Kenali Sejarah dan Model Type R pada Mobil Honda

Kenali Sejarah dan Model Type R pada Mobil Honda

Apa yang terlintas dibenak ada ketika diberikan katan Honda Civic Type R? Saya yakin sebagian besar akan menjawab mobil kencang, mobil balapan, atau sporty. Ruh racing dan jadi varian dengan paket sporty memang sudah melekat pada Civic Type R. Meski sebenarnya, apapun modelnya, jika mendapat embel-embel Type R pasti dibekali DNA balap yang kental. Mulai dari performa mesin, tuning suspensi yang lebih stiff serta handling yang stabil demi pengendaraan yang sempurna.

Tapi mungkin tak banyak yang mengerti arti Type R pada badge mobil Honda? Sejak kapan itu diciptakan? Oleh siapa? Kami mencoba membongkar misteri tersebut dan menjabarkan sejarah emblem Type-R.

Sejarah

Civic Type R atau dalam bahasa Jepang disebut Honda Shibikku Taipuaru merupakan tingkatan tertinggi dalam spesifikasi Civic. Orientasinya adalah performa maksimal pada mesin Honda atau Acura yang akan dirilis. Tidak heran jika huruf tersebut diartikan sebagai Racing, karena memang fokusnya adalah membuat kendaraan tersebut memiliki DNA balap lewat performanya.

Ide Type-R sendiri sebenarnya bermula dari Honda Special Project Development Manager, Shigeru Uehara. Setelah melahirkan NSX, Uehara merasa kurang puas dan ingin menciptakan sesuatu yang lebih dari supercar ini. Tujuannya adalah memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty.

Pada pengembangan pertama Type R, fokus tim enginer adalah meningkatkan performa suspensi, mengubah struktur desain demi menambah level aerodinamika pada kendaraan. Di samping itu, Uehara juga menyisipkan ukuran ban yang lebih besar dan bobot kendaraan yang lebih ringan.

Hasilnya di mobil tak ada lagi sistem audio dan pendingin udara sehingga bobot bisa dipangkas sampai 119 kg. Uji coba pada NSX tersebut dianggap sukses dan akhirnya melahirkan NSX-R yang dijual pada 1992 untuk pasar lokal Jepang. Ternyata, model tersebut juga dilirik oleh pasar global hingga terjalinlah kerja sama dengan Acura untuk memasarkan NSX di Amerika.

Pabrikan akhirnya menyematkan emblem Type R pada model lain seperti Integra, Accord dan tentu model andalannya Honda Civic Type R. Model terakhir adalah sedan yang paling panjang umurnya menggunakan emblem tersebut. Honda Civic menyediakan varian Type-R sampai Civic generasi ke-10 loh.

Baca juga: Ingin Menikmati Fitur Komplet Kia Sonet, Haruskah Meminang Varian Tertinggi Premiere iVT?

Honda Civic Type R EK9

Honda Civic Type R EK9

Sedikit kilas balik. Badge Type R pada Civic disematkan pada generasi keenam EK9. Diperkenalkan pada 19 Agustus 1997 dengan saudara kembar Integra Type R DC2. Menggunakan mesin B16B I4 1.6 liter dengan tenaga 182 hp dan torsi 160 Nm. Saat itu ia hanya dijual di Jepang. Kemampuannya adalah sprint 0-100 km/jam 6,7 detik dan EK9 mampu membuat top speed 225 km/jam.

Setelah itu, permintaan Type R kian membludak. Generasi pertama diproduksi sampai tahun 2000. Honda melakukan regenerasi lewat EP3 (2001-2005) yang menggunakan Civic generasi ke-7, FD2 (2007-2011) Civic gen-8, dan FK2 (2015-2017) Civic gen-9.

Pada generasi saat ini, Honda Civic Type R menggunakan basis Civic generasi ke-10. Ia dibekali mesin 4-silinder 2.0liter turbocharge, yang menghasilkan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm. Dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan memiliki sistem diferensial roda depan yang mengatur aliran torsi. Type R juga memberikan sentuhan racing pada eksteriornya seperti yang tampakh pada Honda Civic. Di antaranya adalah elemen untuk aerodinamika, intake, roda yang besar, flare fender hingga desain knalpot.

Selain Civic, Honda juga punya model lain yang menggunakan emblem Type R. Inilah daftar keluarga Type R:

Honda NSX-R

1. Honda NSX-R

Seperti yang dijelaskan di atas, ini adalah prototipe dari pengembangan Type R. Berkat kesuksesannya, menular kepada model-model lain di keluarga Honda. NSX-R diperkenalkan pada 1992. Filosofinya adalah menjadikan NSX -- sebuah sports car -- menjadi lebih sports car. Mobil balap dengan kemampuan jempolan.

Mereka melakukan perombakan besar pada NSX standard. Banyak bagian dikurangi dan dibuang demi mendapatkan bobot tubuh yang ringan. Audio sysem, ban cadangan, AC, menjadi beberapa bagian yang disingkirkan. Honda sukses mengurangi bobot 120 kg menjadikan NSX-R punya berat 1.230 kg saja. Beberapa bagian tubuh juga diracik ulang. Honda juga meningkatkan final drive ratio sehingga pergantian gigi lebh cepat.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Kendaraan LCGC Awal 2021 Berbanderol Murah

Honda Integra Type R

2. Honda Integra Type R

Pada 195, Honda memperkenalkan generasi pertama Integra Type R untuk Japanese Domectic Market (JDM). Terdapat dua generasi yang dibekali dengan Type R yakni DC2 dan DC5. Untuk pasar Amrik, hanya tersedia Honda Integra DC-2 Type R yang diproduksi oleh Acura. Sayangnya tidak sama dengan Type R yang dijual di pasar Jepang.

Integra DC2 Type R dibekali dengan mesin 4-silinder 1.8-liter VTEC yang menghasilkan tenaga 197 hp @ 8.000 rpm dan torsi 176 Nm @ 5.700 rpm. Racikan mesin tersebut terdapat pada tingkat kompresi yang tinggi hingga pada throttle body yang besar. Sedangkan varian DC-5 dibekali dengan mesin 4-silinder 2.0-liter dan menghasilkan tenaga 220 hp. Sayangnya Honda Integra DC-5 Type R ini hanya dipasarkan di Jepang dan berbagi platform dengan Acura RSX.

Honda Accord Type R 1998

3. Honda Accord Type R

Honda Accord dengan emblem Type-R baru tersedia pada generasi enam untuk pasar Eropa dan Jepang pada 1998. Perbedaannya terdapat pada penggunaan chassis, namun mesinnya sama sama menggunakan mesin 4-silinder 2.2-liter. Meski tenaga yang dihasilkan berbeda, untuk model Eropa berbekal tenaga 209 hp, sedang untuk model Jepang 217 hp. Mesin ini dipadukan dengan trasmisi 5 percepatan.

Secara tampilan hampir sama dengan model standar. Hanya ada beberapa tambahan atau pembeda, misal penggunaan jok Recaro, knalpot kembar, dan power steering hidrolik. Sempat mendapat edisi facelift pada 2001 namun penjualannya tak terlalu menggembirakan. Ia hanya mampu terjual 2.000 unit selama satu tahun di Inggris.

Baca juga: Seleksi Mobil Dengan Fitur Cruise Control Seharga Kurang dari Rp 300 Jutaan

Honda Civic Type R 2018

4. Honda Civic Type R 1997 – 2020

Ini adalah model pertama yang benar-benar menggendong emblem Type-R dan dipasarkan khusus di Jepang. EK9 menggendong mesin 4-silinder 1.6-liter, meluapkan tenaga 183 hp dan torsi 150 Nm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dengan limited-slip differential. Sama seperti DC2 Integra Type R, Civic Type R juga memiliki pengendaraan yang rigid di jalan raya.

Honda meneruskan pengembangan Type R pada Honda Civic hingga pada generasi 10. Seluruh performanya dimaksimalkan mulai dari pengembangan mesin hingga pada tingkat aerodinamika kendaraan. Pabrikan masih memproyeksikan beberapa kendaraan yang bakal dibubuhi emblem Type R dengan setingan pada performa dan tampilan. (Ndo/Raju)

Sumber: thedrive.com

Jelajahi Honda Civic Type R

Bandingkan & Rekomendasi