Ini Detail Spesifikasi All New Mazda CX-9

Ini Detail Spesifikasi All New Mazda CX-9
Gambar
Review Pengguna

Mazda CX-9, varian flagship dari seluruh lineup Mazda. Sudah beredar sejak 2006 (di Indonesia 2009), lalu facelift di 2010 dan 2013 dengan memasukkan sedikit desain KODO di wajahnya. Tapi CX-9 tergolong paling belakangan yang menerima transformasi ke generasi Skyactiv. Generasi kedua pertama kali diperkenalkan di Los Angeles Auto Show 2015 dan mulai dipasarkan setahun kemudian di Amerika Serikat. Perubahan yang terjadi begitu total, mulai dari sasis, bodi, mesin dan transmisi sudah mengimplementasi teknologi Skyactiv.

Grill mazda cx-9

Desainnya pun semakin kental KODO Design. Rancangan yang menganut filosofi ‘Soul of Motion’, menambah kemiripan dengan model-model Mazda lainnya. Jika tidak teliti, mudah tertukar dengan CX-5. Tapi mudah dikenali dari grille berisi bilah krom dan dimensi lebih bongsor secara keseluruhan. Lampu utama dan lampu belakang sudah jenis LED plus auto leveling. Daytime Running Lamp (DRL) dan signature lamp semuanya berada dalam satu kesatuan dengan head lamp. Sisi samping masih menyisakan sedikit ciri Mazda CX-9 terdahulu. Posturnya sangat pas berkat pelek ukuran 20-inci. Beranjak ke belakang, baru terlihat lagi desain KODO Premium dengan lampu pipih yang disatukan dengan garnish krom.

MAzda CX-9 diluncurkan di Jakarta

Panjang bodi 5.075 mm tetap sama seperti generasi terdahulu. Lebar bertambah 34 mm menjadi 1.969 mm dan tinggi jadi 1.747 mm. Ground clearance 220 mm tersamarkan desain bodi yang stream line. Konfigurasi tempat duduk masih 7-seater, meski baris ketiga kurang luas untuk penumpang berpostur besar. Ini menjadi keunggulan bersaing yang dimiliki CX-9, mengisi celah SUV premium 7-seater dengan harga di bawah Rp 800 juta.

Mesin Skyactiv G

Jantung pacu yang bersemayam, merupakan mesin Skyactiv-G pertama dengan turbocharger. Konfigurasi menyusut dari sebelumnya V6 menjadi 4-silinder, dan kapasitas turun ke 2,5-liter. Walaupun lebih kecil, tetap mampu menghasilkan tenaga sebesar 228 hp (231 PS) dan torsi 420 Nm. Dayanya lebih kecil dari mesin V6 sebesar 274 hp, namun torsi melonjak tajam dari 366 Nm.

interior Mazda CX-9 2018

Tidak seperti CX-9 lama yang berpenggerak semua roda (AWD), EMI hanya memasukkan varian penggerak roda depan saja (FWD). Penyalur tenaganya transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6-speed. Klaim akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,2 detik dan kecepatan puncak 210 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya juga diklaim tergolong irit, 10,75 km/liter untuk rute kombinasi.

Terobosan yang diciptakan pada mesin turbo Skyactiv ada pada Dynamic Pressure Turbo dan konfigurasi exhaust manifold 4-3-1. Maksud dari teknologi ini tak lain, menimalisir gejala turbo lag dan penyaluran tenaga lebih linier. Ada lagi sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang tugasnya membantu mengurangi suhu pembakaran, sehingga rasio bahan bakar dan udara (AFR) selalu ideal. Hasilnya berpengaruh pada efisiensi bahan bakar.

Bagian pengendalian ditopang Skyactiv-Body bermaterialkan ringan. Serta Skyactiv-Chassis yang berisi suspensi MacPherson Strut di depan dan Mulit-link di belakang. Ditambah lagi G-Vectoring Control yang termasuk dalam pengembangan terbaru, Skyactiv-Vehicle Dynamics. Mesin berperan dalam meningkatkan pengendalian dengan mengkalkulasi ulang torsi sembari bekerjasama dengan sistem kemudi. Tenaga mesin dikurangi saat kemudi berbelok. Sehingga tidak terjadi gejala torque steer atau koreksi setir, dan membuat respons ketika keluar tikungan lebih cepat tanpa perlu menginjak pedal gas lebih dalam. Alhasil, membuat pengendalian lebih konsisten dan akurat. Sistem ini juga sudah dipakai di CX-5 generasi terbaru.

Soal fitur keselamatan tak perlu diragukan lagi. Teknologi i-ACTIVESENSE merupakan sistem keselamatan aktif yang berperan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan mengurangi cedera fatal bila insiden tak bisa dihindari. Fiturnya ada banyak, termasuk Adaptive LED Headlamp (ALH), Lane Departure Warning System (LDWS), Blind Spot Monitoring (BSM), Lane-keep Assist system (LAS), Smart City Brake Support (SCBS) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menawarkan CX-9 dalam pilihan 4 warna : Soul Red, Machine Grey, Snowflake White Pearl dan Jet Black. Pembeli juga diberi pilihan warna kulit interior antara hitam atau silk beige. Harga ditawarkan sebesar Rp 798,8 juta (OTR Jabodetabek). Khusus warna Soul Red, harus merogoh kocek lagi Rp 4 juta.

Baca Juga: Mazda CX-9 2018 resmi meluncur

Foto: Edi Weente

Jelajahi Mazda CX 9

Mazda CX 9 Rp 849,9 - Rp 954,9 Juta Cicilan : Rp 19,39 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store