• Wishlist

Deretan Vespa Limited Edition yang Pernah Ada di Indonesia

Deretan Vespa Limited Edition yang Pernah Ada di Indonesia

Segmentasi Vespa bisa dibilang eksklusif ketimbang skutik Jepang. Tapi hasrat para pecintanya tak sampai di situ. Makanya, PT Piaggio Indonesia selalu menjawab dengan menjajakan varian limited edition. Nah, apa saja motor yang masih dan pernah dijual mereka? Simak tulisan berikut.



Vespa Sprint Notte


Vespa Sprint edisi terbatas ini baru genap sebulan diluncurkan. Inilah satu-satunya yang masih memungkinkan didapat dalam keadaan baru. Pasalnya, edisi khusus lain telah meluncur lama dan jelas sudah habis.


Vespa Notte Sprint 150 i-Get ABS


Dalam bahasa Italia, Notte artinya malam. Ia juga punya tajuk "For those who own the night”. Ini sangat berkorelasi dengan tampilannya. Seluruh bodi dilabur hitam berfinishing matte. Hingga ke cover muffler dan spoiler batok headlamp. Sementara pelek, karet shock depan, frame lampu depan-belakang, list bodi, kisi-kisi klakson, dan spion difinishing glossy. Penanda lainnya, logo Notte persis di laci depan.


Urusan jantung pacu, sama sekali tak ada yang spesial. Persis dengan Sprint lain yang mengadopsi mesin I-Get 154,8cc. Outputnya juga sama, 11.8PS dan torsi 12Nm. Bagian teknis lain pun serupa dengan saudara-saudaranya. Yang membuatnya lebih spesial, PT Piaggio Indonesia hanya membawa 5-6 persen dari total Vespa yang dijual di Indonesia.


Hal lain yang menarik, embel-embel terbatas ternyata tak membuatnya mahal. Cukup tambahkan Rp 500 ribu dari harga Sprint S (Rp 48 juta), Anda sudah bisa memboyongnya ke rumah.


Vespa Primavera 50th Anniversary


Di pengujung 2018, PT Piaggio Indonesia sempat membawa Primavera 50th Anniversary. Untuk yang belum tahu, Primavera sudah mengaspal sejak 1968, masih bermesin dua tak. Dalam rangka merayakannya, mereka membawa motor ini ke Indonesia dengan tampilan lebih atraktif.


Vespa Primavera 50th Anniversary disediakan dalam dua pilihan warna saja: Light Blue metalik dan Brown Matte. Selain itu, joknya diberi aksen double stiching dengan warna cerah. Untuk peleknya, megadopsi model palang lima berkelir silver-dust grey. Terakhir, logo 50th Anniversary menempel di laci penyimpanan.


Mekanikal mesin, pengereman dan fitur sama saja. Mengadopsi mesin I-Get 154,8cc, cakram tunggal di depan dengan ABS, serta panel instrumen analog-digital. Saat itu, banderolnya selisih Rp 2,5 juta dari yang standar (Rp 39,5 juta).


Vespa Primavera Yacht Club


Beberapa bulan sebelum edisi 50 tahun diluncurkan, Primavera Yacht Club lebih dulu mengaspal. Sesuai namanya, tampilan motor bertema dunia pelayaran. Bodi diberi warna dasar putih. Sedangkan pelek, striping, dasi, dan jok berkelir matt blue.


Logo YC (Yacht Club) di belakang juga tersemat apik. Yang menarik, headlamp sudah mengadopsi desain Vespa 946. Berteknologi LED dengan separator tengah. Ya, model ini kini diadaptasi pada varian Primavera 2019. Begitupun stoplamp LED dengan mika yang lebih mengotak.


Seperti biasa, jantung pacunya tak dibedakan. Melainkan banderolnya. Tahun lalu edisi ini dijual Tp 42 juta OTR Jakarta. Selisih Rp 2,5 juta dari yang standar.


Vespa Sprint Carbon


Tak jauh dari Yacht Club, Piaggio turut mengenalkan Vespa Sprint Carbon. Jangan tertipu dengan namanya. Yang menempel hanyalah panel plastik bermotif carbon.



Tema yang diusung gaya sporty. Seluruh tubuhnya disapu hitam, termasuk pelek dan cover knalpot. Aksen merah ada di kisi klakson, bodi depan, samping, serta pelek. Sedangkan motif carbon itu sendiri tersimak di dasi dan joknya.


Unitnya sangat terbatas. Motor ini hanya dijual sebanyak 10% dari populasi varian standar. Untuk banderolnya sendiri, mereka menjualnya seharga Rp 42,5 juta di pertengahan 2018.


Vespa 70th Anniversary Edition


Lompat ke era 2016, Vespa merayakan ulang tahunnya yang ke 70. Beberapa motor edisi spesial pun mereka boyong ke Indonesia. Mulai dari GTS 150, GTS 300, Primavera, dan yang paling menarik New PX 150.


Kenapa menarik? Motor ini dibuat ulang layaknya PX Series di era 80an. Mengandalkan mesin dua tak, menyediakan engkol untuk menyalakannya. Transmisinya juga manual empat percepatan. Tapi jangan khawatir, tombol starter juga sudah ada di stangnya. Selebihnya, mirip dengan sang pendahulu.


Identitas seluruh varian 70th Anniversary ini dilabur biru muda, atau mereka menyebutnya Azzuro 70. Harganya? Selangit. PX 150 dibanderol Rp 90 jutaan disusul dengan GTS 300 Rp 200 juta, GTS 150 Rp 59 juta dan Primavera Rp 49 juta. Jika tertarik dengan ini, siap-siap melobi sang pemilik. Karena kami cukup yakin diler sudah tak memiliki stoknya lagi.


Vespa 946 Emporio Armani


Varian 946 ada di kasta teratas lini Vespa. Guratan bodi yang dramatis, kualitas buatan apik bisa dinikmati. Sebuah perusahaan fashion sempat ikut mendandani motor ini. Emporio Armani yang ditunjuk.



Seperti yang kita kenal, Armani bukan desainer sembarangan. Harga produknya selangit dibarengi dengan kualitas tinggi. Begitupun Vespa satu ini. Hasil kolaborasinya bak menciptakan sebuah karya seni.


Seluruh bodinya berwarna hitam dengan finishing matte. Begitupun cover engine, cover muffler dan pelek yang berpadu hitam-silver. Selain itu tertera juga logo Emporio Armani dan angka yang menunjukkan nomor produksi. Sedangkan jok kulit coklat diberi aksen jahitan yang sangat rapi. Tas kulit tambahan yang bisa diikat di belakang juga melengkapi untuk menunjang perjalanan Anda. Ya, saking spesialnya, banderol motor ini mencapai hampir Rp 200 juta. Pada masanya (2015), ia sangat mahal. Apalagi mesinnya hanya berkubikasi 155cc. (Hlm/Van)


Baca Juga: Begini Wujud Royal Enfield Himalayan Edisi Spesial

Jelajahi Vespa Sprint

Vespa Sprint Rp 45,5 - Rp 48 Juta Cicilan : Rp 1,04 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store