Merasakan Baris Ketiga All New Honda BR-V, Sempit atau Lega?

Merasakan Baris Ketiga All New Honda BR-V, Sempit atau Lega?

All New Honda BR-V jadi model terbaru yang menyita perhatian minggu ini. Perubahannya cukup besar, mulai dari desain eksterior, interior, serta fitur yang semakin canggih. Honda Prospect Motor sendiri mengungkapkan mereka mengedepankan desain SUV dan kenyamanan MPV untuk BR-V terbaru ini. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan angkut tujuh penumpang yang memang menjadi ciri khas model MPV.

Redaksi Oto.com sendiri bertemu langsung dengan BR-V generasi kedua beberapa waktu lalu dengan model yang diperlihatkan adalah tipe teratas Prestige dengan Honda Sensing. Paling menarik dari pertemuan ini adalah impresi baris ketiganya. Kenapa kami memberikan perhatian khusus pada baris ketiga? Maklum kebanyakan Low SUV maupuan Low MPV dengan tiga baris tempat duduk tak terlalu mengakomodasi penumpang di kursi paling belakang. Biasanya, baris belakang terasa sempit bagi penumpang dewasa sehingga lebih cocok bagi anak-anak.

Honda All New BR-V 2022

Oke, sebelum ke pembahasan tersebut, kita singgung lagi perubahan yang terlihat. Eksteriornya hadir dengan perubahan di bagian depan. Dimensinya yang lebih besar dari model lawas terlihat tangguh dengan penggunaan desain gril bergaris tegas dengan sentuhan krom gelap.

Tampangnya makin modern dengan lampu berdesain runcing yang sudah menggunakan fitur LED dan juga penggunaan DRL LED plus tambahan fog lamp dengan LED yang menawarkan pencahayaan lebih baik. Penggunaan LED ini juga diterapkan di stoplamp belakang dengan desain baru.

Garis-garis tegas jadi ciri khas di bagian samping dengan penyematan roof rail dan body cladding di area lingkar ban. Soal pelek, desain baru hadir dengan bahan aluminium dan warna Berlina Black machine-finished berukuran 17 inci yang membuat ground clearance mobil ini 220 Nm.

Masuk ke dalam, desain dashboardnya sekilas tidak berbeda dengan model lawas. Tapi detailnya kini lebih mewah. Sentuhan bahan soft touch ada di dashboard dengan jahitan dan sentuhan krom di beberapa titik.

Baca juga: Lima Susuk Pemikat All-New Honda BR-V yang Berpotensi Mengangkat Derajatnya

Honda All New BR-V 2022

Perhatian utama pada dashboard hadir dari layar sentuh tujuh inci sebagai head unit. Layar ini bisa menyambungkan beragam fitur dengan telepon genggam pengemudi. Beranjak ke bawah, pengaturan AC sudah digital dengan kemampuan semburan Auto.

Sebagai varian teratas, perbedaan paling mencolok ada di lingkar kemudi. Pada bagian steering switch sebelah kanan, ragam tombol cukup padat hadir bagi pengemudi. Memerlukan waktu cukup lama untuk mempelajari tombol-tombol yang berfungsi mengaktifkan fitur Honda Sensing ini. Di sebelah kiri, audio steering switch diberikan guna kemudahan pengaturan hiburan selama perjalanan.

Desain meter clusternya kini lebih segar, meski masih menggunakan petunjuk manual untuk kecepatan dan putaran mesin namun kehadiran layar TFT 4,2 inci bisa memberikan informasi seputar kendaraan. Terdapat informasi konsumsi bahan bakar, pengukur perjalanan, suhu di luar, dan jam dalam tampilan layar lebar. Ini juga memungkinkan pengemudi untuk menentukan operasi display seperti mengatur meteran, akses tanpa kunci, pencahayaan, operasi pintu dan jendela, serta mengatur Honda SENSING.

Baca juga: Bahas Lengkap Fitur Honda Sensing pada All New BR-V

Honda BR-V interior

Baris kedua dan ketiga

Masuk ke baris kedua All New Honda BR-V terbaru, kesan nyaman cukup terasa. Untuk penumpang dengan tinggi 169 cm, ruang kaki terasa cukup lapang dengan kenyamanan sentuhan kulit pada jok jadi tambahan. SUV ini juga memberikan AC double blower dan pengisi daya untuk baris kedua. Terbaru, kehadiran sandaran tangan yang dibuka di tengah jok baris kedua menambah kenyamanan untuk perjalanan jauh.

Untuk ke baris ketiga kemudahan akses bisa didapatkan melalui tuas di sisi kiri dan kanan baris kedua. Gerakkan tuas ke depan dan baris kedua akan terlipat dengan sendirinya, memberikan ruang untuk penumpang masuk ke baris ketiga.

Berada di baris ketiga, ruang yang diberikan terbilang cukup, tidak lebih atau kurang. Ruang kaki masih tersisa untuk bergerak bagi penumpang dengan tinggi 169 cm. Ruang ini masih bisa ditambah dengan berkompromi bersama penumpang baris kedua.

Soal kenyamanan, desain jok terbilang nyaman terutama untuk menopang area paha penumpang. Bisa dibayangkan bebas lelah untuk penumpang baris ketiga dalam perjalanan jauh. Sandaran jok juga bisa direbahkan agar punggung tidak terlalu tegak meski mengorbankan area bagasi di belakang.

Baca juga: Kupas Tuntas Mesin dan Transmisi All New Honda BR-V, Lebih Canggih

Honda BR-V interior

Pada baris ketiga, Honda memberikan kemudahan dengan hadirnya pengisi daya 12V. Selain itu ditambahkan juga cup holder untuk membawa minuman bagi penumpang belakang. Kenyamanan juga hadir dari AC double blower yang semburannya sampai ke baris ketiga.

Kursi baris ketiga juga dapat dilipat untuk meningkatkan kapasitas bagasi. Kursi dapat dilipat 50/50 dive down yang rata lantai untuk kemudahan membawa barang. Akses ke bagasi dari pintu belakang sayang belum dilengkapi dengan pintu motorik, namun Honda menyediakan dek terpisah di bagian belakang untuk kemudahan membawa barang di bagasi.

All-new BR-V tersedia dalam 3 kombinasi warna interior. Grey & Black color, menawarkan tampilan sporty yang hadir di varian S. Grey & Mocha Gray, memberi tampilan elegan yang hadir di varian E dan Silver & Black, menawarkan tampilan premium dan smart yang hadir di varian Prestige.

Belum diketahui berapa harga varian Prestige dengan Honda Sensing yang Oto.com coba. Namun Honda mengungkapkan perkiraan harga untuk varian terbawah sekitar Rp 260 juta dengan kemungkinan pengiriman pertama untuk konsumen pada Januari 2022. (Sta/Raju)

Baca juga: Ada Lima Varian All New Honda BR-V dengan Banderol Mulai Rp 260 Jutaan, Apa saja Bedanya?

Jelajahi Honda BRV 2021

Model Mobil Honda

  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda BRV 2021 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda BRV 2021

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang