• Wishlist

Masa Depan MPV Keluarga Toyota di Indonesia

Masa Depan MPV Keluarga Toyota di Indonesia

Setelah mendapatkan bocoran mengenai rencana ditampilkannya MPV baru Toyota di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 (GIIAS 2016) mendatang, hal ini menjadi gambaran besar seperti apa masa depan jajaran keluarga MPV Toyota di Indonesia. Semakin kokohnya Toyota Avanza sebagai mobil paling laris di Tanah Air serta semakin mewahnya mobil keluarga legendaris Toyota Kijang Innova, menyisakan banyak ruang di pasar kelas MPV yang masih menjadi kelas paling populer di Indonesia.


Salah satu hal yang dipilih PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk melengkapi ruang-ruang kosong tersebut antara lain adalah dengan meluncurkan Toyota Sienta di ajang Indonesia International Motor Show 2016 (IIMS 2016). Meski belum resmi diumumkan, namun banderol harga Sienta yang ditawarkan berada di antara rentang harga Avanza dan Kijang Innova. Dan kabar paling baru yang didapatkan, Toyota dan Daihatsu saat ini tengah mempersiapkan satu varian MPV baru yang kelasnya berada di bawah keluarga Avanza. Kira-kira akan seperti apa masa depan jajaran MPV keluarga Toyota di masa yang akan datang? Di bawah ini kami paparkan pilihan MPV Toyota yang layak Anda tunggu dalam tahun ini juga.


Toyota Agya MPV (Rp 135 juta – Rp 180 juta)*


Daihatsu UFC3 cikal bakal MPV baru Toyota


Dalam laman status Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian (TPT Online), PT Astra Daihatsu Motor mendaftarkan satu nama Toyota B410RA-GMQFJ pada tanggal 11 April 2016 lalu. Informasi yang kami ketahui, kode GMQFJ merupakan kode untuk varian Daihatsu Ayla atau Toyota Agya. Jika benar bahwa ini merupakan model MPV baru yang akan diperkenalkan oleh Toyota dan Daihatsu di pasar MPV Indonesia, maka dapat dipastikan jika basisnya merupakan model LCGC tersebut. Hal inilah yang membuat kami menuliskan nama model baru ini sebagai Agya MPV untuk mempermudah penyebutannya.


Selain itu, karena didaftarkan oleh Daihatsu, maka dapat dipastikan pula bahwa mobil baru ini akan menjadi proyek mobil kembar keempat yang dimiliki kedua merek Jepang ini. Apalagi, Daihatsu sendiri telah menampilkan mobil konsep Ultra Funcion Concept (UFC) di ajang pameran mobil Tanah Air sejak 2012 lalu. Yang paling akhir, konsep UFC 3 ditampilkan pada ajang IIMS 2014 lalu dan sudah tampil begitu dekat dengan mobil yang layak untuk diproduksi.


Soal jantung pacu yang ada di balik kap mesinnya, masih dari laman TPT Online, Daihatsu sendiri mendaftarkan model Daihatsu B401RS-GMQFJ 1.2 yang mengindikasikan penggunaan mesin 1,2 liter pada model baru ini. Toyota sendiri memiliki satu pilihan mesin 1,2 liter yang digunakan pada Toyota Etios, 3NR-FE, dan berteknologi Dual VVT-i. Berita baiknya, pabrik mesin baru Toyota Plant 3 milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, telah beroperasi dan memproduksi mesin keluarga NR, sehingga hal ini semakin menguatkan telah siapnya model baru ini diproduksi di Indonesia.


Soal harga, kami memprediksikan MPV baru ini akan berada di kisaran Rp 135 juta hingga Rp 180 juta. Hal ini berdasarkan fakta bahwa varian Agya termahal (TRD A/T) mendapatkan banderol harga Rp 136,66 juta (on the road Jakarta) sementara Grand New Avanza termurah yaitu 1.3 E M/T berbanderol Rp 181,7 juta (on the road Jakarta). Jika prediksi harga ini benar, maka kehadiran MPV baru ini dapat menggoyang kelas city car yang saat ini popularitasnya semakin menurun.


Note: *=prediksi


Toyota Grand New Avanza & Grand New Veloz (Rp 181,7 juta – Rp 230,5 juta)


Grand New Veloz keluarga Avanza termahal


Mobil yang menjadi penerus kesuksesan MPV keluarga Toyota, Kijang ini hadir pertama kali tahun 2003 dan langsung menjadi pilihan favorit keluarga Indonesia. Pada tahun 2011, Avanza generasi kedua lahir dan terus mempertahankan gelar sebagai mobil paling laris di Tanah Air. Di generasi kedua ini, terlahir juga varian baru yaitu Avanza Veloz yang merupakan varian termewah Avanza. Avanza ditawarkan dengan dua pilihan mesin yaitu 1,3 liter dan 1,5 liter berteknologi VVT-i dan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.


Pada bulan Agustus 2015, Toyota menyegarkan tampilan mobil terlarisnya ini dengan beberapa perubahan di bagian eksterior serta penggantian mesin baru, mereka menamainya dengan Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Bagian fascia depan Avanza kini memiliki desain berbahasa “Keen Look” layaknya keluarga Toyota modern lainnya. Avanza dan Veloz kini juga memiliki wajah yang berbeda. Untuk mesinnya, Toyota kini menggunakan mesin keluarga NR berteknologi Dual VVT-i baik pada mesin 1,3 liter maupun 1,5 liternya. Jika sebelumnya varian Veloz hanya tersedia dengan pilihan mesin 1,5 liter, kini Toyota menyediakan Veloz bermesin 1,3 liter.


Toyota membanderol harga Grand New Avanza mulai Rp 181,7 juta (on the road Jakarta) untuk varian terendahnya yaitu 1.3 E M/T, sementara varian tertingginya, 1.5 G M/T berbanderol Rp 214,6 juta (on the road Jakarta). Untuk harga Grand New Veloz, varian termurah (Veloz 1.3 M/T) memiliki banderol Rp 207,8 juta, dan varian tertingginya (Veloz 1.5 A/T) berbanderol Rp 230,5 juta, keduanya harga on the road Jakarta.


Toyota Sienta (Rp 230 juta – Rp 290 juta)*


Sienta diluncurkan di IIMS 2016


Ini dia anggota keluarga baru jajaran MPV Toyota yang diperkenalkan di ajang IIMS 2016 lalu. Sejatinya mobil ini baru akan dijual pada bulan Juli 2016, namun sejak hari pertama berlangsungnya IIMS 2016 pada 7 april lalu, mobil ini sudah dapat dipesan di dealer Toyota terdekat. Sienta akan diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, yang menjadikan untuk pertama kalinya Sienta diproduksi di luar Jepang. Mesin yang diusung oleh Sienta, dari keluarga mesin NR juga diproduksi di Tanah Air.


Sienta ditawarkan dengan empat varian yaitu E, G, V dan Q yang mengusung mesin 2NR-FE 1,5 liter Dual VVT-i dengan limpahan tenaga hingga 107 ps dan torsi 140 Nm. Untuk varian E, G dan V mendapatkan pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis CVT dengan 7-speed Sport Sequential Shiftmatic. Beberapa keunggulan yang ditawarkan pada Sienta adalah kepraktisan untuk keluarga. Kapasitasnya tujuh penumpang dengan penggunaan pintu geser berukuran besar di kanan dan kiri memudahkan akses ke dalam kabinnya. Salah satu hal yang unik yang ditawarkan adalah pelipatan kursi baris ketiga yang dapat tersembunyi di bawah kursi bangku baris kedua. Hal ini menghasilkan ruang bagasi yang lapang dan rata.


Pada varian tertinggi, Q fitur hiburan diotaki head unit layar sentuh 7 inci dengan kemampuan multimedia yang luas, termasuk mengakses internet. Fitur keselamatan yang ditawarkan pun lengkap, mulai dari dual SRS airbag dan knee airbag, rem ABS, fitur kendali stabilitas (VSC) hingga Hill Start Assist. Ditawarkan dengan tujuh pilihan warna bodi, harga Sienta diperkirakan akan mendapatkan banderol antara Rp 230 juta hingga Rp 290 juta. Hal ini berada di kisaran harga Avanza termahal dengan harga Kijang Innova termurah. Rencananya, harga Sienta resmi akan diumumkan bulan Mei mendatang.


Note: *=prediksi


Toyota All-new Kijang Innova (Rp 285,4 juta – Rp 427, 2 juta)


Kijang Innova terbaru


Ini adalah generasi keenam Toyota Kijang atau generasi kedua Kijang Innova yang pertama kali hadir tahun 2004 lalu. All-new Kijang Innova menawarkan dimensi paling besar di antara keluarga MPV milik Toyota, sekaligus sebagai yang paling mewah. Desain terbarunya juga menunjukkan hal tersebut, dengan tetap mempertahankan keleluasaan dan kepraktisan khas Toyota Kijang.


Kijang Innova ditawarkan dalam tiga varian, yaitu G, V dan Q, dengan dua pilihan mesin (berbahan bakar bensin dan diesel dan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed atau otomatis 6-speed. Kijang Innova bermesin diesel mengusung mesin baru dari keluarga Super GD, 2,4 liter dengan VNTurbo dan intercooler yang diklaim lebih kuat sekaligus efisien. Sementara varian bermesin bensin mendapatkan mesin 1TR-FE 1,0 liter dengan teknologi Dual VVT-i. Selain perubahan desain dan jantung pacu, di dalam kabin Kijang Innova kini semakin mewah. Fitur-fitur kenyamanan berlimpah, terutama di varian tertinggi. Kehadiran ambient lights misalnya, memberi sentuhan layaknya sedan-sedan premium. AC otomatis dan head unit dengan layar sentuh 8 inci dapat memanjakan penumpang.


Toyota juga telah membekali Kijang Innova perbaikan struktur chassis dan suspensi sehingga pengendaraannya kini semakin nyaman. Peredaman kabin semakin baik, serta kepraktisan di dalam kabinnya juga meningkat. Selain itu, berkat adanya mode pengendaraan: Eco, Normal dan Power, pengalaman berkendara juga semakin menyenangkan. Apalagi untuk pengendaliannya, Kijang Innova (tipe Q) telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist.


Semua keunggulan yang ditawarkan ini membuat harga Kijang Innova meningkat dibandingkan generas sebelumnya. Rentang harganya kini berkisar mulai Rp 285,4 juta (on the road Jakarta) untuk varian G MT bermesin bensin, hingga Rp 427,1 juta (on the road Jakarta) untuk varian Q AT bermesin diesel. Hal ini membuat MPV tujuh penumpang ini memasuki ruang kompetisi dengan lebih banyak segmen di atasnya seperti medium SUV.


Baca Juga: Ini dia 3 MPV baru yang dapat dipinang di IIMS 2016


Sumber foto UFC3: indonesiaautosblog

Jelajahi Toyota Sienta

Toyota Sienta Rp 256,75 - Rp 310,55 Juta Cicilan : Rp 5,86 Juta

Bandingkan & Rekomendasi