All New Honda BR-V Vs Model Lama, Apa Saja Perbedaannya?

All New Honda BR-V Vs Model Lama, Apa Saja Perbedaannya?

PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New BR-V alias generasi terbaru, Selasa (21/9/2021). Low SUV ini hadir dengan pembaruan yang cukup mengejutkan terkait fitur keselamatan dan keamanan. Pihak Honda mengungkapkan model terbaru ini bisa dikatakan sangat berbeda dengan model lama, bahkan lompatan yang diberikan terlalu jauh. Apa saja perbedaannya dengan versi lama?

Kita mulai dari mesin. Pada BR-V generasi pertama mesin yang digunakan adalah mesin 1.5L SOHC i-VTEC dengan produksi tenaga 120 PS. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual atau CVT berteknologi khas Earth Dreams Technology.

Pada All New Honda BR-V kubikasi mesin sama yakni 1.5L. Namun teknologinya kini DOHC i-VTEC, sama dengan yang digunakan pada model City Hatchback dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Soal transmisinya juga masih menggunakan sistem transmisi CVT untuk mengejar standar emisi EURO 4.

Honda All New BR-V 2022

Soal desain, sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Karena sebelumnya Honda sudah mengenalkan N7X concept yang merupakan cikal bakal generasi kedua BR-V ini. Bagian yang paling banyak berubah pada BR-V terbaru ini ada di bagian depan. Jika sebelumnya pendekatan desain SUV sangat terasa kini garis desainnya lebih dinamis dengan garis tegas menyatu dari depan hingga ke bagian belakang.

Bagian depannya lebih modern dengan desain baru LED headlamp yang dilengkapi LED DRL menyatu dengan grill depan menggantikan lampu halogen proyektor di model lama. Bagian sampingnya, pelek yang dulu 16 inci kini berubah menjadi 17 inci dengan desain baru yang agresif. Bagian belakangnya tidak terlihat berubah banyak namun kini sudah dilengkapi dengan rear combi lamp yang dilengkapi dengan LED light bar.

Masuk ke bagian interior, fitur yang ditawarkan kini makin lengkap. Ada armrest di baris pertama dan kedua untuk kenyamanan, power outlet pengisian daya 12 V sampai di baris ketiga. Selain itu ada layar TFT 4,2 inci untuk informasi lengkap selama berkendara seperti fungsi Honda Sensing, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar.

Baca juga: All New Honda BR-V Meluncur, Harga Mulai Rp 260 Juta Bawa Fitur Honda Sensing

Honda All New BR-V 2022

Head unitnya kini sebesar tujuh inci layar sentuh yang dilengkapi dengan Smartphone Connection dan Handsfree Telephone. Kenyamanan lain hadir dari bahan kulit yang ditambahkan dalam kabin hingga ke sisi pintu serta panel dashboard. Ruang kompartemen penyimpanan dengan banyak kantong di belakang kursi penumpang depan, 8 tempat botol air dan kursi baris ketiga yang dapat dilipat hingga 50/50.

Pada sisi fitur ini yang paling membedakan dengan model terdahulu. Varian teratas BR-V terbaru hadir dengan sistem keamanan yang disebut dengan Honda Sensing. Paket ini sudah diperkenalkan sebelumnya pada model atas seperti Odyssey dan CR-V. Nah, kehadiran fitur canggih ini pertama kali hadir di kelasnya BR-V yakni SUV kompak.

Teknologi Honda Sensing antara lain Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Masih ada Adaptive Cruise Control (ACC) dan Auto-High Beam untuk kenyamanan selama berkendara jauh.

Baca juga: All New Honda BR-V Resmi Meluncur, Harga Unit Bekasnya Bisa Turun Rp 10 Juta

Honda All New BR-V 2022

Selain itu Honda BR-V terbaru dilengkapi fitur seperti Remote Engine Start, Walk Away Auto Lock, Honda LaneWatch dan Smart Entry System. Selain itu, varian ini juga menawarkan berbagai fitur yang sudah ada sebelumnya seperti Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seatbelt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt.

All New Honda BR-V hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl. Sayangnya, HPM belum mengumumkan harga resmi dari mobil barunya ini. Namun harga perkiraan tanpa ada perhitungan keringanan PPnBM dimulai sekitar Rp 260 jutaan. Selain itu terdapat lima varian yang ditawarkan yakni S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT, Prestige Honda Sensing.

Jika dibandingkan dengan varian termurah BR-V lawas yang dibanderol Rp 239 jutaan, ini artinya untuk varian teratas dengan Honda Sensing bisa jadi tembus Rp 300 jutaan. Sebuah harga yang baru terlihat di kelas low SUV di Indonesia. (Sta/Raju)

Baca juga: Ada Lima Varian All New Honda BR-V dengan Banderol Mulai Rp 260 Jutaan, Apa saja Bedanya?

Jelajahi Honda BRV 2021

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
Mobil Honda

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda BRV 2021 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda BRV 2021

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang