jakarta-selatan
kali dibagikan

Terinspirasi Rally Dakar, Begini Wujud Royal Enfield Himalayan Edisi Spesial

  • 21 Sep, 2018
  • 1519 Kali Dilihat

Royal Enfield Himalayan sudah diperkenalkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, April lalu. Motor adventure pabrikan India ini, langsung menyedot perhatian pengunjung saat itu. Terbukti penghargaan The Best Trail Adventure yang didapat saat IIMS.


Terinspirasi Rally Dakar, Begini Wujud Royal Enfield Himalayan Edisi Spesial


Setelah unjuk gigi di Tanah Air, Royal Enfield Himalayan juga muncul di gelaran Bangkok International Grand Motor Sale or BIG Motor Sale, Agustus lalu. Bedanya, yang dipamerkan di sana Himalayan yang sudah dimodifikasi dengan tampilan yang lebih gahar. Dilansir Motociclismo, Royal Enfield Himalayan dibekali desain yang terinspirasi dari motor yang digunakan di ajang rally dakar.


Rally dakar dikenal dengan balap garuk tanah dengan medan yang menantang. Karena itu, tampilan motor modifikasi Himalayan Dakar Edition, juga terlihat lebih tangguh dibanding versi standarnya.


Motor dual-purpose ini, memiliki half-fairing seperti pada motor reli. Mesinnya juga dilindungi crash-bar, semacam rangka tambahan yang dipasang di sisi kanan dan kiri motor agar tetap terjaga ketika motor terjatuh atau mendapat hantaman medan bebatuan.


Stang yang digunakan juga lebih tinggi dengan jok single seater yang tebal (pada Himalayan standar memiliki jok untuk penumpang). Tak hanya stang tapi knalpot juga berada di posisi yang lebih tinggi dari motor standarnya. Mengusung konsep Rally Dakar, Royal Enfield Himalayan custom ini, juga dibekali skid-plate dan ban tahu yang kerap dipakai untuk medan off road.


Kuda besi penjelajah ini menggunakan lampu depan twin projector sebagai lampu utama yang bentuknya menyerupai KTM 450 Rally dengan dua bulatan berjajar vertikal. Windshield diubah dengan ukuran yang lebih besar dan menggunakan fairing baru.


Suspensi dan pengeremannya tak jauh beda dengan standar. Untuk tampilan depannya, modifikasi ini menggunakan smoke windscreen dan mudguard atau spakbor mini pada suspensi depan.


Untuk meningkatkan daya jelajahnya, tangki bahan bakar lebih besar digunakan. Meski faktanya, didesain dengan model yang mirip bawaan Himalayan umumnya. Spakbor belakang memang lebih berkonsep motorcross. Sedangkan warnanya, didominasi kelir merah, putih dan biru. Mungkin ini terinspirasi dari bendera Thailand, lantaran motor ini diperkenalkan pertama kali di ajang otomotif Bangkok.


Terinspirasi Rally Dakar, Begini Wujud Royal Enfield Himalayan Edisi Spesial


Namun, meski gayanya sudah lebih gahar, dapur pacu Royal Enfield Himalayan Dakar Edition rupanya masih sama dengan versi standarnya. Motor ini tetap menggendong mesin satu silinder berkapasitas 411cc bertenaga 24,5 hp. Untuk harga tidak disebutkan berapa karena memang belum dipersiapkan untuk dipasarkan di Thailand. Sedangkan di Indonesia sendiri motor Himalayan dibanderol seharga Rp93 juta. (Yrk/Van)


Sumber: Motociclismo


Baca Juga: BMW Hadirkan Mesin Baru untuk Motor Adventure

Galeri

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Royal Enfield Himalayan

Lihat video terbaru Royal Enfield Himalayan untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Royal Enfield Pilihan

  • Populer
  • Komparasi