• Wishlist

Sonic 150R, Ayam Jago Gacoan Honda

Sonic 150R, Ayam Jago Gacoan Honda

Tren desain atau bentuk sepeda motor yang dikenal dengan istilah ‘Ayam Jago’ sempat booming beberapa tahun silam. Diperkuat oleh fenomena maraknya dunia modifikasi di Thailand, dengan mengedepankan model-model modifikasi motor berdesain Ayam Jago.


Istilah Ayam Jago sendiri sebenarnya untuk menggambarkan sosok motor tipe cub atau bebek yang ramping, bersuspensi depan layaknya motor tipe sport. Didukung bagian buritan yang cenderung naik, atau bahasa Betawinya ‘nungging’.


Siapa pabrikan yang pertama kali secara resmi membawa tren motor Ayam Jago ke Indonesia? Mungkin bisa ditunjuk PT Astra Honda Motor (AHM) yang bertanggungjawab, dengan membawanya kemari.


foto07


Tapi sebelum membawa si Ayam Jago ke Indonesia, Honda Motor sempat mempopulerkan model Ayam Jago di luar sana, yaitu Honda CT90. Bergulir sekitar tahun 1973, yang sayangnya tidak sempat masuk ke Indonesia.


Seiring waktu berjalan, sekitar tahun 1980 an Honda semakin serius dengan sang Ayam Jago, ketika memperkenalkan jagoan 2Tak Nova Series atau Nova RS. Mereka hadir dengan dua model yaitu Honda Nova R dan Nova S. Kemudian di tahun 1990 an, Honda Nova Series dilengserkan oleh Nova Tena.


foto04


Honda Nova Tena tak bertahan lama, digantikan generasi yang lebih muda, Honda Nova Dash 125. Salah satu keunggulannya yaitu Honda menyematkan pendingin radiator.


foto06


Bahkan Honda pun berani memproklamirkan Nova Dash 125 sebagai reinkarnasi Honda NSR. Artinya pacuan berkapasitas 125cc ini digadang-gadang Honda sebagai motor terkencang di eranya.


Regulasi emisi gas buang membuat sepak terjang motor-motor 2Tak harus berakhir. Tapi bukan berarti model Ayam Jago harus dikebumikan. Honda tetap mempertahankannya.


foto05


Dengan membuka keran impor, dan menggelontorkan Honda Nova Sonic 125cc 4Tak untuk pasar Indonesia di tahun 2011. Respon pasar pun menyambutnya dengan positif. Bahkan nama Sonic dipakai hingga sekarang.


Meski masyarakat menyambut positif hadirnya Honda Nova Sonic 125cc, tapi menurut AHM penjualannya kurang signifikan, sehingga dengan sangat terpaksa Honda menutup keran impor nya di tahun 2011.


foto02


Era sekarang, meski sudah ada pesaing dari tetangganya dan laris manis tanjung kimpul di pasaran. Honda kembali membangunkan dan mendesain ulang Sonic si Ayam Jago.


Hasilnya lahirlah Sonic baru dengan kubikasi mesin lebih besar, All New Honda Sonic 150R. Kerja keras plus kerja sama tim riset dan pengembangan pasukan Merah Putih dengan pasukan Matahari Terbit, AHM dan Honda Motor Jepang.


foto01


Kini dua Ayam Jago saling bertarung di Indonesia. Apakah All New honda Sonic 150R dengan usianya yang relatif jauh lebih muda, sanggup melawan Ayam Jago yang berusia lebih tua dan lebih dulu melenggang di arena pertarungan. Biarkan pasar yang menjawabnya.