Yamaha NMax 2020 Punya Dua Varian, Ini Perbedaannya

Gambar
Review Pengguna

All New Yamaha NMax ditawarkan dalam dua varian, Standard dan Connected/ABS. Dulu, mungkin dua tipe skutik ini hanya beda di fitur ABS saja. Sekarang tidak. Ada sederet pembeda yang membuat keduanya, punya potensi menarik. Berikut ulasannya.


NMax Standard


Yamaha NMax baru


Perbedaan paling mendasar bisa dilihat dari pilihan warna, karena NMax Standard lebih beragam. Kelir bodi yang disajikan meliputi Matte Red, Matte Black, Matte Blue hingga Snowy White. Jika Anda memilih tipe ini, setidaknya lebih variatif ketimbang NMax Connected/ABS. Versi tertinggi itu hanya menyediakan tiga opsi warna: Matte Black, White dan Matte Blue.


Merujuk pada kebaruan desain, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) turut merevisi desain cover stang NMax. Begitu pula konsol yang menempati ruang di bawah kemudinya. Sekarang tersedia dua unit. Sebelah kiri memiliki kelengkapan power outlet, bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang daya gawai Anda. Sementara konsol sebelah kanan yang benar-benar baru ini, diberikan penutup untuk menyimpan barang-barang seperti sarung tangan atau smartphone. 


NMax baru menggunakan komposisi penerangan anyar. Tentunya tetap LED. Di dalam rumah lampunya terdapat list, sebagai pemisah lampu utama dan lampu jauh. Untuk lampu utama berada di atas. Sedangkan lampu jauh menempati bagian bawah. Nah, menariknya high beam NMax sekarang ada dua unit. Posisinya pun sejajar dengan low beam. Berbeda dengan Nmax lama yang cuma punya satu unit lampu dan ada di bagian tengah saja. Ubahan juga menyasar bagian tubuh lain di buritan. Desain stop lamp serta sein NMax 2020 juga berbeda, namun tetap halogen. Lampu rem  pun terpisah kanan dan kiri.


Sepanjang mata memandang, sajian anyar juga terdapat di area dasbor. Utamanya menilik area kunci kontak. Versi dasar memang masih menggunakan rumah kunci dengan pengaman magnet. Tapi di bagian itu, sekarang sudah bersanding, tombol pembuka jok dan cover tangki bensin. Ya, cover tangki bensin. Jawaban atas permintaan konsumen terdahulu yang kerap mengeluhkan ribetnya proses buka tangki bensin. Hal inilah yang tak ditemui pada NMax lama. 


Kemudian sajian panel meter. Tampilannya kini lebih besar, mengikuti bentuk wajah barunya tadi. Sisi ini juga lebih rapih. Betul, karena di situ tak ada lagi tombol-tombol untuk mengetahui konsumsi BBM, oli, v-belt, maupun trip A dan trip B. Fitur itu kini bergeser ke area kiri stang. Dari tuas kecil seperti lampu dim pada motor sport inilah, info dasar NMax bisa dilihat. Bahkan, dapat dilakukan sembari jalan karena jari tak perlu beranjak dari stang. Lebih simple dari NMax terdahulu.


Yamaha NMax baru


Jantung mekanis NMax termurah, tetap mendapat pasokan teknologi terkini, SSS dan SMG. Di situ, pihak pabrikan menyematkan Smart Motor Generator (SMG). Terapan inilah yang menjadikan suara mesin NMax halus, ketika pertama kali starter dipencet. Apalagi dengan hadirnya fitur SSS (Start Stop System). Nyala mati mesin otomatis memang membutuhkan kehalusan dalam prosesnya.


Performa mesin 155 cc berteknologi Blue Core dan VVA-nya, punya daya kail lebih baik. Tenaga: 15,1 Hp dan torsi 13,9 Nm. Capaian itu merupakan bukti nyata dari racikan ulang pada sektor dapur pacu. Rombakan signifikan menyasar jeroan mesin. Mulai dari penggunaan cylinder head dengan katup intake yang besar, hingga memakai piston copotan Yamaha R15.


Namun, jangan berharap lebih untuk mendapatkan perangkat keselamatan yang canggih. Sebutlah sistem pengereman ABS (anti-lock braking system). Atau fitur Traction Control System (TCS), layaknya NMax Connected/ABS. Kendati begitu, NMax standard juga sudah dibekali disc brake, untuk menahan laju kedua roda. Berikut penggunaan suspensi belakang model sub tank, sebagai penunjang kenyamanan bermanuver.


NMax Connected/ABS


2020 Yamaha NMax


Menyoal tampilan, NMax Connected/ABS tak ubahnya NMax Standard. Namun, ia menempati kasta teratas. Dibuktikan melalui sematan fitur yang lebih kaya dari NMax paling bawah. Dimulai dari sistem kunci. NMax ini tak lagi memakai anak kunci, melainkan sudah menggunakan smart key system. Dengan begitu, menyalakan atau mematikan mesin cukup menggunakan kenop. Tak lagi butuh anak kunci seperti NMax Standard. Bahkan remote sebagai pengganti kunci konvensional-nya berpelengkap immobilizer dan answer back system.


Urusan mesin juga demikian. Berbanding lurus dengan penyematan SMG varian di bawahnya. Tapi, NMax Connected/ABS menyandingkannya dengan Stop & Start System (SSS). Teknologi ini dipasang, guna mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Dengan mengaktifkannya, bensin terpakai sesuai kebutuhan. NMax bisa mati otomatis saat sensor mendeteksi mesin dalam kondisi idle. Fitur ini sangat cocok untuk di lampu merah. Wujud item yang berlokasi di kanan stang ini, tak bisa Anda temui pada model standar.


Yamaha NMax baru


Demikian pula dengan rem ABS. Sebenarnya, fitur ini bukan hal baru. Toh, klasifikasi itu juga sudah ada sejak NMax generasi pertama lahir, 2015 silam. Kala itu, tipe termahal menggunakan ABS dual channel (roda depan dan belakang). Begitu pula pada NMax Connected/ABS ini. Pengeremannya dijamin mumpuni, tanpa khawatir kedua roda terkunci saat pengendara mengerem tiba-tiba. Penggunaan ini pula yang membuat bobot NMax Connected/ABS (132 kg), lebih berat NMax Standard (130 kg).


Apalagi versi ini telah ketambahan Traction Control System (TCS). NMax menjadi skutik 150-155 cc pertama yang menggunakannya. Walaupun entah seberapa besar pengaruhnya terhadap skutik bertenaga 15,1 Hp dan torsi 13,9 Nm ini. Padahal ia sudah punya ban ideal dari IRC, ukuran: 110/70-13 (depan) dan 130/70-13 (belakang). Positifnya, TCS bekerja untuk mengurangi risiko ban belakang selip saat NMax melahap berbagai kondisi jalan. Terutama di jalan menikung atau basah yang rentan kehilangan grip. Dengan bantuan ECU, maka TCS berfungsi menjaga rasio putaran ban supaya tetap mendapatkan traksi ke jalanan.


Bicara perdana, ada lagi fitur yang juga diterapkan Yamaha untuk pertama kalinya. NMax ini dapat dihubungkan dengan gawai. Melalui konektifitas Comunication Control Unit (CCU), Anda bisa mendapatkan informasi seputar motor. Bisa dilihat melalui aplikasi Y-Connect pada smartphone. Beberapa panduan penting terdapat di sana. Mulai dari panduan untuk servis hingga mencari lokasi motor di parkiran. Paling menarik, sambungan itu memudahkan Anda mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan atau email yang masuk. Tentu tak perlu lagi mengecek dari smartphone. Notifikasi itu muncul dari panel meter terbaru NMax. Hal inilah yang tak ditemui pada NMax Standard.


Usai melihat perbedaan NMax Connected/ABS dan NMax Standard, Anda pasti sudah bisa menimbang model yang ingin dipilih. Sayangnya, kita masih harus dibuat penasaran soal banderol. Pengumuman harga NMax dijadwalkan berlangsung pertengahan Desember ini. Semoga sesuai ekspektasi kami. Versi NMax Standard dipatok setara Honda PCX. Sedangkan harga NMax Connected/ABS beririsan dengan Honda ADV150. (Ano/Van)


Baca Juga: Royal Enfield Himalayan 2020 Dapat Fitur Baru

Jelajahi Yamaha Nmax

Yamaha Nmax Rp 29,75 - Rp 33,75 Juta Cicilan : Rp 678.789

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store