Penuhi Tingginya Permintaan, Mitsubishi Tingkatkan Produksi Xpander 7 ribu Perbulan

Penuhi Tingginya Permintaan, Mitsubishi Tingkatkan Produksi Xpander 7 ribu Perbulan

Mitsubishi Xpander jadi fenomena unik di 2017. Produk berjenis Small MPV (Low MPV menurut Gaikindo), memang paling populer. Avanza, Xenia, Mobilio buktinya. Namun di luar dugaan, minat masyarakat pada Xpander jauh di atas target mereka.

Dengan target awal penjualan 4 ribu unit perbulan di masa inisiasi, nyatanya pemesanan sudah mencapai lebih dari 500 persen di bulan kedua. (baca di sini). Mau tak mau, kapasitas produksi pun harus ditingkatkan. Apalagi kini jumlah pemesannya sudah mengular hingga 50 ribu unit (Awal Januari). Target tahunan 60 ribu unit untuk domestik tentu sudah di depan mata.

“SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Xpander itu loncatnya tinggi-tinggi terus. Waktu pertama ditanya, 30 ribu (unit), tak lama kemudian ditanya lagi sudah 40 ribu, jadi kalau saya ditanya sekarang saya bisa bilang 50 ribu,” jelas Irwan Kuncoro, Direktur of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ketika ditemui OTO.com di Magelang (16/1).

Dengan tingginya permintaan pasar, pekerjaan Mitsubishi pun tak bisa sekadar menawarkan barang. Ketersediaan suplai Xpander yang memadai, pun diperlukan untuk kepuasan konsumen. Terkait hal itu, Irwan ternyata menjaminnya. “Saya selalu sampaikan, sekarang fokus kami bagaimana memenuhi inden itu. Bagaimana kami memenuhi proses delivery ke customer. Itu yang kami fokuskan,” imbuh Irwan.

Tapi pekerjaan ini bukan tanggung jawab MMKSI semata. Produksi ada di tangan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), selaku operator pabrik Xpander di Delta Mas, Cikarang. Pabrik yang baru beroperasi tahun lalu, mampu mengakomodir produksi hingga 160 ribu pertahun. Bahkan jika dikembangkan seluruh lahannya, jumlah 240 ribu unit bisa dimaksimalkan. Tapi itu tentu bukan untuk Xpander saja. Ada model-model lain yang diproduksi di sana; misalnya Pajero Sport, L300 dan model lainnya.

“Sebetulnya (produksi Xpander domestik) maksimal 60 ribu pertahun dengan rata-rata 5 ribu perbulan. Dan kami terus tingkatkan sampai sekarang 7 ribu perbulan. Ke depannya juga kalau memungkinkan ya kita usahakan terus ditingkatkan. Bulan depan kami lihat kembali apakah perlu dinaikkan lagi,” tambahnya lagi.

Mitsubishi Xpander, produk perdana merek berlambang tiga berlian di kelas Low MPV. Model mobil keluarga yang lapang dan bertabur fitur disajikan dalam tampilan yang futuristis dengan daya jelajah mendekati SUV. Dibekali mesin 1,5 liter MIVEC, kaki-kaki yang diadopsi dari Lancer hingga pilihan varian yang beragam. (Van/Odi)

Baca Juga: Konsumen Keluhkan Mesin Xpander

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Mitsubishi Xpander

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mitsubishi Xpander Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mitsubishi Xpander

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang