Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: All New Honda BR-V, Insentif PPnBM, dan GIIAS 2021

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: All New Honda BR-V, Insentif PPnBM, dan GIIAS 2021

All New Honda jadi bintang pekan ini. Yup, Honda Prospect Motor akhirnya meluncurkan secara resmi SUV andalannya itu di Tanah Air. Banyak ubahan yang dilakukan. Selain dari sisi tampilan, BR-V baru ini juga dilengkapi berbagai fitur termasuk perangkat keamanan Honda Sensing.

Ada 5 varian yang ditawarkan termasuk tipe tertinggi yang dilengkapi Sensing. Sayangnya belum ada harga resmi karena baru akan diterima konsumen pada awal tahun depan. Namun disebutkan jika B-V dijual di angka mulai Rp 260 juta.

Kehadiran produk baru jadi pendorong pasar. Pemerintah terus berupaya untuk melepaskan diri dari dampak pandemi di bidang ekonomi. Saat ini pemulihan ekonomi nasional berangsur membaik. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sampai dengan Agustus 2021 APBN menunjukkan kinerja yang baik. Ini ditunjukkan dengan pertumbuhan realisasi belanja yang terjaga yaitu Rp 1.560,8 triliun atau tumbuh 1,5 persen. Kebijakan ini dilangsungkan sampai akhir tahun.

Selain insentif PPnBM, dukungan untuk industri otomotif juga dilakukan lewat pameran otomotif. Kemenperin kabarnya sudah memberikan resmi untuk melaksanaan pameran GIIAS 2021 yang dilangsungkan pada 11-21 November 2021. Kepastian ini setelah dua kali diundur karena pandemi Covid-19.

Honda All New BR-V 2022

All New Honda BR-V

Honda akhirnya memperkenalkan produk terbarunya dalam wujud All New BR-V. Produk yang sebelumnya hadir sebagai purwarupa N7X Concept ini hadir secara resmi, Selasa (21/9/2021).

Perubahan pada BR-V generasi kedua ini sangat besar. Terbukti dengan beberapa fitur yang kini hadir untuk kenyamanan dan keamanan sesuai dengan beberapa informasi bocoran yang diterima beberapa waktu terakhir.

Pembaruan yang diberikan hadir pada desain yang lebih premium, memperlihatkan SUV modern. Tidak ada lagi lekukan-lekukan otot pada BR-V lama, kini garis desainnya mulus sampai ke buritan belakang.

Soal jantung mekanisnya menggunakan mesin baru. BR-V anyar menggendong mesin yang sama dengan City Hatchback. Yakni 4-silinder 1.5L DOHC yang menghasilkan tenaga 121 PS. Tapi dari banyaknya ubahan, yang paling terasa adalah ramainya fitur keselamatan untuk low SUV ini. Salah satunya, seperti yang sudah disampaikan dalam berita bocoran informasi terdahulu, adalah hadirnya fitur Honda Sensing.

Fitur-fitur ini termasuk di dalamnya collision mitigating braking system (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan low speed follow (LSF) dan Lane keeping assist (LKA). Masih ada fitur road departure mitigation yang jika dilihat ini seperti fitur yang diberikan pada SUV CR-V.

Beberapa kelebihan lain yang diberikan pada All New BR-V adalah paket keamanan Honda Sensing, antara lain Honda Lane Watch untuk melihat sisi blind spot SUV ketika hendak berbelok, ground clearance 220 mm, engine start stop dan engine start dari tombol remote.

Keselamatan hadir dari enam airbag di seluruh kabin. Soal varian Honda menawarkan BR-V dalam lima pilihan yakni S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT, Prestige Honda Sensing. Baca lengkapnya di sini.

Toyota PPnBM

Insentif PPnBM Capai Rp 1,72 Triliun

Indonesia terus berupaya untuk melepaskan diri dari dampak pandemi di bidang ekonomi. Saat ini pemulihan ekonomi nasional berangsur membaik. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sampai dengan Agustus 2021 APBN menunjukkan kinerja yang baik. Ini ditunjukkan dengan pertumbuhan realisasi belanja yang terjaga yaitu Rp 1.560,8 triliun atau tumbuh 1,5 persen. Belanja dan seluruh program di monitor dan dipertanggungjawabkan untuk akuntabilitas dan efisiensi.

Khusus untuk industri otomotif, Kemenkeu telah mengumumkan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) diperpanjang sampai Desember 2021. Ada enam pabrikan kendaraan bermotor yang telah mendapatkan diskon PPnBM untuk mobil-mobil buatannya.

Sri Mulyani melaporkan, insentif untuk industri otomotif ini terhitung lebih dari Rp 1 triliun dan sudah dapat dinikmati wajib pajak. Harapannya diskon PPnBM dapat mendorong konsumsi masyarakat dan memulihkan ekonomi.

“Total insentif untuk PPnBM yang sudah dinikmati Rp 1,73 triliun. Kemudian kemarin kita sudah mengumumkan akan diperpanjang sampai dengan Desember,” ucap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KITA September 2021, Kamis (23/9/2021).

Sri Mulyani berharap keringanan ini dapat dinikmati masyarakat. Meski penerimaan negara dihitung akan mengalami penurunan dari PPnBM ini, namun ada dampak multiplier terhadap kegiatan manufaktur, terutama dari sisi konsumsi yang akan mendorong pemulihan ekonomi. Baca lengkapnya di sini.

GIIAS

GIIAS 2021 Sesuai Jadwal 11-21 November 2021

Tak bisa dipungkiri jika pandemi COVID-19 berefek besar pada sektor industri otomotif. Wabah ini pun memaksa pameran mobil dan motor untuk menunda perhelatannya, termasuk di Indonesia. Salah satunya adalah pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang kembali harus ditunda penyelenggaraannya. Jika menarik ke belakang, GIIAS 2021 sudah dua kali diurungkan, pertama dijadwalkan pada 12 sampai 22 Agustus 2021. Namun karena angka penularan corona saat itu masih tinggi harus diundur kembali pada 9 hingga 19 September 2021.

Dan untuk ketiga kalinya penyelenggaraan GIIAS harus dimundurkan karena kasus COVID-19 yang masih tinggi. Keputusan terbaru pameran otomotif ini akan diadakan pada 11 sampai 21 November 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan sejauh ini rencana perhelatan GIIAS 2021 masih sesuai target. Ia berharap kondisi dan situasi bisa terkendali agar pameran ini bisa berjalan dengan lancar.

"GIIAS tahun 2021 akan tetap dijalankan dari 11 sampai 21 November. Kami sangat berharap pandemi COVID-19 ini bisa mereda dan tentunya kesehatan dan ekonomi harus berjalan seiringan. Sebab, percuma juga kalau ekonominya mati akan lebih menderita lagi," ungkap Nangoi saat dihubungi OTO.com, Senin (20/9). Baca lengkapnya di sini.

 

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil