• Wishlist

Honda Civic Type R Diremajakan, Kini Punya Honda Sensing

Honda Civic Type R Diremajakan, Kini Punya Honda Sensing

Mobil sport ikonik Civic Type R disegarkan Honda. Debut di palagan Tokyo Auto Salon di Jepang, wujudnya diubah dengan penyematan perangkat aero. Ubahan ini mengikuti update pada Civic standar dan Si yang sudah lebih dulu diberikan manufaktur. Yang berarti, paket penjamin keselamatan Honda Sensing turut disematkan.


Ubahan minor pada eksterior dan interior Honda Civic Type R


Perubahan yang diberikan memang tak signifikan, tapi Civic Type R 2020 kini terlihat lebih ramping dari model terdahulu. Ia menganut grille yang sedikit lebih besar. Hal ini membuat proses pendinginan mesin lebih baik. Selain itu, aerodinamika pun meningkat. Masih disuguhkan dengan kelir baru dan eksklusif untuk Type R, yakni Boost Blue.


Facelift ini juga mendapat penyempurnaan mekanis. Sistem pengereman misalnya, Honda memasang dua unit rotor, beserta kampas barunya. Ini akan mereduksi kemungkinan berkurangnya efektivitas pengereman, sekaligus memantapkan penghelaan laju saat kecepatan tinggi.


Sistem peredaman juga dioptimalkan. Suspensi dimodifikasi dengan damper baru untuk memastikan kenyamanan berkendara di kecepatan normal semakin terjaga. Teknisi Honda turut membenamkan bushing belakang yang baru dikembangkan. Ini lebih kaku dari model sebelumnya, guna meningkatkan cengkeraman ke jalan. Sementara suspensi di depan juga diotak-atik agar menghasilkan pengendalian lebih total.


Area kabin tak luput dari penyegaran. Hatchback ini punya setir anyar yang dibungkus material Alcantara. Ia dipadukan tuas transmisi berdesain berbeda dan jalur bergerak lebih pendek. Begitu pula fitur keamanan dan keselamatan. Honda Sensing diaplikasi sebagai perangkat standar. Pertama kalinya Honda Sensing diterapkan pada model Civic.


Civic Type R 2020 Boost Blue


Tentu bakal meningkatkan keselamatan di jalan raya. Tapi akan sia-sia untuk pemakaian dalam sirkuit. Sebut saja Collision Mitigation Braking System (CMBS), yang berfungsi mengaktifkan pengereman ketika sistem mendeteksi adanya potensi kecelakaan. Kemudian Road Departure Mitigation System (RDM) yang mampu mengendalikan kemudi atau rem saat arah laju kendaraan keluar lajur tanpa lampu sein aktif. Kehadiran Civic Type R 2020 juga menjadi debut teknologi Active Sound Control, yang berfungsi mengubah suara dalam kabin sesuai mode berkendara yang dipilih.


Di balik kap masih tertanam mesin bensin berkubikasi 2,0 liter yang disokong turbocharger. Tak ada perubahan di sini. Konfigurasi menghasilkan tenaga puncak 306 hp dan momen puntir 400 Nm. Seluruh daya dorong itu disalurkan dari mesin ke sistem penggerak roda depan, melalui transmisi manual 6-speed. Ini masih ditunjang limited-slip differential. Sama seperti yang lama, pengguna bisa memilih tiga opsi mode berkendara: Comfort, Sport dan +R. Masing-masing memiliki performa yang berbeda, baik akselerasi, respon kemudi, termasuk kekakuan suspensi. (Hfd/Tom)


Sumber: Motor1


Baca Juga: Prestasi Gemilang, Brio Jadi Mobil Terlaris Honda 2019

Jelajahi Honda Civic Type R

Bandingkan & Rekomendasi