Mesin Berpotensi Mati Mendadak, Mitsubishi Recall Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Mesin Berpotensi Mati Mendadak, Mitsubishi Recall Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Baru-baru ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) diketahui melakukan pemanggilan kembali atau recall. Ini diterapkan pada model Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dengan tahun produksi 2021 alias yang terbaru diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Masalah yang ditemukan pihak MMKSI adalah potensi mesin mati mendadak saat dikendarai. Kebenaran kabar ini langsung ditanggapi oleh Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura yang mengungkapkan pihaknya sudah menginformasikan masalah ini kepada Kementerian Transportasi.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford-Fosgate Black Edition 2021

"Ya, MMKSI telah mensubmit laporan recall produk ke Kementerian Transportasi Republik Indonesia, serta telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil yang terdampak untuk berpartisipasi pada aktivitas ini," ucap Nakamura dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Penampakan Mitsubishi Xpander Terbaru yang Bakal Pakai Transmisi CVT

Lantas apa yang membuat mesin Xpander Cross tersebut mati mendadak? Dari hasil investigasi yang dilakukan pihak MMC, ditemukan bahwa pemasangan komponen Around View Monitor (AVM) di unit Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi 2021 tersebut memiliki potensi timbulnya masalah pada lampu sein dan lampu hazard. Pengaruhnya, masalah ini berpotensi mengganggu jalur komunikasi dan informasi antar ECU kendaraan yang juga dapat menyebabkan potensi mesin berhenti bekerja saat mobil dikendarai.

Kamera around view

Soal berapa unit kendaraan yang terdampak pihak MMKSI tidak memberikan informasi. Namun secara aktual juga tidak ada kasus yang telah dilaporkan terjadi terkait penemuan ini. MMKSI tidak membeberkan solusi detail terkait masalah ini namun dari pengumuman dikatakan bahwa pihak bengkel akan melepas komponen AVM yang terpasang pada mobil yang terlibat.

"Kami yakin, dan berharap pelanggan kami memahami dengan baik, bahwa aktivitas recall produk adalah cara yang tepat untuk memastikan mobil layak jalan sehingga mereka terlindungi dari masalah yang tidak terduga," ucap Nakamura.

Nakamura berharap konsumen yang kendaraannya bermasalah benar-benar memanfaatkan kampanye yang dilakukan MMKSI. Pihak Mitsubishi sendiri sudah menghubungi konsumen dengan unit terlibat dan diselenggarakan mulai 4 Oktober di seluruh diler dan bengkel resmi Mitsubishi di Indonesia.

Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition baru diperkenalkan 2021 dengan banderol Rp 308,6 jutaan. Beberapa fitur yang ditawarkan pada model SUV ini selain around view monitor yang bermasalah antara lain sistem audio Rockford Fosgate, Cruise Control, jok kulit, serta tombol start/stop.

Mitsubishi sendiri sudah beberapa kali melakukan kampanye recall, atau pemanggilan kembali khususnya untuk Xpander yang diperkenalkan pada Agustus 2017. Recall pertama dilakukan pada Juni 2020 karena ada masalah pada komponen fuel pump yang membuat mesin mobil mati mendadak. Recall pertama ini mencatat 139.111 unit Xpander yang terlibat dengan produksi 2017 sampai 2019.

Beberapa kali Xpander juga diterpa masalah, misal pada 2018 ada keluhan dari konsumen yang merasakan putaran mesin kendaraannya naik turun dan mengeluarkan bunyi yang tidak wajar. Satu tahun setelahnya ramai pembicaraan mengenai suspensi Xpander yang diduga mudah mengalami kebocoran. Kedua masalah ini tidak sampai membuat Mitsubishi mengadakan recall dan berhasil diselesaikan. (Sta/Tom)

Baca juga: Jaga Kondisi Kendaraan dengan Pemeriksaan Berkala di Bengkel Resmi Mitsubishi

Jelajahi Mitsubishi Xpander Cross

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Xpander 2021
    Mitsubishi Xpander 2021
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
  • Mitsubishi Xpander Cross 2021
    Mitsubishi Xpander Cross 2021
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang