Selama Semester Pertama 2020, LCGC Keluarga Daihatsu Jadi Andalan Penjualan

Selama Semester Pertama 2020, LCGC Keluarga Daihatsu Jadi Andalan Penjualan
Gambar
Review Pengguna

Geliat industri otomotif di Indonesia mulai menunjukkan pemulihan. Setidaknya pada dua bulan terakhir, sejak Juni – Juli 2020. Dalam cakupan nasional, torehan wholesales (pabrik ke diler) ada di kisaran 25 ribu unit atau naik dua kali lipat dibanding Juni 2020. Sedangkan pada sisi retail, pasar otomotif Tanah Air selama Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, terkerek 19 persen dibanding bulan sebelumnya. Sedangkan dari Astra Daihatsu Motor, sang LCGC Sigra paling digandrungi.

Tren baik ini terjadi lantaran manufaktur mulai mengencangkan roda produksi. Contohnya, pada sisi wholesales, capaian Daihatsu meningkat tajam. Dari yang sebelumnya sebesar 331 unit pada Juni 2020, menjadi 1.553 unit pada Juli 2020. Angka ini naik hampir lima kali lipat sejak pembatasan gerak. Pada bulan sama, retail sales tercatat sebanyak 5.890 unit. Besaran itu naik 6 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya, sejumlah 5.558 unit.

Lantas dari angka YTD (year to date) atau sejak Januari – Juli. Pangsa pasar ADM jua alami lonjakan. Dari catatan perusahaan, koridor wholesales tumbuh sebesar 0,4 persen menjadi 17,9 persen. Sedangkan unit yang disalurkan ke tangan konsumen naik 1 persen menjadi 18,2 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Sigra facelift

Secara akumulatif hingga Juli 2020, penjualan retail Daihatsu ditolong Sigra sebagai pemain di lahan LCGC keluarga. Peminatnya begitu banyak hingga terkumpul pencapaian 16.631 unit. Ia berkontribusi sebesar 28 persen terhadap total pemasaran. Lalu diikuti Gran Max Pick Up (PU) 12.651 unit (21,3 persen) dan Terios 8.938 unit (15 persen). Ayla terjual 7.493 unit (12,6 persen), Xenia 6.334 unit (10,7 persen) dan Gran Max MB 5.666 unit (9,5 persen). Luxio serta Sirion jadi juru kunci dengan hasil 1.754 unit (2,9 persen).

"Kami berharap, tren positif ini bakal terus berlanjut diiringi oleh meningkatnya daya beli masyarakat. ADM berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan siap memacu produksi sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor dalam laporan bulanan (11/8).

Baca juga: Gran Max Garapan Daihatsu Indonesia Dijual di Jepang, Harga Termurah Rp 237 Juta!

Daihatsu Dagang Online

Untuk menambah pemasukan perusahaan, strategi dagang daring terus dilangsungkan. Mereka ingin memudahkan pelanggan memiliki mobil impian di tengah kondisi pandemi. Daihatsu menyelenggarakan acara penjualan mobil secara online dengan berbagai promo menarik. terselenggaralah Virtual Daihatsu Festival kedua kalinya pada 25 Juli 2020.

Gran Max PU Japan Market
Gran Max Pick Up Japan Market

Acara yang berlangsung hanya 1 jam itu, mencatatkan total pemesanan sebanyak 554 unit. Terkait dengan kontribusi paling banyak dipesan pada acara ini adalah Gran Max sebanyak 34 persen, diikuti Sigra 28 persen, Ayla di tempat ketiga, menyumbang 15 persen, lanjut Terios 11 persen dan Xenia 8 persen.

Hasil dagang di Virtual Daihatsu Festival pada Juli kemarin alami kenaikan sebesar 37 persen jika dibandingkan dengan raihan Juni lalu (404 pemesanan). Semua model bikinan ADM alami peningkatan khususnya Gran Max sebesar 45 persen, Ayla 39 persen dan Sigra 31 persen, kala dikomparasi pencapaian sebelumnya. Tak hanya penjualan, jumlah pengunjung juga semakin banyak. Acara ini tercatat diikuti oleh lebih dari 1.900 viewer. Antusiasme pengunjung makin bertambah ketika Daihatsu menghibur pengunjung. Tutur digelar acara talkshow serta interactive quiz di program ini.

"Terima kasih atas partisipasi yang baik dari pelanggan terhadap acara Virtual Daihatsu Festival. Kenaikan jumlah penjualan dan pengunjung ini merupakan respon positif terhadap program ini. Kami berharap, Daihatsu dapat tetap dekat dengan pelanggan melalui acara virtual ini," terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (Alx/Tom)

Baca juga: Daihatsu Gelar Edukasi Keselamatan Berkendara Online

Jelajahi Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra Rp 119,5 - Rp 162,25 Juta Cicilan : Rp 2,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store