jakarta-selatan

Nissan Serena Generasi Baru Meluncur Agustus Dengan Fitur Pro Pilot

  • Jul 13, 2016
  • 6534 Dilihat

Setelah beberapa kali sosok MPV misterius ini tertangkap kamera sedang melakukan pengujian di jalan dan menjadi viral di dunia maya, akhirnya Nissan Motor Company Ltd mengumumkan akan meluncurkan Serena terbaru. Hal ini dibuktikan dengan penampilan resmi New Serena pada laman website Nissan di Jepang. Menurut informasi tersebut, jadwal debutnya akan digelar pada akhir bulan Agustus 2016. MPV beratap tinggi ini tidak hanya mendapatkan sentuhan baru di aspek desain saja, karena Nissan juga menyatakan bila Serena akan menjadi line-up pertama yang mengaplikasikan fitur Pro Pilot.


Manfaat dari fitur terbaru ini, menurut Nissan dapat digunakan baik ketika terjebak di kemacetan lalu lintas dan saat mengarungi di jalanan yang bebas hambatan. Pasalnya, pengaturan untuk akselerasi, pengereman dan pengendalian dapat dilakukan secara otomatis oleh mobil MPV berbodi bongsor ini. Sehingga pengemudi bisa lebih menikmati perjalanan jauh atau mengurangi tingkat stress dengan kondisi jalan yang padat.


Fitur Pro Pilot Nissan


Meskipun terdengar seperti fasilitas pada mobil otonomus tetapi Nissan menegaskan bahwa fitur ini hanyalah sebagai pendukung dalam pengendaraan. Pasalnya, untuk mengaktifkannya dan menonaktifkannya dapat dilakukan cukup dengan memencet tombol yang ada di sisi kanan lingkar kemudi. Dengan demikian, maka peran dan tanggung jawab dalam menjaga aspek keselamatan berkendara masih secara penuh berada di tangan pengemudi.


Adapun beberapa komponen yang turut serta dalam memaksimalkan fitur ini terdiri dari kamera monocular yang menempel pada bagian atas kaca depan untuk menganalisa kondisi jalanan, ECU Advanced Driver Assistance System (ADAS), rem tangan (Parking Brake), Vehicle Dynamic Control (VDC) yang berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil , Electronic Power Steering (EPS) dan Engine Control Modul (ECM).


Berbicara mengenai konsep kerjanya, rupanya fitur ini menggabungkan tiga aspek. Selaras dengan keterangan dari Satoru Yahagi, kepala dari tim pengembangan dari Pro Pilot yang diulas oleh response.jp yakni menjaga kecepatan seperti fasilitas cruise control, fungsi untuk mengikuti kecepatan mobil didepan dan berhenti serta pengaturan kemudi melalui fitur lane-keeping assist. Oleh karenanya, manfaat dari Pro Pilot bisa dirasakan di dua kondisi jalan.


Pengaturan kecepatan yang masuk dalam zona operasi fitur Pro Pilot ketika jalur bebas hambatan adalah dalam rentang kecepatan 30 kpj sampai dengan 100 kpj dan pengemudi bisa juga mengikuti kecepatan dari mobil yang ada didepan. Sedangkan, ketika berjibaku di kepadatan lalu lintas, pengemudi akan mendapat dukungan berupa pengereman otomatis.


Untuk menggambarkan kehandalan dari Nissan Serena terbaru dengan Pro Pilot-nya, Nissan pun merilis video berdurasi 30 detik. Dalam cuplikan tersebut, digambarkan kondisi jalan yang padat dan mobil Serena terjebak didalamnya. Kemudian, ketika kondisi mulai berjalan sedikit, maka lingkar kemudi bergerak dan mobil melaju perlahan-lahan dengan sendirinya.


interior Serena bisa tujuh penumpang


Walaupun telah mendekati waktu peluncurannya, namun Nissan masih saja menutup rapat detail spesifikasi mesin, dimensi bodinya dan fitur keselamatan serta fasilitas keamanan yang dibenamkan pada New Serena ini. Apakah masih tetap mengandalkan depot tenaga MR20 4-silinder berkekuatan 2.0L dengan kemampuan memberikan tenaga 147 PS dan torsi 205 Nm serta menyediakan pilihan jantung mekanis hybrid? Mari kita tunggu tanggal mainnya.


Perihal kemungkinan New Serena dibawa serta ke Tanah Air, sungguh besar, mengingat saat ini PT Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Nissan sudah memiliki line-up Serena di dalam daftarnya. Masalah waktunya? kemungkinan pada tahun 2017 mendatang.



Baca Juga: Nissan X-Trail torehkan 5 bintang keselamatan


Foto: Nissan.co.jp

Galeri

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer