jakarta-selatan
kali dibagikan

Honda New Accord VS Toyota New Camry : Perebutan Gelar Pemimpin Full-Sized Sedan

  • 09 Mei, 2016
  • 21006 Kali Dilihat

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Tanah Air rupanya mengerahkan strategi khusus dalam petarungan segmen sedan terutama di full-sized Sedan. Ya, merujuk data wholesales GAIKINDO triwulan pertama 2016, kelas ini masih didominasi oleh Toyota Camry dan meninggalkan jauh para rivalnya seperti Nissan Teana dan Mazda6, termasuk Accord. Akan tetapi, setelah HPM meluncurkan New Accord di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) rasanya timbul respon yang berarti.


Agar makin seru, kami telah siapkan dibawah ini indikator pembedanya dari mulai desain bodi, konsep interior, performa mesin, fitur keselamatan hingga harga jualnya. Selain itu, kami pillihkan varian New Camry 2.5 V sebagai pembanding dari New Accord. Alasan lainnya juga karena tipe 2.5 V merupakan yang paling dicari dibandingkan dua varian New Camry lainnya.


Seperti apakah persaingannya ketika Honda Accord terbaru ini dipertemukan dengan New Camry? Mengingat, konsep desainnya sama-sama mewah dan kedua brand ini yakni Toyota menempati posisi pertama dan Honda berada di urutan kedua sebagai merek mobil terlaris di Indonesia.


Desain Bodi Modern Atau Agresif


Accord dan Camry sama-sama bongsor


Salah satu benang merah dari desain Honda New Accord adalah citra mobil sedan mewah yang tetap dipertahankan serupa dengan edisi sebelumnya. Hanya saja, kali ini Honda memberanikan diri untuk memberi sentuhan modern guna tampilan yang tak kalah menarik. Hal itu ditemukan dari tampak depannya yang dipadati oleh lampu depan berteknologi full LED dengan kombinasi day-time running light menyerupai huruf 'L' dan grill berkonsep solid wing face dengan panel berlapis krom yang besar serta menjorok ke lampu utama.


Akan tetapi, bagian sampingnya tergolong nyaris tanpa perubahan, kecuali saat memandang sektor kaki-kaki yang dipermanis dengan velg alloy berukuran 18 inci dengan desain palang baru. Sedangkan di area belakang, dikenakan lampu LED bertemakan garis horizontal yang tegas dan lis krom yang membentang horizontal pada pintu bagasi dan bumper bawah, akibatnya, Accord terbaru ini seakan-akan lebih lebar dimensinya.


Mengartikan 'sedan mewah', Toyota condong menuangkan aura agresif di New Camry. Dimulai dari wajahnya yang mengenakan bumper depan bergaris-garis horizontal kelir hitam, lampu kabut bentuk bulat yang tidak lagi menghuni pinggiran bumper dan grill yang melebar dengan sepasang bilah berbalut warna gelap. Aksen krom tetap saja dibubuhkan disini guna mempertegas kesan wah yang tampak pada bawah bumper yang mengelilingi cluster tengah dan tepian kap mesin. Selain itu, lampu utamanya masih mengandalkan tipe projector.


Ketika menyaksikannya dari samping, tidak berbeda dengan pendahulunya baik garis atap maupun guratan garis bodinya. Hanya saja, pada bagian bawahnya diperbaharui lewat pengaplikasian velg alloy berdiameter 17 inci dengan tema palang banyak yang menambah kesan kuat dan elegan. Di buritannya, terpasang lampu belakang dengan beraksen transparan pada lampu sein dan mundur serta sebuah garis list chrome yang membelah secara horizontal dari rumah lampu kiri ke kanan.


Dengan penggunaan konsep mewah yang berbeda pada keduanya, rupanya angka dimensinya pun terkena dampaknya, menurut data spesifikasi, bodi New Accord lebih panjang 25 mm dan lebih lebar 20 mm dibanding Camry. Perihal bobotnya, full-sized Sedan Honda ini bobot kosongnya pun lebih ringan 65 kilogram dari Camry yang beratnya 1,62 Ton.


Konsep Kabin Mewah


Kabin accord dan camry mewah


Mewah bukan hanya dari tampak luar, tetapi di dalam kabinnya juga ikutan menerapkan nuansa tersebut. Lihat saja yang dipersiapkan oleh pendatang baru dari Honda ini, bagian dashboardnya menggabungkan panel kayu Alaska berwarna gelap dengan panel hitam glossy serta latar belakang instrumen cluster aksen spindel yang elegan.


Selain itu, jok dan center console boxnya diselimuti lapisan kulit dan trim pintu dihiasi oleh kulit dengan panel kayu plus penambahan tirai di baris kedua dan kaca belakang. Dalam rangka memudahkan pengaturan saat berkendara, Honda telah menginstalasi power seat adjusment yang berfungsi mengatur ketinggian bangku depan, i-Dual Zone Auto Climate Control System, steering wheel mounted control dan hands-free telephone switch yang menjejali sisi kiri dari lingkar kemudi.


Perihal peranti hiburan, di tengah-tengah dashboard, tepatnya di bawah layar Multi Information LCD Display (MIL), Accord diakomodasi dengan layar sentuh multimedia Double DIN 7,5 inci yang dilengkapi dengan kemampuan Speed-sensitive Volume Compensation (SVC), sistem navigasi, wi-fi tethering dan phone mirroring via kabel tambahan.


Bergeser ke New Camry, rasa mewah timbul pada area dashboardnya yang dipenuhi dengan ornamen panel kayu termasuk juga di palang kemudinya dengan tambahan konsep two-tone yang mengelaborasikan warna hitam dengan beige. Disamping itu, aksen silver masih saja ditemukan pada sektor tengah dashboard yang mengapit peranti hiburan dan pengaturan pendinginan udara model digital.


Sebagai fasilitas entertainment selama perjalanan, Toyota mencangkokkan layar beresolusi tinggi berukuran 8 inci dan juga touchscreen. Fitur ini sanggup mengolah data audio dan visual, terhubung dengan internet, Toyota Move, MiraCast melalui koneksi Wi-Fi, MirrorLink Technology dengan Car Connectivity Consortium (CCC) dan juga navigasi.


Performa Mesin


Camry dan Accord sama-sama menyenangkan


Tak hanya citra mobil mewah yang dijunjung oleh Honda pada gaya New Accord tetapi juga depot tenaganya yang masih berukuran masih sama yakni i-VTEC 2.4L dengan imbuhan Earth Dreams Technology. Inovasi ini diklaim produsen berlambang huruf “H” ini lebih ringan dan tetap bertenaga, karena struktur mesinnya yang sudah dirubah sehingga beratnya jadi tereduksi. Performa yang disajikan ialah menyemburkan daya 176 PS pada 6.200 rpm dan melontarkan torsi sebanyak 225 Nm di 4.000 rpm.


Guna mendistribusikan performa tersebut, Accord terbaru ini didukung dengan sistem transmisi otomatis 5-percepatan yang bisa juga dioperasikan via tuas paddle shift yang terletak di belakang kemudi. Untuk urusan efisiensi BBM saat berkendara, Honda juga menginstalasi ECO ASSIST yakni indikator berwarna hijau pada speedometer yang bertugas dalam membantu pengemudi untuk mengemudikan mobil ini secara ekonomis.


Sedangkan, Toyota menginstalasi jantung mekanis peminum bensin yang berkapasitas lebih besar 1L dari Accord yakni 2.5L berteknologi dual VVT-i. Dengan demikian, jangan heran apabila peraihan dayanya lebih mumpuni yaitu 181 PS di 6.000 rpm atau lebih tinggi 5 PS dan memberikan momen puntir 228,5 Nm pada 4.000 rpm atau lebih banyak 3,5 Nm daripada yang ditawarkan oleh pendatang baru dari Honda ini. Dalam rangka menyampaikan tenaga tadi, full-sized sedan Toyota ini mengandalkan transmisi otomatis 6 percepatan sequential.


Meskipun torehan prestasi diatas telah didominasi oleh New Camry, namun ketika membaginya antara tenaga dan bobot yang dimiliki, hasilnya berbeda, dimana Accord lebih unggul sedikit 'power to weight ratio' nya di 0,083 kW/kg sedangkan Camry hanya 0,082 kW/kg. Sehingga ketika kita mengendarainya, kedua full-sized sedan Jepang ini mempunyai sensasi berkendara yang serupa.


Fitur Keselamatan


Standar keselamatan Accord dan camry


Selain tiga aspek yang dipertandingkan tadi ada satu lagi yang tak boleh luput untuk diulas yakni peranti keselamatan. Merujuk dari informasi yang ada di website Honda Indonesia, Accord keluaran terbaru ini didukung oleh struktur rangka bodi GCON+ACE, side impact beam, 6 buah airbag, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist (VSA) dan Lane Watch yang meminimalisir blind spot ketika berkendara.


Lalu pada New Camry perangkat keselamatannya terdiri dari bodi rangka GOA (Global Outstanding Assessment) yang meredam benturan lebih optimal, Airbag yang ada di pengemudi dan penumpang depan, sisi samping, jendela dan bagian kaki, kemudian VSC yang membantu kestabilan mobil Saat melintas di jalan basah ataupun melahap tikungan tajam, serta sistem pengereman ABS, EBD, BA yang besinergi dalam melakukan deselerasi yang efektif saat di permukaan licin ataupun mengerem secara tiba-tiba.


Harga & Warna


varian Camry dan Accord


PT Honda Prospect Motor meniagakan New Accord dalam satu tipe yakni 2.4 VTI-L dengan harga on-the road Rp 635 Juta untuk warna Modern Steel Metallic dan Lunar Silver Metallic serta Rp 638 Juta khusus warna Crystal Black Pearl dan White Orchid Pearl. Selain itu, apabila konsumen yang menginginkan tampilan Accordnya lebih sporty, Honda telah menyediakan paket aksesoris Modulo Edition yang tersedia di jaringan-jaringan dealernya.


Berbeda dengan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menyajikan beberapa varian untuk New Camry dan kami hanya menyandingkannya dengan varian 2.5V yang dibanderol Rp 594,2 Juta. Adapun varian warna yang tersedia lebih beragam dibandingkan Accord yakni Attitude Black Mica, White Pearl Crystal Shine, Silver Metallic ,Dark Grey Metallic, Dark Brown Mica Metallic, Grayish Blue Mica Metallic.


Apabila Anda menginginkan yang lebih terjangkau, silahkan pilih New Camry 2.5 G seharga Rp 559,4 Juta atau bila penasaran dengan teknologi hibridanya, Toyota memiliki New Camry Hybrid yang dilego Rp 758,7 Juta on the road Jakarta.


Rekomendasi Kami


Perlu disampaikan juga, bahwa komparasi ini hanya mengacu dari data spesifikasi dan brosur yang ada di laman website Toyota dan Honda Indonesia. Komparasi sesungguhnya akan kami lakukan sebentar lagi. Meskipun keduanya memiliki pecinta nya masing-masing, tetapi harus ada pemenangnya.


Menimbang dari aspek desain bodinya yang sama-sama mewah, kami serahkan kepada selera masing-masing konsumen. Akan tetapi ketika memperhatikan harga yang kompetitif dan performa yang lebih unggul, kami menjatuhkan pilihan kepada Toyota New Camry. Akan tetapi, hasil ini belumlah mutlak, karena keduanya belum dipertemukan secara langsung untuk diadu di jalanan.


Foto: Toyota Astra Motor, HPM

Komparasi Accord vs Camry

Honda Accord
Rp 734,1 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Toyota Camry
Rp 634,85 - Rp 668,15 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Accord vs Camry

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Mobil Terbaru di Oto
  • KIA Seltos | First Impression | Performa Terbaik...
    • 21 Jan, 2020
    •  
  • Mercedes Benz C180 | First Impression | Sedan...
    • 20 Jan, 2020
    •  
  • Mitsubishi Xpander Cross vs Honda BR V |...
    • 16 Jan, 2020
    •  
  • New Suzuki Baleno | First Impression | Apa...
    • 20 Des, 2019
    •  
  • Toyota Supra GR Sport | First Drive |...
    • 13 Des, 2019
    •  
  • Toyota Sienta 2019 | Jakarta Coffee Paradise |...
    • 04 Des, 2019
    •  

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi