Masih Digemari, Kenali 5 Hal Menarik dari Suzuki Satria F150 FI

Masih Digemari, Kenali 5 Hal Menarik dari Suzuki Satria F150 FI
Gambar
Review Pengguna

All New Satria F150 FI pernah menyandang motor terlaris dibanding produk Suzuki lainnya. Namun kini takhtanya digeser oleh GSX-R150. Meski begitu, masih banyak diminati. Kenapa bisa begitu, simak lima hal menarik dari motor Ayago (ayam jago) ini.


Punya Sejarah Panjang


Pernah terkenal sebagai motor bebek underbone berperforma tinggi. Selain dikenal kencang, desainnya juga cukup menarik dengan sasis twinspar dan suspensi monosok. Varian bebek super andalan Suzuki ini ternyata memiliki sejarah panjang.


Awal kemunculannya, ia memiliki desain seperti motor bebek biasa. Generasi pertama pun masih mengusung mesin 120 cc 2-tak berpendingin udara. Setelah mengaspal selama 7 tahun dengan menggendong enjin 2-langkah, tepatnya pada 2004 dimulailah era Ayago. Mulanya ia diimpor langsung dari Thailand dan mendapat sedikit ubahan agar mampu beradaptasi dengan kondisi jalanan Indonesia.


Karena permintaan semakin banyak, akhirnya pada 2006 Suzuki Indonesia merakitnya secara lokal atau CKD. Hingga medio 2015, ia tetap menggunakan karburator. Namun pada 2016, harus menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka Suzuki Indonesia menyematkan teknologi injeksi. Dan bertahan hingga sekarang.


Baca Juga: Menakar Kedatangan Suzuki Gixxer SF 250 untuk Pasar Indonesia


Sedikit catatan, Suzuki Satria bukanlah pelopor motor dengan desain ayam jago. Sebelumnya, pabrikan Jepang lain juga punya produk serupa. Honda dengan Sonic dan Yamaha punya Tiara. Masing-masing mengusung mesin 125 cc 2-tak. Namun sampai sekarang, Satria F150-lah yang sukses memikat kalangan anak muda.


Satria F150 new livery


Body Ramping


Dari dulu terkenal karena bodi yang ramping, tidak seperti kebanyakan sepeda motor 150 cc yang bertubuh besar. Hal itu karena selaras dengan konsep yang diusung, ayam jago (ayago). Desain yang kecil, memberikan kedinamisan dan kemudahan berkendara setiap saat. Bagian ekornya tampak seksi dengan lapisan ganda meruncing. Dan struktur tubuh dirancang untuk postur tubuh orang Indonesia.


Berkat bodi yang langsing dan terapan setang jepit, membuat posisi duduknya sedikit unik. Agak menurun ke bawah jika dibanding motor bebek pada umumnya. Hal ini membuat posisi orang yang dibonceng akan selalu rapat ke depan.


Mesin Powerfull


Di balik bodi ramping, ia punya mesin galak. Performa dari sistem injeksinya diklaim jauh lebih baik ketimbang versi karburator. Dibekali mesin berkapasitas 150 cc Double Over Head Camshaft (DOHC), 4-Valve satu silinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama.


Mengusung tagline “The Real DOHC”, ia diklaim sebagai motor paling bertenaga di kelasnya. Sanggup menyemburkan tenaga 18,3 hp di 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada putaran 8.500 rpm. Keseluruhan output disalurkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Untuk menjaga suhu ruang pembakaran tetap adem, pendinginan mengandalkan radiator.


Punya Fitur Modern


Tidak ingin kalah dari kompetitornya, berbagai fitur modern telah disematkan. Satria mengusung one push electric starter terbaru. Fitur yang diadopsi dari GSX-1000 dan menjadi inovasi di kelas underbone 150 cc, sehingga proses menyalakan mesin lebih mudah dan cepat.


Headlamp sudah mengaplikasikan teknologi LED. Namun untuk stoplamp dan sinyal belok masih bohlam biasa. Berkat terapan lampu dioda, sorotan cahaya lebih terang dibanding model konvensional.


Pada bagian dasbor sudah menggunakan speedometer full digital, memberikan kesan modern dan mahal. Dan yang terpenting, informasi kondisi motor mudah dibaca, karena tampilannya yang ringkas.


Satria juga telah dibekali kunci dengan sistem alarm melalui remote khusus. Lebih lanjut, ada USB chrager tersimpan di dalam kompartemen depan. Jadi pengendara tidak perlu bingung saat kehabisan daya ponsel.


Ragam Varian


Suzuki memberi lima opsi warna yang dibagi dalam dua tipe, Special Edition dan Predator Series. Untuk edisi spesial pilihannya ada Blue GP, Titan Black dengan pelek kelir merah dan White Blue pakai roda berkelir biru. Sementara sisanya mengusung warna matte yang sedang tren, ada Matt Blue dan Matt Black. Masing-masing varian dihargai Rp 25,360 juta (OTR DKI Jakarta). (Bgx/Odi)


Baca Juga: Sering Terlupakan, Simak Unsur Menarik Suzuki Address Beserta Skema Angsuran Terbarunya

Jelajahi Suzuki Satria F150

Suzuki Satria F150 Rp 23,35 - Rp 23,8 Juta Cicilan : Rp 532.764

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store