• Wishlist

Suzuki Satria F150 Vs. Honda Sonic 150R – Geliat Motor Tangguh

Suzuki Satria F150 Vs. Honda Sonic 150R – Geliat Motor Tangguh

JAKARTA: Pengendara Indonesia sepertinya dimanjakan habis-habisan tahun ini. Semua produsen kendaraan roda-dua di negara ini tampak telah bekerja sangat keras untuk menyematkan teknologi mutakhir ke dalam motor dan skuter masa depan mereka untuk bersaing ketat satu sama lain. Segmen skuter bebek pun tak terkecuali, dan tampak menerima sambutan luar biasa di tahun ini. Ketiga merek terbesar di Indonesia – Honda, Yamaha dan Suzuki memang sedang berupaya keras saling mengungguli untuk menjadi juara utama. 


Pertarungan sengit ini pun telah menjadi perlombaan drastis di ranah motor yang dibuktikan dengan peluncuran motor balap baru – Suzuki Satria F150. Skuter andalan Suzuki ini memang telah mengalami pembaharuan ektensif, dalam hal mekanik dan eksteriornya. Kini skuter baru tersebut tampaknya telah siap untuk bersanding melawan kompetitor terbesar di negara ini, yaitu -– Honda Sonic 150R.


Raksasa motor Jepang – Honda memang telah memamerkan skuter balap yang telah lama didambakan pada bulan Agustus 2015 yang lalu. Sejak saat itu, Sonic 150R mengklaim telah menerima penghargaan untuk gaya agresif dan sporty, mesin tangguh serta sassis berbobot ringan. Dengan Sonic 150R, Honda memang berhasil memonopoli segmen motor bebek. Namun sayangnya, kesuksesan ini tampaknya tidak berlangsung lama! Sepertinya kesuksesan mesin penghasil-uang Honda sebentar lagi akan memudar. Pasalnya, peluncuran Satria F150 yang menggemparkan agaknya telah berhasil memancing rasa penasaran para pecinta motor, dan mereka seakan tidak sabar untuk meletakkan tangan mereka dan mengendalikan stang skuter yang dijejali mesin bertenaga tersebut. Dengan Honda dan Suzuki yang kini berlomba-lomba menawarkan motor terbaik besutan mereka, tak ayal masyarakat Indonesia nantinya akan terjebak dalam dilema untuk memilih satu diantara kedua motor handal ini.


CarBay menyandingkan kedua pesaing, untuk memastikan siapa juaranya.


 spesifikasi sepeda


Design:


Pada pandangan pertama, Sonic dan Satria, keduanya tampak mirip. Kedua motor balap ini mengandalkan kekuatannya pada penampilan sporty, dimensi kompak dan sudut-sudut lancip. Satria F150 mengusung tampilan ramping, sedangkan Sonic 150R mengusung kerangka yang lebih kekotakkan. Kedua skuter tersebut memiliki tampak depan laksana helm gladiator dengan lampu LED yang tersemat bersamanya. Tetapi Satria baru menyematkan tambahan pelindung matahari dan lampu senja terpisah. Grafik bodi baru Satria F150 boleh diakui memang cukup menawan, selain itu mesin Satria F150 mampu menyemburkan kekuatan yang lebih gahar sebesar 2,5 hp dibandingkan kekuatan Sonic 150R.


 spesifikasi sepeda


Mesin:


Bila membahas gardu penggeraknya, kedua skuter tersebut memfungsikan mesin DOHC, 4-katup, silinder-tunggal, berpendingin cair. Meskipun demikian angka kekuatan yang ditampilkan kedua mesin tersebut memang berbeda. Mesin Satria F150 mengoperasikan Injektor Semprot Ganda canggih yang dikendalikan otomatis oleh ECM (Modul Kontrol Elektronik), yang mampu mendongkrak tenaga dan menghemat lebih banyak bahan bakar. Tak hanya itu, Satria F150 juga diakui mampu menyemburkan kekuatan 2,5hp lebih besar dibandingkan Sonic 150R baru.


Kesimpulan:


Dengan perpaduan desain gesit dan agresif yang harmonis, serta kekuatan lebih gahar dan fitur-fitur teknologi mutakhir, Suzuki Satria F150 memang mampu mengungguli Honda Sonic 150R dalam berbagai aspek. Namun pemimpin pasar yang kini merajai pasaran masih tergantung pada bandrolan harga yang lebih murah. Akankah ketangguhan mesin mampu melengserkan pemimpin pasar? Tampaknya angka penjualan bulan-bulan mendatang yang akan membuktikan kesuksesan pengenalan besutan terkini Suzuki tersebut.


Also Read: Suzuki Gixxer SF Dikabarkan Tiba di Indonesia

Komparasi Suzuki Satria F150 vs Honda Sonic 150R

Suzuki Satria F150
  • Rp 23,35 - Rp 23,8 Juta
Honda Sonic 150R
  • Rp 23,85 Juta
Satria F150 vs Sonic 150R

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store