Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?

Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?

Toyota baru saja menghadirkan pembaruan pada model boxy MPV All New Voxy. Kehadiran Voxy terbaru ini meramaikan segmen yang sebenernya cukup sedikit pemainnya untuk disandingkan.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Toyota Voxy

    Rp 558,2 juta untuk biasa dan Rp 561,2 juta untuk pilihan premium color
  • Harga Nissan Serena

    X dengan banderol Rp 465,150 juta dan Highway Star seharga Rp 515 juta
  • Salah satunya hadir dari Nissan All New Serena yang sepintas memiliki spesifikasi yang sama dengan Voxy. Terlebih MPV ini sudah lebih dulu berstatus All New sejak beberapa tahun lalu. Lantas dengan kehadiran Voxy terbaru mana yang lebih baik? Kita coba sandingkan dengan data di atas kertas.

    Soal mesin, Serena menggunakan mesin MR20 1.997 cc yang menghasilkan tenaga 150 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 195 Nm pada putaran 4.400 rpm. Dibandingkan dengan Voxy terbaru yang mengusung rangka baru TNGA dan mesin M20A-FKS 1.986 cc DOHC yang menghasilkan tenaga sebesar 170 ps pada putaran 6.600 rpm dan torsi 202 Nm pada putaran 4.900 rpm. Terlihat mesin baru Voxy mendominasi dibandingkan dengan Serena. Soal transmisi keduanya kini sudah menggunakan transmisi CVT dengan teknologi Direct Shift CVT untuk Voxy dan Xtronic CVT untuk Serena.

    all new voxy

    Soal dimensi, Nissan Serena memiliki panjang 4.770 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.865 mm dengan panjang wheelbase 2.860 mm. Ukuran dimensi Voxy selisih tipis dengan panjang 4.696 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.855 mm dengan panjang wheellbase 2.850 mm. Terlihat Serena hadir dengan ukuran dimensi lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dan lebih panjang secara wheelbase sedikit dibanding Voxy terbaru.

    Bagian kaki-kaki, Serena menggunakan ban berukuran 195/60 dengan ring 16 inci. Voxy hadir lebih besar dengan ban 205/55 ring 17 inci. Soal pengereman keduanya menggunakan ventilated disc di depan dan solid disc di belakang.

    Soal aksesibilitas, kedua MPV ini menawarkan fitur non sentuh untuk membuka power sliding door. Hanya dengan menggerakkan kaki di area bawah pintu samping, maka power sliding door akan terbuka dan berguna bagi penumpang yang tengah membawa banyak barang.

    Nissan Serena

    Soal aksesibilitas ini juga masing-masing model menawarkan kemudahan untuk pintu belakang. Voxy menawarkan power back door dengan tombol akses membuka di bagian samping. Lebar bukaan pintu ini juga bisa diset dan menjadi yang pertamna di Toyota. Serena tidak menghadirkan tombol khusus untuk membuka pintu namun pintu belakang dapat dibuka menjadi dua bagian, yakni membuka pada kaca belakang saja atau pintu belakang keseluruhan. Ini memudahkan untuk akses barang di ruang sempit.

    Masuk ke kelengkapan interior, Voxy hadir dengan nuansa modern dan premium berkat penggunaan bahan berwarna hitam. Meski jok masih menggunakan bahan fabrik, area dashboard Voxy hadir dengan kelengkapan modern. Sebut saja head unit layar sentuh 9 inci, layar meter cluster 7 inci TFT dengan head up display, seamless steering switch, electric parking brake dengan auto hold, wireless charger, 6 poert USB, panoramic view monitor dan air purifier. Bagian belakangnya hadir layar 11,6 inci di bagian atap mengganti kehadiran panoramic roof di baris kedua pada model lawas.

    Baca juga: Resmi Meluncur, All New Toyota Voxy Dibanderol Rp558 Juta

    all new voxy Kabin Toyota Voxy

    Serena pun tidak kalah. Dashboardnya menawarkan tempat penyimpanan yang cukup banyak dengan desain lebar dan jok dengan bahan kulit. Fitur intelligent around view monitor menjadi andalan dengan headunit sebesar 7 inci dan layar digital speedometer. Layar ini juga dapat menghadirkan fitur driver attention alert untuk memberikan saran beristirahat pada pengemudi karena dinilai lelah berkendara. Kenyamanan juga hadir dari layar 11 inci di bagian atap untuk baris kedua dan di Serena hadir tujuh port USB yang tersebar di berbagai titik kabin.

    Soal fitur keselamatan, Serena harus mengaku kalah dari Voxy. MPV terbaru Toyota hadir dengan Toyota Safety Sense (TSS) generasi ketiga. Ini membuat Voxy masuk dalam mobil dengan kemampuan semi otonom lewat gabungan empat fitur keselamatan yakni pre collision system, lane tracing assist, dynamic radar cruise control dan automatic high beam. Kemampuan radar Voxy juga meningkat untuk menilai kondisi jalan di depan dengan lingkup yang lebih luas. Masih ada fitur blind spot monitor dan SRS Airbag di seluruh kabin.

    Facelifted Nissan Serena cabin Kabin Nissan Serena

    Serena sendiri bukan tidak menawarkan apa-apa untuk sisi keselamatannya. MPV boxy ini hadir dengan kenyamanan 8 titik parking sensor, engine start stop, eco mode switch, cruise control, intelligent key, immobilizer, alarm with shock sensor, vehicle dynamic control, ABS, EBD, BA, SRS front, side dan curtain airbag.

    Kedua model MPV boxy ini menawarkan kenyamanan kabin dan ruang yang lapang untuk penumpang. Masing-masing menghadirkan pengaturan yang disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan. Kemudahan mendapatkan ruang cukup mudah hadir di kedua produk ini.

    Terakhir soal harga, Voxy ditawarkan dalam satu pilihan varian yakni 2.0L CVT dengan empat pilihan warna yakni white pearl, glitter black, sparkling black pear dan metal stream. Voxy ditawarkan dengan banderol Rp 558,2 juta dan Rp 561,2 juta untuk pilihan premium color. Serena hadir dengan tawaran dua varian yakni varian X dengan banderol Rp 465,150 juta dan Highway Star yang tertinggi dengan banderol Rp 515 juta. (Sta/Raju)

    Baca juga: Harga Naik Rp47 Jutaan dari Model Lawas, Simak Detail Spek Toyota All New Voxy

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Toyota Voxy vs Nissan Serena

    Toyota Voxy
    • Rp 562,7 Juta
    Nissan Serena
    • Rp 524,3 Juta
    Voxy vs Serena

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature