veloz terbaru sudah dilengkapi pengaturan setir teleskopik, pengaturan posisi berkendara lebih fleksibel.

Mesin 1.500cc bawaannya terasa tidak terlalu berbeda dengan Avanza hanya terasa lebih halus. Penggunaan transmisi CVT terbaru Veloz jadi perdebatan. Banyak yang menilai CVT terasa lebih "ngeden" -- bahasa orang -- ketimbang sebelumnya. Padahal ini memang karakter dari CVT. Mobil menjadi responsif di rpm rendah dan lebih effortless dengan hilangnya proses perpindahan gigi. Sementara kekedapan kabin dan reaksi dari suspensi saat melintasi guncangan lebih redup dan sunyi jika dibandingkan Avanza.

Meski dimensi Veloz menjadi lebih besar, platform baru ini mampu menurunkan bobot kendaraan dan lebih berimbang sehingga power dan torque to weight ratio lebih baik. Ditambah dengan transmisi CVT dan suspensi baru, All New Veloz menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan responsif di berbagai kondisi jalan, termasuk saat menanjak.

Baca juga: First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan

Toyota Veloz

"Kombinasi bobot yang lebih ringan serta tenaga dan torsi yang lebih tinggi, membuat power to weight ratio dan torque to weight ratio All New Veloz dan All New Avanza menjadi lebih baik. Ditambah dengan fitur Hill Start Assist (HSA) dan Traction Control yang sudah menjadi fitur standar. Anda dapat melewati beragam kondisi dan kontur jalan di Bali, termasuk yang berliku dan menanjak dengan mudah," kata Anton.

Catatannya, masih soal suspensi belakang. OTO.com merasa suspensi Veloz kalah nyaman dibandingkan Avanza. Mobil juga terasa sedikit "melayang" saat melewati jalanan rusak di kecepatan kisaran 5 km/jam. Hal ini bisa jadi akibat dari karakteristik suspensi yang cenderung empuk atau memang khasnya suspensi belakang torsion beam.

Tapi harus diakui jika banyak sekali improvement yang dilakukan Toyota pada Veloz. Simak saja fitur yang dimiliki. Semua tipe Toyota Veloz 2022 sudah memakai rem parkir elektrik berteknologi Brakehold. Sedangkan tipe teratas, yakni Q CVT TSS ditunjang dengan Safety Sense dan Advanced Safety.

Toyota Veloz

Di antaranya Pre-collision System, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Assist, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. Khusus untuk tipe Q, dilengkapi dengan Find My Car, Geofencing, E-Care (Maintenance), Inquiry & Support Center, dan Road Assistance.

All New Veloz dan All New Avanza secara garis besar pengembangannya benar-benar baru dan dibedakan dari awal untuk memenuhi 2 profil konsumen dan kebutuhan mobilitas yang berbeda. All New Avanza dibangun sebagai kendaraan fungsional yang mampu diandalkan dengan nilai value for money yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan profil konsumennya yang lebih mengedepankan aspek fungsional untuk mendukung kegiatan rutin mereka, baik di dalam maupun luar kota.

Kalau di kelahirannya Veloz menjadi varian atas Avanza. Tapi kini terpisah karena memenuhi segmen yang punya kebutuhan berbeda juga. Nah, Anda tinggal sesuaikan karakter dan kebutuhan. (Raju)

Baca juga: Test Drive All New Toyota Avanza G CVT: Kenyamanannya Tambah Baik

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Toyota Veloz

Model Mobil Toyota

  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Veloz
    Toyota Veloz
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Venturer
    Toyota Venturer
  • Toyota bZ4X
    Toyota bZ4X
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
  • Toyota GR 86
    Toyota GR 86
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
    Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
  • Toyota Kijang Innova Zenix
    Toyota Kijang Innova Zenix
Mobil Toyota

IMOS 2022

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Toyota Veloz Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Veloz

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Veloz dari Carvaganza