Motor Baru Honda Genio, Siapa Rivalnya?

Gambar
Review Pengguna

Astra Honda Motor melepas produk anyar dinamai Honda Genio. Skutik yang diklaim memakai platform gres itu, perwujudan dari konsep Project G yang dipamerkan pada IMOS tahun lalu. Bekal mesin Genio, 110 cc dengan desain stylish yang menargetkan pengguna berjiwa muda. Lantas, siapa saja rival dari skutik baru Honda Genio?

Honda Genio dijual dalam tipe, CBS (Combi Brake System) dengan harga Rp 17,2 juta dan CBS ISS (Idling Stop System) dengan label harga Rp 17,7 juta. Lampu depan LED, panel meter digital dan colokan pengisi daya smartphone jadi fitur standar bawaan. Dengan bekal harga dan spesifikasi itu, sebenarnya tak banyak lawan sepadan.

Misal, dari Yamaha. Seluruh lini skutik pabrikan berlogo tiga garputala sudah menggunakan mesin 125 cc. Kalau dari harga, lawan Genio ada Yamaha Soul GT (Rp 17,3 - 17,8 juta). Tapi dari bentuk dan fitur, bisa dibandingkan langsung dengan Yamaha Fino. Baik Genio dan Fino punya lekuk tubuh minim sudut dan aura retro. Yamaha Fino Grande sebagai varian termahal punya lampu LED dan dibanderol Rp 19,22 juta. Genio masih jauh lebih murah, meski kapasitas mesinnya juga lebih kecil. Pilihan warna, Genio juara dengan total 11 varian yang bisa dipilih.

Pabrikan Suzuki punya dua kompetitor skutik bermesin serupa, Address dan Nex II. Kalau Genio kapasitas murni mesin 109,5 cc, Address dan Nex II punya mesin 113 cc. Harga Suzuki Address FI Rp 15,9 juta dan Rp 16,25 juta untuk warna Black Predator. Sedang Address FI Playful Rp 16,25 juta. Suzuki Address belum disematkan lampu depan LED dan panel meter digital. Tapi bagasi Address lebih lapang, 20,6 liter. Total varian warna Address ada 15 jenis yang bisa dipilih.

Sementara Suzuki Nex II, ditawarkan dengan harga Rp 15,1 juta. Lampu depan Nex II sudah memakai LED dan ada colokan untuk mengisi daya smartphone. Karena menargetkan anak muda, Nex II menawarkan 13 pilihan warna dasar dan kombinasi.

Rival lain Genio datang dari keluarganya sendiri. Lini skutik Honda bermesin 110 cc ada Beat, Vario 110 dan Scoopy. Dari segi harga, Genio lebih mahal dari Beat dan lebih murah dari Scoopy. Kalau dengan Vario 110, beda tipis. Harga Vario 110 mulai dari Rp 17,3 juta (CBS) dan Rp 18,14 juta (CBS ISS). Meski begitu, masing-masing model punya nilai lebih yang ditonjolkan sebagai pembeda. Jadi bisa dikatakan, Genio menambah nilai variasi bagi yang melirik skutik Honda bermesin 110 cc, sekaligus meningkatkan kompetisi di pasar skutik mesin kecil. (Tom/Van)

Baca Juga: Ini Model Vespa Paling Laris di Indonesia

Jelajahi Honda Genio

Honda Genio Rp 17,68 - Rp 18,15 Juta Cicilan : Rp 403.394

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store