• Wishlist

Menilai Varian Renault Triber Paling Value for Money untuk Dipilih

Menilai Varian Renault Triber Paling Value for Money untuk Dipilih

Renault Triber menjadi solusi 7-seater terjangkau bagi konsumen yang ingin tampil beda. Hanya dibekali mesin 1.000 cc, gaya dan fitur menjadi senjata pamungkas. Jika tidak ingin mengikuti arus, tentu ada harganya. Sebab banderolnya Rp 133 – Rp 169,9 juta, sedikit lebih tinggi dari jajaran LCGC Jepang. Dari total tujuh pilihan trim dan transmisi, varian mana yang paling value for money?



Sebagai pemain baru, jadi opsi segar nan unik untuk budget terbatas. Cita rasa SUV/crossover dapat dinikmati seluruh trim berkat cladding hitam. Kasta RXE paling bawah, tampil apa adanya dengan pelek kaleng tanpa roof rail maupun hiasan krom. Naik satu tingkat, spion RXL dikelir sewarna bodi lalu mengenakan sepatu tertutup dop.


Jajaran RXT dan RXZ lebih representatif. Elemen tangguh disokong skid plate dan roof rail. Dekorasi eksterior pun mendapat perhatian. RXT diberikan sebatang garis kromium di grille serta kaki dibungkus alloy 14 inci. Trim teratas merupakan anak emas, dibekali pemanis seperti LED DRL, tiga baris hiasan chrome grille, alloy 15 inci serta washer & defogger belakang.


Dari segi fitur, tipe RXE nampak jauh dari kata value for money. Boleh unggul soal keselamatan karena punya dual airbag, ABS + EBD dan parking sensor. Kelengkapan Triber termurah sebatas itu saja. Tak ada peranti lain untuk langsung dinikmati dalam kabin, bahkan audio sekalipun. Pilihan membosankan untuk mobilitas harian. Kenyamanan pun seadanya tanpa blower AC tambahan.


Ekstra perlengkapan pada model setingkat di atas, belum sesuai banderol Rp 149 juta. Head unit memang sudah 2DIN namun belum ada konektivitas sama sekali seperti USB atau AUX. Meski begitu, alat penyejuk udara boleh diacungi jempol, sebab dilengkapi blower tambahan untuk disalurkan ke baris dua dan tiga. Tersedia pula satu ruang penyimpanan yang didinginkan.


Perbandingan antara barang dan harga, lebih masuk akal untuk trim teratas. Sarana hiburan, misalnya. Renault isi Media NAV Evolution di balik kemasan layar 8 inci. Konektivitas mumpuni mulai dari USB, AUX, Apple CarPlay dan Android Auto. Kala meminang RXZ, ada kemudahan akses rasa premium tanpa perlu menyentuh fisik kunci, sampai menyalakan mesin. Bermanuver juga mudah, dibantu reversing camera.



Cukup disayangkan Renault hanya membekali Triber jantung tiga silinder 1.000 cc. Tenaga tidak besar, 72 hp saja. Kami setuju kalau mesin sekecil ini dibilang irit BBM meski selisih mungkin tidak signifikan dari pesaing. Melansir CarDekho, rata-rata konsumsi bahan bakar dari perhitungan ARAI (Automotive Research Association of India) mencatatkan 20 atau 20,5 km/liter. Cukup skeptis ia memiliki keunggulan dari segi konsumsi bahan bakar. Pasalnya, angka itu seperti syarat wajib bagi LCGC. Yang berarti, Triber sekelas LCGC kalau harus adu irit.



Simpulannya, dari total tujuh pilihan trim beda kelengkapan dan transmisi, dua kasta terendah terlalu basic segi fitur atau tampilan. RXZ kami anggap terlalu mahal untuk tingkatan tertinggi bermesin 1.0 liter. Disimpulkan RXT manual paling cocok, menimbang label Rp 157 juta dan seluruh kelengkapannya. Harga sedikit di bawah Toyota Calya termahal (RP 158,4 juta), menjadi alternatif menarik bergaya segar. Fitur pun unggul di konektivitas smartphone, double blower dan penjamin keselamatan. (Krm/Tom)


Baca Juga: Perang Dimensi Renault Triber Lawan Calya-Sigra dan Datsun GO+

Jelajahi Renault Triber

Renault Triber Rp 133 - Rp 179,9 Juta Cicilan : Rp 3,03 Juta

Bandingkan & Rekomendasi