jakarta-selatan

Mengupas Dua Varian All New Nissan Serena

  • 12 Mar, 2019
  • 1864 Kali Dilihat

Inilah Serena teranyar yang bulan lalu dipasarkan. Meski mengalami perubahan desain, jantung mekanis yang diusung tetap sama, MR20DD berkubikasi 2.0 liter. Konfigurasinya menghasilkan tenaga puncak sebesar 150 PS di 6.000 rpm dan torsi 199 Nm pada 4.400 rpm. Dua varian juga ditawarkan Nissan untuk MPV bertubuh bongsor ini. Apa saja bedanya?



Varian X


Tipe X, varian terbawah yang dibanderol Rp 448 juta (OTR Jakarta). Toh fiturnya cukup lengkap. Sektor penerangannya memakai bohlam halogen, yang dapat diatur ketinggian arah penyinarannya secara manual. Ada pula auto on/off head lamp. Lampu belakangnya kombinasi LED, yang diperkuat high mounted lamp di atasnya.


Mengandalkan pelek alloy berukuran 16 inci. Pintu penumpang belakang modelnya sliding elektrik yang bisa membuka otomatis. Pada kaca depannya terdapat penyapu air yang mampu mendeteksi rintik hujan, sekaligus mengatur kecepatan secara otomatis. Di belakang ditempel defogger yang mencegah terciptanya embun, sehingga pandangan lebih jelas.



Kepraktisan akses didukung Intelligent Key yang mengeliminasi penggunaan anak kunci. Perangkat ini tentunya dipadukan engine start/stop button. Urusan berkendara, Serena X menawarkan berbagai kemudahan. Kemudi yang dilengkapi tombol fungsi sudah Tilt dan Telescopic, sehingga bisa diatur posisinya ke segala arah. Ada pula Cruise Control yang membuat pengemudi dapat mengistirahatkan kaki saat berkendara, tanpa perlu berhenti. Efisiensi bahan bakar juga lebih optimal, lantaran ada Eco Mode Switch.


Kabin didesain dengan gaya elegan. Pada baris kedua disediakan jok model captain seat. Di sisi pengemudi, ketinggian tempat duduknya bisa diatur. Keseluruhan bangku dibalut material kain. Nah, untuk mengontrol pendingin ruangan juga lebih mudah, sebab panelnya sudah full digital.


Sektor hiburan didukung head unit 2DIN layar sentuh 7 inci yang punya pemutar MP3, koneksi Bluetooth, USB dan AUX. Penumpang di belakang juga lebih nyaman berkat layar 11 inci yang ditempelkan di atap dan dapat dilipat. Tak hanya itu, konektivitas dengan gawai elektronik tetap terjaga karena ada 3 buah colokan USB.


Perangkat keamanan dan keselamatan Serena X-Grade cukup mumpuni. Ada 8 Points Parking Sensor dipasang agar proses parkir lebih mudah. Selain itu, pengemudi dan penumpang depan dilindungi dual SRS airbag. Untuk mendukung pengendalian tersedia fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Sementara perangkat keamanan yang dibenamkan untuk mengantisipasi tindak pencurian berupa Alarm dengan Shock Sensor dan Immobilizer.



Varian Highway Star


Dibanderol Rp 465 juta, Highway Star menjadi pilihan tertinggi. Bukan hanya dari segi fitur, tapi tampilannya lebih mewah. Pada sisinya terdapat Aero Side Guard yang menemani pelek alloy 16 inci berdesain two tone. Aksesori seperti Roof Spoiler dan Exhaust Tail Pipe Finisher diaplikasikan untuk memperkuat konsepnya. Fungsionalitas seperti sektor penerangan diperjelas. Soalnya sudah memakai LED Projector dengan fitur Auto Levelling Function dan Auto On/Off Head Lamp Function. Pun akses ke kabinnya, Power Sliding Door turut dilengkapi Foot Sensor.


Seluruh fitur pada varian X juga dimiliki tipe ini. Tapi ada beberapa tambahan yang membuatnya semakin menyenangkan dan aman untuk dikendarai. Ada Intelligent Round View Monitor with Motion Object Detection, inovasi Nissan yang membantu pengemudi memantau area sekitar. Sistem hiburannya tak berbeda, hanya jumlah speakernya lebih banyak. Jika X ada empat buah, Highway Star punya 6 speaker.



Jok baris keduanya dibuat terfokus pada kenyamanan menyeluruh. Disebut 2nd row Seat Center Smart, di sekitarnya dipasangkan multi table dengan cupholder, armrest dan kotak tissue. Kombinasi ini memberikan pengalaman berkelas bak naik pesawat kelas satu. Kemudi dan seluruh bangku dilapisi material kulit hitam yang menambah kemewahan kabin. Colokan USB lebih banyak lagi unitnya, 6 buah yang tersebar di seluruh baris. Sedangkan safety dibuat lebih mumpuni dengan penyematan 6 airbag: dua di depan, dua di samping penumpang baris pertama dan pengemudi, serta dua di seluruh jendela samping. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Pilihan MPV Bekas Seharga Toyota Avanza, dari Sienta sampai Alphard

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Serena 2019

  • X | Rp448 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp89,6 Juta
    Angsuran Rp9,26 Juta
    Tenor 60 Months
  • Highway Star | Rp465 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp93 Juta
    Angsuran Rp9,6 Juta
    Tenor 60 Months

Video Nissan Serena 2019

Lihat video terbaru Nissan Serena 2019 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi