• Wishlist

Tantang Wuling Almaz, Ini Wajah Baru DFSK Glory i-Auto

Kalau Anda sedang mencari Sport Utility Vehicle (SUV) 7-seater sekelas Honda CR-V, tapi cuma punya dana sekitar Rp 250 juta sampai Rp 300 jutaan, coba tengok DFSK Glory 580. Sempat booming di GIIAS 2017, mobil yang iklannya menampilkan Agnes Monica ini tawarkan fasilitas dan fitur premium dengan harga yang lebih ekonomis di kelasnya.



Lalu datang kompetitornya sesama produsen Cina, Wuling Almaz. Malah Almaz sekarang bukan cuma punya tampang yang lebih modern dari Glory 580, tapi tawarkan juga kapasitas angkut 7-penumpang dan fitur perintah suara berbahasa Indonesia.


Tak mau kalah, hari ini (11/3), DFSK ajak kami melihat Glory i-Auto. Pernah dengar? Benar, DFSK Glory i-Auto pernah tampil di GIIAS 2019. Tapi unit yang kami datangi kali ini berbeda.


DFSK glory i-auto with voice command


Sejatinya, SUV ini memang berdiri di atas platform yang sama dengan Glory 580. Cuma bedanya, ia berbasis Glory 580 versi facelift yang telah meluncur di Shanghai Auto Show 2019. Selain itu juga dilengkapi fitur perintah suara berbahasa Inggris. Ya, ia belum bisa menerima perintah dalam bahasa Indonesia.


Perintah suaranya bisa untuk buka-tutup jendela, sunroof, hidup-matikan ac dan lainnya. Bolehlah semua itu disebut gimmick belaka. Toh, lebih sering kita pencet tombol untuk operasikan semua itu. Tapi setidaknya adanya fitur itu sudah menjadi nilai lebih.


Lebih penting lagi, punya banyak keunggulan dibanding Glory 580 yang belum disegarkan di sini. Lihat parasnya yang bernuansa Eropa. Mulai dari grille berdesain diamond mesh ala Mercedes-Benz, sistem pencahayaan full LED dan velg baru yang berukuran lebih besar.


DFSK multimedia controller


Begitu Anda masuk ke dalam kabin, jangan pangling. Memang DFSK mengubah total desain dashboard Glory 580 versi facelift yang juga diterapkan pada i-Auto ini. Kesan mewah ditunjukkan lewat hadirnya ornamen wood panel, material dashboard berbalut kulit hingga sistem multimedia yang menancap di tengah dashboard.


Sistem multimedia ini benar-benar mirip punya BMW. Sampai pengaturannya pun lewat kenop putar di konsol tengah yang serupa i-Drive controller. Bagus sih, karena pengoperasiannya jadi lebih mudah. Selain bisa pencet di layar (touch screen), bisa lewat kontrol itu. Ada pula tombol pengaturan audio di lingkar kemudi.


Lihat ke atap, Glory i-Auto punya panoramic sunroof. Beda dari Glory 580 yang cuma punya single electric sunroof. Selebihnya mobil ini memiliki seluruh kelengkapan milik Glory 580. Malahan ada tambahan lain, pintu bagasi elektrik dengan sensor kaki.


glory i-auto interior


Fitur dan kelengkapan lain mobil ini diantaranya: electric parking brake, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), cruise control, smart key dengan tombol start-stop, kamera parkir 360 hingga Vehicle Running Recorder. Fitur keselamatannya, ada empat buah kantung udara, rem ABS, EBD dan BA, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.


Lantas bagaimana dengan performa? Mesin yang digunakan sama persis milik Glory 580. Mesin 1,5-liter turbo bertenaga 150 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 220 Nm pada 1.800-4.000 rpm. Tenaganya itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis jenis Continuous Variable Transmission (CVT) dengan mode perpindahan manual 7-speed.


Soal harga Arviane D. B, Public Relations and Digital Manager DFSK Indonesia menyebut, "Glory i-Auto rencana dipasarkan bulan April 2020. Tanggalnya tunggu aja. Harganya juga nanti kami sampaikan kalau sudah resmi dijual." Ia juga mengatakan kalau mobil ini tidak menggantikan Glory 580 yang masih dipasarkan saat ini. (RS/Odi)


Baca Juga: DFSK Glory 560, Lawan Sepadan yang Harganya Lebih Murah dari Suzuki XL7