Harga Dasar MPV LCGC Daihatsu Mulai Rp 79 Juta!

Harga Dasar MPV LCGC Daihatsu Mulai Rp 79 Juta!

Update: PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pada 2/8 resmi memperkenalkan Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra di pabrik Daihatsu, Karawang, Jawa Barat. Dua model ini akan mulai dijual pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Kedua Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini merupakan model yang masuk dalam segmen LCGC.

Jakarta: Nampaknya persiapan peluncuran MPV LCGC hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu yang akan dinamai Toyota Calya dan diprediksi bernama Daihatsu Sigra sudah semakin dekat. Setelah kami berhasil menggali informasi dari pihak dealer Toyota, dan menelusuri jejaknya di situs Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian, kali ini informasi bertambah dengan munculnya harga dasar dari MPV LCGC Daihatsu tersebut di website resmi Aplikasi Online Pelayanan SAMSAT POLDA METRO JAYA.

Dalam website tersebut dipaparkan harga Daihatsu berkode B400RS dan B401RS di banderol mulai Rp 79 juta hingga Rp 106 juta. Kami prediksikan harga tersebut off the road setelah melihat harga Luxio D MT di laman yang sama. Harga Luxio tipe tersebut hanya Rp 127 juta, sedangkan di website resmi Daihatsu Indonesia, harganya Rp 172 juta (On The Road Jakarta).

Daihatsu Sigra NJKB

 

Website tersebut merupakan laman resmi milik Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta sebagai sarana bagi masyarakat dan aparat untuk mengetahui harga dasar dari mobil, besaran pajak, hingga tanggal jatuh tempo dari pembayaran pajak sebuah mobil. Harga ini tentu belum termasuk bea balik nama, pajak kendaraan bermotor, dan pengurusan STNK serta TNKB seperti yang dikenakan pada harga On The Road.

Jika merujuk pada harga tersebut, maka jelas sudah status MPV baru Daihatsu ini benar-benar akan menjadi LCGC (Low Cost Green Car) dengan harga tertinggi Rp 95 juta. Pasalnya tipe terendahnya saja, masih di bawah nilai yang ditetapkan pemerintah. Sebelumnya, kami sempat mendapatkan informasi serupa mengenai harga Toyota Calya. Informasi yang kami dapatkan langsung dari sumber kami di salah satu dealer Toyota menyebutkan bahwa harga Calya akan dipatok tak lebih dari Rp 150 juta.

Tipe dan Mesin

Pada berita sebelumnya juga, kami telah menampilkan gambaran sosok Toyota Calya nantinya berdasarkan hasil prediksi rekan kami. Kali ini, kami juga mendapatkan bocoran tentang varian yang akan dilenggangkan nanti. Rencananya akan ada dua trim, yakni G sebagai trim tertinggi dan E sebagai trim entry level. Kedua varian ini disebutkan akan dilengkapi dengan transmisi manual dan otomatis. Jika melihat gaya Toyota dalam mengedarkan LCGC, sepertinya transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed yang akan disandingkan dengan mesin 1.2 liter.

Nah, uniknya dari pemaparan yang ada di laman SAMSAT ONLINE, produk Daihatsu dengan kode B40xRS memiliki variasi tipe yang berbeda. Yakni 1.0 M MT, 1.0 D MT, 1.2 X MT, 1.2 R MT, 1.2 X AT, dan 1.2 R AT. Ya, pembagian tipenya mirip dengan milik Daihatsu Xenia, mulai dari D dan berujung paling tinggi di R. Bahkan mobil yang diduga bernama Sigra tersebut mempunyai mesin 1.0 L selain mesin 1.2 L.

Prediksi kami, mesin 1.0 L tersebut akan menggunakan unit yang sama dengan milik Astra Daihatsu Ayla, yaitu unit mesin 3-silinder DOHC tanpa katup variabel dengan output tenaga 68 PS. Transmisi manual 5-percepatan sama seperti milik Ayla juga disebut sebagai sandingan untuk mesin 1.0 liter tersebut. Sedangkan transmisi otomatis tersedia untuk mesin baik itu 1.0 liter maupun 1.2 liter.

Sedangkan sumber kami menyebutkan mesin Calya memiliki kapasitas 1.2 liter. Dari jejak yang kami telusuri di TPT-Online milik Kementrian Perindustrian dan Perdagangan pun, mobil yang diduga Toyota Calya dengan kode B401 RA hanya tersedia dengan mesin 1.2 liter.

Melihat kondisi ini, sepertinya persaingan pasar LCGC akan makin keras. Karena di segmen LCGC 7-Seater sebelumnya hanya dihuni oleh Datsun GO+ Panca saja, di mana Nissan Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) Datsun menuai berkah terbesarnya. Dengan branding dan jaringan Toyota-Daihatsu, format LCGC 7-Seater kakak Agya-Ayla dan adik Avanza-Xenia ini tentu akan mempunyai modal kuat untuk berlaga di pasar kelas ini.

Baca Juga: Ini dia masa depan MPV keluarga Toyota di Indonesia

Sumber foto: SAMSAT POLDA METRO JAYA, indonesiaautosblog, TPT-Online

Jelajahi Daihatsu Sigra

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Daihatsu Sigra Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Daihatsu Sigra

Tren MPV

  • Yang Akan Datang