Spyshot: Honda Civic Type R Edisi 2023 Lakukan Uji Jalan, Begini Tampilannya

Spyshot: Honda Civic Type R Edisi 2023 Lakukan Uji Jalan, Begini Tampilannya

Buang-buang waktu tak ada dalam kamus Honda. Mereka dalam waktu dekat akan meluncurkan dua versi dari Honda Civic generasi terbaru. Masing-masing versi yaitu Honda Civic dalam bentuk sedan dan hatchback. Belum selesai berita itu, pabrikan Jepang tersebut dikabarkan tengah mempersiapkan Civic versi kencang, yaitu varian Type R.

Hanya butuh waktu beberapa hari sejak Civic Hatchback versi produksi diperkenalkan pertama kali ke hadapan dunia. Belakangan ini sosok yang diyakini calon Civic Type R terbaru beredar di dunia maya saat sedang diuji jalan. Dengan seragam wajib untuk difoto para paparazzi, sosok Civic Type R tampil dengan kamuflase penuh di badannya.

Sebenarnya pada akhir tahun 2020 sempat beredar juga sosok yang diyakini adalah generasi baru Civic Type R, sebelum Civic versi produksi dirilis. Dan kali ini, sosok tersebut kembali menunjukkan batang hidungnya. Beberapa perbedaan tampak pada bagian luarnya dibandingkan generasi pendahulu dan versi standarnya. Yang jelas, prototipe ini punya wujud fisik yang lebih sporty dan agresif.

Honda Civic Type R 2023

Civic Hatchback masih dipercaya menjadi basis dibangunnya Type R terbaru, yang sebenarnya bentuk body cenderung ke bentuk liftback. Seperti versi standar, tampang yang terlihat dari Civic Type R ini juga dibuat lebih ‘kalem’. Begitu pun dengan desain sayap belakangnya, yang lebih sederhana dan minimalis, dengan tiang yang terpasang bolt-on seperti buatan aftermarket. Mungkin bisa dimiripkan dengan sayap varian GT4 atau GT3 di lini Porsche.

Yang menarik untuk diketahui adalah apakah Honda akan menerapkan komponen spoiler aktif juga untuk Civic Type R, seperti yang dilakukan pada S660 versi facelift. Selain body kit, tampak desain velg yang berpalang ramping dan berdiameter lebih besar. Sementara di belakang, hanya ada satu pipa knalpot di tengah, yang sebelumnya sampai tiga buah.

Sama seperti versi standar, desain lampu depan dan belakang tampak tidak berubah, setidaknya di prototipe ini. Lampu depan ramping dan lebih minimalis dari generasi sebelumnya, sementara lampu belakang sebagian tertutup kamuflase, menyembunyikan grafis LED berbentuk teardropnya. Tapi kemungkinan besar desainnya tidak akan berubah banyak dari versi standarnya.

Baca juga: Demi Penggemar, Honda Pastikan Civic Si dan Type R Tetap Gunakan Trasmisi Manual

Honda Civic Type R 2023

Namun meski tidak terlihat begitu signifikan bedanya, pada kap mesin terdapat lubang udara tambahan yang tidak ada di Civic versi standar. Bisa ditemui juga jika dilihat seksama, lekuk fender yang lebih lebar untuk proporsi lebih agresif dan mengakomodir velg lebih lebar. Yang mencuri perhatian adalah kaliper merah dari Brembo yang menyertai rem cakram besar.

Mesin empat silinder 2.0 liter turbo hampir bisa dipastikan tetap dipercaya menghuni di balik bonnet Civic Type R. Namun isu yang berkembang belakangan ini mengatakan bahwa peningkatan performa mesin akan dilakukan dengan juga menerapkan sistem hybrid. Transmisi pun akan tetap tersedia hanya dengan versi manual 6-percepatan. Tapi, jangan harap Honda akan sematkan juga sistem all-wheel drive.

Prediksi saat ini, Honda akan menungkap Civic Type R generasi baru pada tahun 2022 mendatang. Honda sudah mengatakan bahwa Civic Type R akan menjadi salah satu model berorientasi performa terakhir yang dijual dengan mesin bakar.

Di Indonesia, Honda Prospect Motor punya line-up Civic yang lengkap, sedan, hatchback, hingga Type R. Baru-baru ini mereka sudah meluncurkan Type R baru. Hanya ada satu varian yang ditawarkan yaitu Civic Type R 6 Speed MT. Menggunakan mesin 2.0L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 310 ps. Sesuai namanya ia mengandalkan transmisi manual 6 percepatan.

Kemudian HPM juga menjual Honda Civic Hatchback RS. Menggunakan mesin 1.5L DOHC VTEC Turbo berkekuatan 173 ps dan transmisi CVT. Ia dijual Rp 512,8 juta. Terakhir ada versi Civic 1.5L Turbo. Ini adalah versi sedan. Memiliki mesin yang sama spesifikasinya dengan tipe hatchback. Sedangkan harga dijual Rp 533 juta. (Why/Raju)

Sumber: Carscoops

Baca juga: Honda Indonesia Rilis New Civic Type R Senilai Rp 1,177 Miliar, Simak Kehebatannya

Jelajahi Honda Civic Type R

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Civic Type R Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda Civic Type R

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang