Cortez Bermesin Turbo Dinilai Boros Bensin, Ini Kata Wuling!

Cortez Bermesin Turbo Dinilai Boros Bensin, Ini Kata Wuling!

Wuling Motors baru saja melepas pembaruan Cortez. Meluncur dengan ubahan atau peningkatan fitur penunjang kenyamanan dan kepraktisan. Tak ada ubahan pada sektor mekanis, termasuk mesin. Sementara beberapa konsumen pernah mengeluhkan soal konsumsi bahan bakar dari Cortez yang cenderung boros.

Saat menjelaskan soal pembaruan new Cortez, Danang Wiratmoko sebagai Product Planning Wuling Motors angkat bicara soal borosnya Cortez. Menurutnya, banyak faktor yang bikin berkendara jadi boros dan tak banyak konsumen yang punya keluhan di situ. Hasil didapatkan dari survei internal kepada sejumlah konsumen mobil Wuling, termasuk Cortez.

Wuling Cortez

"Beberapa waktu lalu kami sempat melakukan riset pasar kepada para pengguna Cortez dan produk Wuling lainnya. Dari pemakaian harian mobil mereka, berapa yang dikeluarkan untuk bahan bakar. Hal yang menarik, hasil survei punya rentang cukup jauh. Ada kelompok pengguna yang mengatakan irit. Sedangkan beberapa kelompok lain, konsumsi bahan bakar menurut mereka dirasa kurang irit. Bisa kami simpulkan, kebiasaan mengemudi sangat memengaruhi efisiensi bahan bakar. Di lain pihak, kondisi jalan dan lalu lintas sekitar juga punya andil," ungkap Danang dalam pemaparan daring new Cortez kepada media (25/3).

Melihat jantung mekanis new Cortez, masih memakai paket sama yang pertama kali dipasangkan pada Cortez CT. Dibandingkan generasi awal dengan mesin naturally aspirated, Cortez CT ini menggendong mesin yang paling bertenaga. Kontribusinya datang dari sokongan turbocharger. Sewajarnya juga bisa memberi kontribusi pada efisiensi.

Wuling Cortez

Tengok Cortez generasi awal dengan mesin 1,8 liter yang punya daya 129 hp dan torsi 174 Nm. Bandingkan dengan mesin 4-silinder 1,5 liter turbo berdaya 140 hp dan torsi maksimal 250 Nm. Belum lagi soal penyalur dayanya. Cortez lama memakai iAMT lawan CVT (Continuous Variable Transmission) pada Cortez bermesin turbo.

Memang urusan efisiensi bahan bakar sangat banyak faktornya, tak cuma dari mesin yang digunakan. Ada beragam faktor seperti jenis bahan bakar, cara mengemudi, kontur jalan, kondisi lalu lintas sampai penggunaan ban, termasuk tekanannya, bakal kasih hasil konsumsi yang berbeda. Sedangkan penggunaan dapur pacu 1,5 liter turbo pada Cortez dinilai cukup oleh pabrikan, baik dari segi tenaga maupun efisiensinya.

Pembaruan pada New Cortez

Wuling Cortez

Fokus penyegaran pada Cortez terbaru, menurut Wuling, memberi kenyamanan lebih. Dengan jargon Innovating Comfort Zone, Wuling ingin meningkatkan value MPV (Multi Purpose Vehicle) Cortez menjadi lebih baik. Disebut sebagai "smart MPV" berkat dukungan fitur modern perintah suara bahasa Indonesia dan dukungan jaringan internet. Kedua fitur yang jadi sorotan itu, pertama hadir melalui Wuling Almaz.

Wuling Indonesian Command (WIND) merupakan fitur voice command berbahasa Indonesia. Bisa dilakukan untuk mengakses banyak perintah dan fungsi. Mulai dari melakukan panggilan telefon, mengakses musik, navigasi, mengetahui tanggal, buka tutup jendela dan sunroof sampai mengatur AC. Pengalaman pengguna pun terus ditingkatkan, sehingga dengan komunikasi sederhana fungsi bisa dijalankan.

"Beberapa perintah menggunakan kalimat sehari-hari yang sederhana. Ambil contoh 'Nyalakan Radio' dan juga 'Saya Kepanasan' sontak dapat menurunkan suhu AC secara otomatis,” tutur Handi Ahmad, Product Planning Wuling Motors.

Wuling Cortez

Tak lengkap WIND tanpa kehadiran Internet of Vehicle (IoV). Ditenagai SIM card dengan jaringan internet tersendiri, IoV bisa mengubungkan mobil dengan smartphone pengguna. Melalui aplikasi MyWuling+, beragam perintah dan fungsi dimungkinkan. Paling simpel seperti mengunci atau membuka, menyalakan mesin dan AC. Dilakukan remote atau jarak jauh dari genggaman smartphone.

Fungsi lain berkat IoV ada pelacakan dan geo-fencing security. Jika sudah diset, bisa memberi peringatan dan posisi mobil apabila keluar dari area yang ditentukan. Sangat berguna memperkecil risiko kehilangan dari tindak pencurian.

Selain itu, masih ada beberapa fungsi lain dari IoV pada new Cortez. Dan untuk mendukung itu, Wuling memasangkan layar lebih besar, yakni 10,25 inci. Alhasil pengalaman menggunakan ragam fitur dan multimedia jadi lebih memuaskan.

Selain dua fitur unggulan itu, New Cortez juga mendapat sedikit polesan pada tampilan. Baik eksterior maupun interior. Lagi, dengan fokus menambah kenyamanan pengguna MPV itu. New Cortez sudah resmi dijual dan Wuling kasih harga promo dengan subsidi PPnBM.

Wuling Cortez

Varian atas EX ditawarkan dengan harga Rp310.650.000 dan CE di bawahnya dibanderol Rp273,8 juta. Harga ini dengan subsidi PPnBM 50 persen ditanggung Wuling. Harga asli tanpa subsidi adalah Rp287,3 juta untuk varian CE dan Rp325,650 juta untuk EX. Harga promo itu berlaku sampai 31 Maret 2022.

"Kebijakan subsidi PPnBM dari Wuling ini akan mengikuti timeline dari pemerintah. Jadi kami akan ikuti, kebijakan dari pemerintah seperti apa. Untuk New Cortez ini juga ada subsidi, masih berlaku nih, jadi konsumen yang ingin memiliki New Cortez dengan harga spesial bisa segera untuk mengunjungi diler dan melakukan pembelian," pungkas Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors. (TOM/RS)

Baca juga: Sebanyak 143 Mobil Listrik Toyota BZ4X Jadi Kendaraan Resmi KTT G20 di Bali

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Wuling

  • Wuling Formo
    Wuling Formo
  • Wuling Almaz RS
    Wuling Almaz RS
  • Wuling Confero S
    Wuling Confero S
  • Wuling Almaz
    Wuling Almaz
  • Wuling Confero
    Wuling Confero
  • Wuling Cortez
    Wuling Cortez
  • Wuling Cortez S
    Wuling Cortez S
Mobil Wuling

Jangan lewatkan

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Wuling Cortez Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Wuling Cortez

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Wuling Cortez dari Carvaganza