Produksi Honda Accord 2018 Ditangguhkan Karena Kurang Laku

Produksi Honda Accord 2018 Ditangguhkan Karena Kurang Laku
Gambar
Review Pengguna


Keputusan untuk menahan produksi mobil, terjadi di pasar Amerika Serikat. Honda Motor Co. memberhentikan sementara produksi sedan Accord di Marysville, Ohio, selama 11 hari dalam kurun waktu 4 bulan. Hal ini disebabkan respons pasar yang sedang menurun sehingga penjualannya lesu. Berakibat stok berlimpah di diler-diler resmi.



Dominasi SUV menyebabkan pamor sedan kian tenggelam belakangan ini. Fenomena ini juga terjadi di pasar lain, termasuk Indonesia. Pembeli dari berbagai kalangan lebih memilih tunggangan berpostur tinggi dan memiliki kapabilitas off-road atau untuk kondisi jalan beragam. Itulah mengapa, hampir semua pabrikan mobil di dunia berbondong-bondong punya lineup SUV. Bahkan sampai produsen supercar sekalipun tak mau ketinggalan.


Menurut sumber dari Honda yang diwartakan Automotive News, pekerja di pabrikan Honda Marysville yang merakit Accord generasi terbaru, diberi hari libur selama 11 hari. Tiap bulannya ada 2 hari kosong mulai April sampai Juni.


Interior Accord hybrid


“Kami mengubah jadwal produksi di fasilitas perakitan secara reguler,” ujar sumber tersebut. “Ini semata urusan bisnis seperti biasanya dan kami menurunkan angka produksi untuk mencocokkan dengan kondisi pasar saat ini,” tambahnya.


Dari pihak diler turut mengatakan hal sama kepada Automotive News, Honda memotong produksi Accord. Menurut diler, lambannya penjualan juga diakibatkan kurangnya penawaran leasing yang menarik.


Karena penjualan menurun, Honda mempunyai 104 hari suplai Accord terhitung pada 1 Maret. Angka ini terbilang tinggi dibandingkan rata-rata industri yang hanya 70 hari suplai. Meski begitu, penjualan Honda Accord di Amerika Utara masih cukup tinggi. Pada 2017 terjual 322.655 unit, turun dari 345.225 unit di 2016. Kecenderungannya terus menurun sampai Februari lalu, yang menurun 5.000 unit dibanding periode sama tahun lalu.


Honda Accord Amerika


Pabrikan Jepang ini menggelontorkan dana yang tidak sedikit dalam membangun Accord terbaru. Investasinya tercatat sebesar 267 juta dollar untuk mengembangkan pabrik Honda di Ohio itu. Sebanyak 300 pekerja ditambah untuk melancarkan proses perakitan Accord 2018. Selain itu, pabrik Marysville juga membuat sedan mewah Acura ILX dan Acura TLX. Semua ini berbanding terbalik dengan kondisi yang ada. Pasar sedan menengah di Amerika turun 15 persen sepanjang 2017 dibanding tahun sebelumnya. Itu pun masih didominasi oleh Toyota Camry sebagai musuh bebuyutan Honda Accord. (ODI/DDN)


Baca Juga: Pajak belum revisi, jualan sedan Honda naik


Sumber: Automotive News

Jelajahi Honda Accord

Honda Accord Rp 734,1 Juta Cicilan : Rp 16,75 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store