New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Siapa Lebih Memikat?

New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Siapa Lebih Memikat?

 

KEY TAKEAWAYS

  • Pilihan SUV premium non-Eropa, ada Hyundai Palisade dan Mazda CX-9

    Keduanya punya keunggulan masing-masing. Tinggal sesuaikan keinginan dan kebutuhan, mau mesin diesel atau bensin
  • Cukup banyak melihat Hyundai Palisade berseliweran di jalanan. Ia punya seabrek kelebihan yang mampu memikat konsumen strata atas. Sepanjang Januari sampai Juni 2022, Palisade masuk dalam daftar kendaraan impor terlaris dengan catatan 1.138 unit.

    Bicara soal rival, New Palisade berada di kelas yang cukup niche. Soal mesin, Palisade berada di kelas yang sama dengan Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner. Meski Hyundai sudah mengungkapkan kedua rival tersebut lebih cocok dipertemukan dengan Santa Fe. Bila melihat harga, Palisade berada di area Mazda CX-8 dan CX-9.

    Lantas mana yang paling tepat disebut rival Palisade? Oto.com coba membahas pertarungan Hyundai Palisade dengan Mazda CX-9. Sebab keduanya merupakan SUV monokok tiga baris dengan harga yang berada dalam satu level.

     

    Harga

    Hyundai Palisade 2022

    Bahasan pertama langsung soal harga sebagai salah satu pertimbangan pilihan konsumen. Palisade ditawarkan dalam tiga varian. Prime dengan banderol Rp842 juta, Signature 4x2 Rp977 juta dan terakhir Signature AWD dengan banderol Rp1,1 miliar.

    Mazda CX-9 juga ditawarkan dalam tiga varian. Pertama varian FWD dengan banderol Rp887,7 juta, Kuro Edition Rp889,9 juta dan terakhir ada varian AWD seharga Rp958,8 juta. Semuanya berstatus on the road DKI Jakarta.

     

    Performa Mesin

    Mazda CX-9 AWD

    Berikutnya bahasan mengenai tenaga mesin yang ditawarkan masing-masing model. Palisade hadir dengan mesin 2.2L CRDi 4 silinder diesel dengan e-VGT. Mesin ini menghasilkan tenaga 200 ps pada 3.800 rpm dan torsi 440 Nm pada 1.750 sampai 2.750 rpm. Transmisinya 8 percepatan dengan teknologi shift by wire dimana pengemudi hanya menekan tombol untuk memindahkan gigi tanpa tuas seperti pada umumnya.

    Mazda CX-9 bensin 2.5L Turbo 4 silinder DOHC. Mesin ini menghasilkan tenaga 231 ps di 5.000 rpm dan torsi maksimal 420 Nm di 2.000 rpm. Transmisinya otomatis enam percepatan.

    Baca Juga: Toyota Corolla Cross vs Mazda CX-30, Pilih yang Ekonomis atau Canggih?

     

    Dimensi dan Desain Eksterior

    Hyundai Palisade 2022

    Keduanya menawarkan pendekatan berbeda dari segi ukuran. Palisade memiliki panjang 4.995 mm, lebar 1.975 mm dan tinggi 1.750 mm dengan panjang sumbu roda 2.900 mm. Ground clearance setinggi 203 mm. Di Palisade terbaru, perbedaan terlihat dari bagian fasad. Pakai Desain grille parametric shield dengan parametric hidden type DRL seperti Creta. Lampu seperti menghilang saat kendaraan tidak digunakan. 

    Mazda CX-9 punya dimensi panjang 5.075 mm, lebar 1.969 mm, dan tinggi 1.747 mm serta panjang sumbu roda 2.939 mm. Jarak pijak ke tanah setinggi 220 mm. Membawa desai Kodo khas Mazda. Lekukan garisnya meski tidak terlihat tegas tetap memberikan kesan atletis dan tangguh. Grille dengan bilah krom terlihat menyatu dengan headlamp desain meruncing berteknologi LED serta DRL. Bagian belakangnya cukup tegas dengan penggunaan stoplamp kombinasi juga berteknologi LED. Kaki-kakinya hadir dengan pelek berukuran 20 inci yang mempertegas sosok SUV tersebut.

     

    Fitur dan Kenyamanan

    Peluncuran Mazda CX-9

    Kedua SUV ini menawarkan pengalaman berkendara SUV yang nyaman, utamanya dari beberapa fitur yang ditawarkan. Palisade kenyamanan hadir dari head unit 12,3 inci TFT touch display audio yang tersambung dengan sistem audio Infinity Premium 12 speaker. Terbaru Palisade menawarkan sambungan layanan Bluelink yang menghubungkan mobil dengan telepon genggam pengemudi.

    Pengalaman berkendara nyaman untuk penumpang berupa fitur rear seat passenger talk mode, Terdapat mikrofon khusus pengemudi untuk berkomunikasi dengan penumpang. Tambahan kenyamanan hadir dari USB charging sebanyak enam port di seluruh kabin, dual sunroof untuk varian teratas, wireless smartphone charger, ventilated seat dan heated seat untuk kenyamanan seluruh penumpang.

    Seperti Creta dan produk Hyundai lainnya, kini Palisade terbaru dilengkapi fitur Hyundai SmartSense. Fitur ini terdiri dari beberapa fungsi seperti forward collision avoidance assist, lane keeping & lane following assist, blind spot collision-avoidance warning, driver attention warning serta rear cross traffic collision avoidance assist. Semuanya membantu pengemudi berkendara aman sepanjang perjalanan.

    Kemudian dari sisi fitur keamanan, Palisade dilengkapi teknologi terkini. Fitur tersebut antara lain high beam assist, safe exit assist, blind spot view monitor dan surround view monitor untuk pengawasan terhadap lingkungan sekitar kendaraan. Masih ada rear view monitor dengan dynamic guideline, manual speed limit assist, smart cruise control with stop and go serta parking distance warning reverse with switch forward/reverse.

    Beranjak ke Mazda CX-9. Kesan pertama di interiornya cukup mewah berkat penggunaan bahan kulit di seluruh bagian. Pada lingkar kemudi hadir tombol pengaturan audio dan fitur cruise control juga berbalut kulit. Head unitnya berukuran 9 inci yang diatur lewat commander control di konsol tengah serta fitur sambungan telepon genggam Mazda Connect. Sisi hiburan hadir 12 speaker audio system dari Bose serta sambungan Aux dan USB port. Masih ada wireless charging phone, Head up display, dual zone AC di depan dan belakang, serta ventilasi udara di pada jok.

    Fitur keselamatannya hadir dengan airbags di depan, samping dan tirai, side impact door beam, collapsible steering shaft, serta struktur Skyactiv-Body. Standar keselamatan hadir dari pengereman ABS EBD dan BA, dynamic stability control dan traction control system. Masih ada hill launch assist, emergency stop signal, G-vectoring control, sensor parkir depan dan belakang serta kamera 360 derajat.

    CX-9 juga mendapatkan fitur i-Activsense. Fitur ini terdiri dari adaptive LED Headlight, blind spot monitoring dan rear cross traffic alert. Fitur lainnya terdiri dari lane departure warning system, lane keep assist system, smart city brake support maju maupun mundur. Mazda juga memberikan fitur pedestrian brake serta driver attention alert untuk kenyamanan.

     

    Simpulan

    Hyundai Palisade 2022

    Kedua SUV besar ini punya keunggulan di masing-masing sektor. Jika penggemar mesin diesel sudah pasti pilihannya adalah Palisade namun mesin bensin CX-9 juga tidak kalah memberikan asupan tenaga untuk berkendara dalam maupun luar kota.

    Calon konsumen tinggal membandingkan dari ketersediaan dana. Palisade dan CX-9 ada di rentang harga Rp800 jutaan. Selain itu perhatikan juga tawaran purna jual yang diberikan oleh masing-masing merek yang akan menjadi penilaian tambahan terkait kepemilikan kendaraan di waktu yang lebih lama. (STA/ODI)

     

    Baca Juga: Rivalitas SUV Ladder Frame 4x2, Pilih Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner?

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Hyundai Palisade vs Mazda CX 9

    Hyundai Palisade
    • Rp 842 Juta - 1,11 Milyar
    Mazda CX 9
    • Rp 887,7 - 958,8 Juta
    Palisade vs CX 9

    Model Mobil Hyundai

    • Hyundai Stargazer
      Hyundai Stargazer
    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
    • Hyundai Palisade
      Hyundai Palisade
    • Hyundai Ioniq
      Hyundai Ioniq
    • Hyundai Santa Fe
      Hyundai Santa Fe
    • Hyundai Ioniq 5
      Hyundai Ioniq 5
    • Hyundai Staria
      Hyundai Staria
    • Hyundai Kona Electric
      Hyundai Kona Electric
    Mobil Hyundai

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Hyundai Palisade Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Hyundai Palisade

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Mobil Hyundai Palisade dari Carvaganza