Mobil Listrik Antimainstream Seharga Rp1 Miliar, Kia EV6 GT Line Lawan Renault Megane E-Tech

Mobil Listrik Antimainstream Seharga Rp1 Miliar, Kia EV6 GT Line Lawan Renault Megane E-Tech

Prestige Renault Indonesia memperkenalkan model kendaraan listrik baru yakni Mengane E-Tech, Senin (27/3/2023). Kehadiran crossover ramah lingkungan ini membuat persaingan di kelas kendaraan listrik semakin ramai.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Renault Megane E-Tech

    Ditawarkan Rp1,375 miliar on the road DKI Jakarta
  • Harga Kia EV6 GT-Line

    Ditawarkan Rp1,299 on the road DKI Jakarta
  • Beberapa waktu lalu Kia juga menghadirkan produk kendaraan listrik lewat EV6 GT Line. Produk ini menjadi model terbaru Kia di 2023 setelah memperlihatkan pada pameran otomotif tahun lalu.

    Lantas bagaimana jika kedua dibandingkan lewat informasi di atas kertas? Simak bahasan berikut ini.

    Renault Megane E-Tech

    Harga

    Ini menjadi pembanding pertama di antara kedua produk ini. Model Renault Megane E-Tech hadir dengan harga Rp1,375 miliar on the road DKI Jakarta. Model yang didatangkan utuh dari Inggris ini menjadi produk CBU Prestige dengan tawaran layanan purna jual kendaraan premium. Sebut saja layanan darurat 24 jam, gratis biaya servis selama dua tahun dan layanan towing gratis.

    Kia EV6 ditawarkan dengan banderol Rp1,299 on the road DKI Jakarta. Terdapat garansi 5 tahun atau 150 ribu kilometer, garansi khusus baterai selama 8 tahun atau 160 ribu kilometer, mana yang tercapai lebih dulu.

    Performa

    Beranjak ke sisi performa. Megane E-Tech menggendong baterai lithium ion dengan kapasitas 60 kWh. Baterai ini mampu membawa konsumen berpergian sejauh 450 kilometer.

    Motornya menggunakan tipe synchronous motor yang menghasilkan tenaga puncak 220 hp dan torsi sekitar 300 Nm dan disalurkan ke roda depan dengan transmisi single gear ratio speed reducer. Tenaga ini mampu membawa Megane E-Tech dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu 7,5 detik.

    review Kia EV6 GT-Line

    Pada Kia EV6 GT Line, baterainya menggunakan tipe liquid cooled lithium ion dengan kapasitas 77,4 kWh. Baterai ini mampu membawa konsumen berpergian sejauh 506 kilometer.

    Motor dengan tipe permanent magnet synchronous menghasilkan tenaga maksimal 320 hp dan torsi 605 Nm yang disalurkan ke penggerak All Wheel Drive. Kemampuan dari diam hingga 100 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 5,2 detik. Terlihat jelas, EV6 di sektor ini lebih superior dibanding Megane E-Tech.

    Baca juga: First Drive Kia EV6 GT-Line: Saudara Hyundai Ioniq 5 dalam Perspektif Berbeda

    Waktu Pengisian Daya

    Ini salah satu pertimbangan penting dalam kepemilikan kendaraan listrik. Megane E-Tech punya kemampuan pengisian daya AC adaptive single phase mulai dari 1 kW sampai 22 kW dan DC hingga 130 kW.

    Renault Megane E-Tech

    Penggunaan rapid charging dengan kapasitas 130 kW DC dari daya baterai 15 persen hingga 80 persen membutuhkan waktu 30 menit. Pada pengisian SPKLU 22 kW dengan tipa 32 A tiga fase, dari 0 sampai 100 persen kondisi baterai membutuhkan waktu 3 jam 15 menit.

    Listrik rumahan juga bisa digunakan untuk pengisian daya Megane E-Tech. Pada arus 2,3 kW, 3,7 kW dan 7,4 kW, pengisian dari 0 sampai 100 persen secara berurutan membutuhkan waktu 30 jam, 18 jam dan 9 jam. Ini membuat pengisian saat di rumah bisa dilakukan dengan daya minimal sembari beristirahat.

    Kia EV6 menawarkan kemampuan yang hampir serupa. Pada pengisian daya DC fast charging dengan kapasitas 50 kW dan 350 kW, pengisian dari 10 sampai 80 persen bisa dilakukan dalam waktu 1 jam 13 menit dan 18 menit. Pada arus listrik AC rumahan, menggunakan wall box berdaya 11 kW membutuhkan waktu sekitar 7 jam.

    Renault Megane E-Tech

    Fitur

    Kedua kendaraan listrik ini memiliki beragam fitur, utamanya untuk keselamatan. Megane E_tech menghadirkan 22 fitur ADAS yang bisa digunakan sepanjang perjalanan. Beberapa diantaranya adalah adaptive cruise control, speed limeter, safe following distance warning, emergency lane keeping assist, blind spot warning, automatic emergency braking, traffic sign recognition, adaptive vision LED juga active driver assist.

    Selain itu masih ada beberapa fitur keselamatan lain, seperti hill start assist, airbags di depan dan di samping, hill start assist dan kamera 360 derajat. Masih ada fitur seperti layar meter cluster 12,3 inci, head unit 9 inci, sound system dengan 9 speaker dari Harman Kardon, serta sambungan telepon genggam baik untuk Android maupun Apple.

    Kia EV6 juga tidak mau kalah. Terdapat airbag 7 buah untuk pengemudi dan penumpang depan, remote smart parking assist, serta ADAS yang terdiri dari rear cross traffic collision avoidance assist, forward collision avoidance assist, smart cruise control, lane keeping assist, lane following assist, blind spot collision avoidance assist, blind spot view monitor, dan manual speed limit assist.

    review Kia EV6 GT-Line

    Beberapa fitur lainnya adalah kehadiran sunroof berukuran besar, smart tailgate, kemampuan vehicle 2 load, serta sound sytem dari Meridiand engan 14 buah speaker. Masih ada layar head unit 12,3 inci TFT dengan sambungan Apple Carplay dan Android Auto, meter cluster 12,3 TFT, serta sentuhan bahan kulit suede untuk kesan premium.

    Dimensi dan Desain

    Bicara desain, masuk pada ranah subyektif. Namun kedua model ini memberikan pendekatan berbeda. Misal Renault Megane E-Tech. Desainnya menyerupai Megane konvensional yang sudah lama dikenal luas, kalem dengan garis aerodinamis halus, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menerima pendekatan desain Renault. Berbeda dengan Kia EV6. Lekukannya tajam dengan garis desain eksplosif, menunjukkan produk masa depan yang dibangun dari basis yang sama dengan Ioniq 5.

    Perbandingan yang terukur bisa dilihat dari bahasan berikut. Pada Megane E-Tech peleknya sudah menggunakan ukuran 20 inci enos alloy wheel. Soal dimensi, Megane listrik ini menawarkan panjang keseluruhan 4.200 mm, lebar 1.768 mm, dan tinggi 1.505 mm. Jarak sumbu rodanya sejauh 2.685 mm dengan volume bagasi belakang mulai 440 liter hingga maksimal 1.332 liter.

    Renault Megane E-Tech

    Tawaran warna bodinya cukup beragam. Ada glacier white, ceramic grey, shadow grey, midnight blue, flame red dan diamond black.

    Beralih ke EV6. Kaki-kakinya menggunakan pelek 20 inci alloy dengan ban 255/45 R20. Soal dimensi, panjangnya 4.695 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.550 mm serta jarak sumbu rodanya 2.900 mm. Pilihan warnanya ada lima yakni aurora black pearl, moonscape, yacht blue, snow white pearl dan runway red.

    Simpulan

    Kedua produk kendaraan listrik ini menjadi pilihan menarik untuk konsumen yang memiliki dana tak terbatas untuk bisa merasakan teknologi EV terbaru. Paling disayangkan memang keduanya tidak termasuk dalam produk yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun ini tentu bukan hal yang dirisaukan calon konsumen kedua produk.

    review Kia EV6 GT-Line

    Kini pilihan tergantung pada selera dan desain. Kedua produk ini menarik untuk dimiliki dengan spesifikasi yang ditawarkan.

    (STA/TOM)

    Baca juga: KIA Mulai Serahkan Unit EV6 ke Konsumen

    Setyo Adi Nugroho

    Setyo Adi Nugroho

    Pemuda asal Yogyakarta yang gemar fotografi dan dunia otomotif. Adi, begitu ia disapa, sudah cukup lama berkecimpung di jurnalisme. Khususnya otomotif. Salah satu poin paling menarik dari dirinya, sang bapak mengoleksi motor Honda Supra. Berlanjut sampai dirinya yang tetap setia menggunakan moped atau motor bebek Honda Supra di tengah terpaan gelombang skutik.

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Kia

    • Kia Sonet
      Kia Sonet
    • Kia Seltos
      Kia Seltos
    • Kia K2700
      Kia K2700
    • Kia Carens
      Kia Carens
    • Kia Grand Carnival
      Kia Grand Carnival
    • Kia EV9
      Kia EV9
    • Kia EV6
      Kia EV6
    Harga Mobil Kia

    Promo Kia EV6, DP & Cicilan

    • EV6 GT Line DP Rp 194,85 Juta Angsuran Rp 27,42 Juta x 60 Bulan Rp 1,3 Milyar OTR Lihat Promo

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Mobil Kia EV6 Terbaru di Oto

    Oto
    • Kia EV6 GT line: Ketika Mobil Listrik Dikasih Nyawa Sportscar
      Kia EV6 GT line: Ketika Mobil Listrik Dikasih Nyawa Sportscar
      30 Jan, 2024 .
    Tonton Video Mobil Kia EV6

    Bandingkan & Rekomendasi

    Kia EV6
    Kia EV6
    Rp 1,299 Milyar
    Tulis Review Harga Kia EV6
    Audi Q5
    Audi Q5
    Rp 1,311 Milyar
    Tulis Review Harga Audi Q5
    Mercedes Benz GLB-Class
    Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
    Rp 875,5 Juta
    Tulis Review Harga Palisade
    Toyota bZ4X
    Toyota bZ4X
    Rp 1,19 Milyar
    Harga Toyota bZ4X
    Tenaga 321
    245
    163
    197
    201
    Tempat Duduk 5
    5
    7
    7
    5
    Kapasitas Baterai 77.4 kWh
    -
    -
    -
    71.4 kWh
    Jenis Transmisi Otomatis
    Otomatis
    Otomatis
    Otomatis
    Otomatis
    Mesin -
    1984
    1332
    2199
    -
    Bandingkan Sekarang

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang
    • VinFast VF 6
      VinFast VF 6
      Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • VinFast VF 7
      VinFast VF 7
      Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • MG 3
      MG 3
      Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Mercedes Benz EQE SUV
      Mercedes Benz EQE SUV
      Rp 1,222 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Neta U
      Neta U
      Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Haval Jolion
      Haval Jolion
      Rp 442,21 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Mobil SUV Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Kia EV6 dari Carvaganza

    • Kia EV6 Dapat Update Tampilan, Baterai Bisa Tempuh Jarak Lebih Jauh
      Kia EV6 Dapat Update Tampilan, Baterai Bisa Tempuh Jarak Lebih Jauh
      Anjar Leksana, 17 Mei, 2024
    • Test Drive:  Kia EV6 GT-Line, Enak Diajak Bermanuver dan Padat Tenaga
      Test Drive: Kia EV6 GT-Line, Enak Diajak Bermanuver dan Padat Tenaga
      Alvando Noya, 17 Nov, 2023
    • Kia EV6 Raih Best Electric Car Dari Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
      Kia EV6 Raih Best Electric Car Dari Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
      Tomi Tomi, 14 Okt, 2023
    • GIIAS 2023: Kia EV6 GT Tawarkan Bukan Cuma Gaya, Tapi Performa Sebanding Supercar
      GIIAS 2023: Kia EV6 GT Tawarkan Bukan Cuma Gaya, Tapi Performa Sebanding Supercar
      Bangkit Jaya, 17 Agu, 2023
    • FIRST DRIVE: Kia EV6 GT-Line, Bukan Cuma Ekstra Harga Dibanding Ioniq 5
      FIRST DRIVE: Kia EV6 GT-Line, Bukan Cuma Ekstra Harga Dibanding Ioniq 5
      Wahyu Hariantono, 16 Mar, 2023

    Artikel Mobil Kia EV6 dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Kia EV6 GT Menawarkan Performa bak Supercar, Harganya Rp1,699 Miliar
      Kia EV6 GT Menawarkan Performa bak Supercar, Harganya Rp1,699 Miliar
      Bangkit Jaya Putra, 18 Agu, 2023
    • Perbandingan Kekuatan Motor Kia EV6 GT-Line Lawan Toyota bZ4X
      Perbandingan Kekuatan Motor Kia EV6 GT-Line Lawan Toyota bZ4X
      Anjar Leksana, 06 Des, 2022
    • First Drive Kia EV6 GT-Line: Lebih Mumpuni Dibandingkan Ioniq 5
      First Drive Kia EV6 GT-Line: Lebih Mumpuni Dibandingkan Ioniq 5
      Wahyu Hariantono, 20 Mar, 2023

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*