Wuling Confero Lawan Daihatsu Xenia Siapa Terbaik?

Wuling Confero Lawan Daihatsu Xenia Siapa Terbaik?

Wuling Motors, pabrikan Cina membawa Confero untuk menarik perhatian konsumen. Taktik klasik yang sangat jitu! Segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle), kue terbesar di pasar otomotif Indonesia. Alasan inilah, yang diyakini menjadi motivasi utama Wuling meniagakan Confero sebagai produk perdananya.

Bersaing dengan kompetitor di kelasnya, menjadi satu hal yang tak bisa dihindari. Kami yakin, mengalahkan sang raja, Toyota Avanza, bukanlah tujuan utama mereka. Memang kehendak itu pasti sempat terbesit di benak para petinggi Wuling. Namun, mereka juga tak mungkin lupa sebagai brand pendatang baru. Sangat kecil kemungkinan mereka dapat melakukan itu dengan mudah. Kebagian sekian persen dari total penjualan di segmen ini saja, nilainya pasti sudah lebih besar dibanding meniagakan mobil jenis lain.

Jelasnya, mereka sudah menyiapkan sejumlah nilai lebih yang dijadikan sebagai senjata untuk dapat ikut merasakan manisnya kue di pasar Low MPV.

Wuling Confero VS Daihatsu Xenia (1)

Selain mendirikan banyak jaringan diler dan purna jual, serta membangun pabrik berkapasitas 130 ribu unit pertahun, apa saja yang disajikan Wuling di Confero? Kebetulan, Daihatsu Xenia adalah kompetitor yang memiliki harga paling dekat dengan Confero. Confero melawan Xenia, siapa lebih unggul?

Dimensi

Mengusung tagline ‘The Real Spacious Family MPV’, Wuling menjanjikan ruang kabin yang lega untuk konsumen Confero. Oke, Confero S memiliki dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.715 mm (tanpa roof rail). Xenia memiliki panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Tunai sudah janji Wuling, Confero memiliki dimensi yang lebih besar dibanding rivalnya.

Bagaimana ruang kabinnya? Jarak sumbu roda Confero 2.720 mm dan Xenia 2.655 mm. Jarak antara sumbu roda depan dan belakang juga lebih panjang, jadi seharusnya menjanjikan ruang kabin yang lebih besar pula. Bodi yang lebih bongsor memungkinkan Confero menyediakan delapan kursi atau satu kursi lebih banyak dari Xenia.

Wuling Confero Eksterior

Eksterior

Masalah desain kembali ke selera masing-masing. Bukan itu yang ingin kami sorot, melainkan fitur dan kosmetik yang dikenakan mobil ini di bagian luarnya. Sebagai Low MPV termurah, Confero tampil penuh percaya diri dengan lampu depan model proyektor dan LED DRL (Day-time Running Lights). Xenia masih pakai lampu model reflektor. Bahkan Mitsubishi Xpander termahal pun masih pakai halogen konvensional.

Masih banyak lagi ornamen lain yang dimiliki Confero. Seperti roof rail di atap ala crossover. Bagian belakangnya dibekali lampu kabut jenis LED. Pelek yang digunakan berdiameter 15-inci atau lebih besar dari pelek Xenia yang 14-inci. Confero memiliki seluruh kelengkapan yang ada di eksterior Xenia tipe tertinggi. Misalnya, rear spoiler dengan high mount stop lamp, chrome window list dan cover spion dengan lampu sein terintegrasi.

Wuling Confero Interior

Interior

Confero lebih lega dan dapat mengangkut 8-penumpang. Belum selesai, ia juga menawarkan opsional kursi baris kedua model captain seat. Lebih nyaman karena penumpangnya bisa duduk sendirian di situ. Ukuran kursi lebih besar dan bisa diatur posisinya tanpa mempedulikan preferensi posisi duduk penumpang di sebelah. Berkendara jauh jadi lebih rileks karena ada sandaran tangan dan akses ke kursi belakang bisa lewat koridor di tengah kabin.

Tak hanya lega saja, Confero menawarkan sentuhan detail penambah kesan elegan. Misalnya, jam analog di dashboard. Detail ini, sebetulnya, salah satu penanda interior mobil mewah. Biasanya dilakukan produsen mobil premium asal Eropa seperti Mercedes-Benz, Bentley sampai Rolls Royce.

Memang, jam analog yang digunakan bukan yang berkelas seperti lainnya. Toh fitur ini tak penting karena pengemudinya tinggal lihat jam tangan atau jam di smartphone. Malahan kalau jarumnya menunjuk ke waktu yang salah, misalnya, karena aki soak, susah untuk mengoreksinya dan harus ke bengkel resmi. Masih lebih efektif jam digital Xenia yang terdapat di MID (Multi Information Display). Tapi itu sentuhan sentimentil khas Wuling, biar saja menjadi ciri khas.

Sentuhan detail lain juga dilakukan pada banyaknya ornamen list krom, mulai dari kisi-kisi AC, tuas transmisi, pinggiran panel instrumen sampai knob kontrol. Distribusinya pun sudah double blower sama seperti Xenia.

Lanjut, kelengkapan dan fitur yang dimiliki kabin Confero lebih lengkap. Tersedia colokan USB untuk mengisi energi baterai smartphone sampai ke bangku baris ketiga. Banyak detail lain yang diperhatikan. Contohnya untuk membuka tutup tangki bahan bakar, Sudah bertombol elektrik bukan tuas mekanis. Fitur ini juga biasanya hanya ada di kelas mobil yang lebih mewah.

Sistem hiburan, lagi-lagi Xenia harus mengakui keunggulan kompetitor barunya itu. Sistem multimedia Xenia tipe tertinggi memang sudah layar sentuh dengan fungsi navigasi GPS. Headunit Confero belum bisa navigasi. Tapi bisa mirroring. Jadi kalau smartphone Anda ada aplikasi GPS, tinggal hubungkan dengan headunit dan sistem multimedianya jadi bisa navigasi. Nilai plus lagi, sudah ada tombol audio di lingkar kemudi, Xenia belum.

Wuling Confero Safety

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Rem ABS (Anti-lock Brake System) seharusnya menjadi fitur keselamatan standar yang wajib ada di setiap mobil di Indonesia. Entah mengapa Daihatsu lupa pasang fitur ini pada Xenia. Untungnya, Confero sudah ada di tipe tertingginya (Confero S L Type). Bahkan, ia mempunyai juga EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan memakai rem jenis cakram untuk roda belakangnya, Xenia? Tromol.

Dual SRS Airbags, sensor dan kamera parkir ada di kedua mobil ini menemani fitur keselamatan dan keamanan standar seperti sabuk pengaman untuk semua kursi, kursi ISOFIX, alarm dan kunci immobilizer. Oh ya, ada fitur unik pada remotnya. Remot Confero berjenis foldable dan bisa digunakan untuk membuka kaca jendela dan kunci bagasi. Satu lagi, Confero memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengetahui tekanan angin pada setiap ban. Keren!

Performa

Membandingkan mesin keduanya, sebetulnya kurang seimbang. Confero memakai mesin 4-silinder 1,5 liter yang bertenaga 108,4 PS pada 5.800 rpm dengan torsi puncak 142 Nm pada 3.800 – 4.400 rpm. Sedang mesin Xenia cuma berkapasitas 1,3 liter, yang menghasilkan tenaga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Selisih outputnya, seharusnya cukup bisa dirasakan saat melaju di jalan tol ataupun jalanan menanjak.

Jangankan dengan Xenia, lawan Mitsubishi Xpander yang sama-sama berkapasitas 1,5 liter, mesin Confero masih lebih unggul! Mesin Confero hanya kalah kalau dibandingkan dengan Honda Mobilio yang tenaganya sampai 118 PS. Tapi, Confero dan Xenia punya sistem penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive). Keunggulannya, saat menanjak distribusi bobot tertumpu pada kedua roda belakang. Sehingga usaha untuk mendorong mobil tak perlu sebesar tarikan roda depan seperti Mobilio, Ertiga dan Xpander.

Ibarat tak ada gading yang tak retak, Confero bukanlah mobil yang sempurna. Confero baru dipasarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed. Xenia ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Masalah ini cukup krusial. Di era modern seperti sekarang, tak sedikit pengemudi yang cuma bisa mengemudikan mobil bertransmisi otomatis. Belum termasuk pengemudi di kota besar yang padat, otomatik merupakan kebutuhan. Wuling kehilangan banyak konsumen hanya karena masalah ini.

Kesimpulan dan Harga

Dengan segala kelebihanya, Confero dijual jauh lebih murah dari Xenia. Harga Confero mulai Rp 128,8 juta. Bahkan tipe termahal seharga Rp 165,9 juta masih lebih murah dari Xenia termurah Rp 180 jutaan. Malah untuk menebus fitur yang lebih lengkap, konsumen Xenia termewah harus membayar Rp 215,1 juta.

Kesimpulannya, Confero banyak keunggulan dibanding Xenia. Di berbagai sektor, dimensi, eksterior, interior, fitur, performa dan harga. Confero menawarkan value for money yang jauh lebih tinggi dibanding Xenia. Memang durabilitasnya belum terbukti dan jangkauan layanan purna jual Confero pun masih dalam tahap pengembangan. Namun masyarakat kini punya pilihan baru. (Rzk/Van)

Baca Juga : Wuling Confero S vs Toyota Calya

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Wuling

  • Wuling Binguo EV
    Wuling Binguo EV
  • Wuling Air EV
    Wuling Air EV
  • Wuling Alvez
    Wuling Alvez
  • Wuling Formo
    Wuling Formo
  • Wuling Confero
    Wuling Confero
  • Wuling Formo Max
    Wuling Formo Max
  • Wuling Almaz Hybrid
    Wuling Almaz Hybrid
  • Wuling Cortez
    Wuling Cortez
  • Wuling Almaz RS
    Wuling Almaz RS
  • Wuling Cloud
    Wuling Cloud
Harga Mobil Wuling

Jangan lewatkan

Promo Wuling Confero, DP & Cicilan

  • 1.5 MT Double Blower DP Rp 27,85 Juta Angsuran Rp 13,79 Juta x 12 Bulan Rp 181,3 Juta OTR Lihat Promo

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang
  • Wuling E100
    Wuling E100
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Mar, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Wuling Confero Terbaru di Oto

Oto
  • Wuling New Confero S 2021 | Setelan Mesin Baru, Tenaga Turun
    Wuling New Confero S 2021 | Setelan Mesin Baru, Tenaga Turun
    05 Apr, 2021 .
  • Wuling Confero S ACT 2019 | First Drive | Bagaimana Rasa Transmisi Barunya? | OTO.com
    Wuling Confero S ACT 2019 | First Drive | Bagaimana Rasa Transmisi Barunya? | OTO.com
    25 Apr, 2019 .
  • Tour de Heritage, Membawa Wuling Confero ke Tiongkok Kecil di Jawa Tengah I OTO.com
    Tour de Heritage, Membawa Wuling Confero ke Tiongkok Kecil di Jawa Tengah I OTO.com
    12 Mar, 2018 . 961 kali dilihat
  • Pilih Varian Termurah Wuling Confero atau Daihatsu Sigra X? I OTO.com
    Pilih Varian Termurah Wuling Confero atau Daihatsu Sigra X? I OTO.com
    14 Sep, 2017 . 127 kali dilihat
  • Fenomena Xpander & Wuling I OTO.com
    Fenomena Xpander & Wuling I OTO.com
    31 Aug, 2017 . 420 kali dilihat
  • Komparasi Toyota Avanza VS Wuling Confero I OTO.COM
    Komparasi Toyota Avanza VS Wuling Confero I OTO.COM
    25 Aug, 2017 . 510 kali dilihat
  • Intip Lineup Lengkap Wuling di GIIAS 2017
    Intip Lineup Lengkap Wuling di GIIAS 2017
    16 Aug, 2017 . 85 kali dilihat
  • GIIAS 2017 : Peluncuran Wuling Confero S I OTO.COM
    GIIAS 2017 : Peluncuran Wuling Confero S I OTO.COM
    10 Aug, 2017 . 99 kali dilihat
  • Jusuf Kalla Inaugurates Wuling Factory in Cikarang I OTO.com
    Jusuf Kalla Inaugurates Wuling Factory in Cikarang I OTO.com
    03 Aug, 2017 . 5K kali dilihat
  • Wuling Motors Merilis Harga Resmi Confero I OTO.COM
    Wuling Motors Merilis Harga Resmi Confero I OTO.COM
    03 Aug, 2017 . 418 kali dilihat
Tonton Video Mobil Wuling Confero

Bandingkan & Rekomendasi

DFSK Supercab
DFSK Supercab
Rp 153,5 Juta
Harga Supercab
Wuling Formo
Wuling Formo
Rp 152,7 - 169,6 Juta
Harga Formo
Renault Triber
Renault Triber
Rp 166,9 - 187,9 Juta
Harga Triber
Toyota Calya
Toyota Calya
Rp 164,7 - 187,4 Juta
Harga Calya
Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra
Rp 138 - 181,6 Juta
Harga Sigra
Mesin 1498
1206
999
1197
998
Lebar 1810 mm
1691 mm
1739 mm
1655 mm
1655 mm
Tinggi 1890 mm
1715 mm
1643 mm
1600 mm
1600 mm
Tempat Duduk 3
2
7
7
7
Jenis Transmisi Manual
Manual
Manual
Manual
Manual
Mesin 1.5L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
1.2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.0L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
Panjang 4440 mm
4493 mm
3990 mm
4110 mm
4110 mm

Tren MPV

  • Yang Akan Datang
  • BYD D9
    BYD D9
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Lexus LM 2024
    Lexus LM 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Avanza 2024
    Toyota Avanza 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Honda Odyssey 2024
    Honda Odyssey 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Apr, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil MPV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Wuling Confero dari Carvaganza

  • Wuling Confero Series Buktikan MPV Nyaman Tak Harus Mahal
    Wuling Confero Series Buktikan MPV Nyaman Tak Harus Mahal
    Raju Febrian, 30 Agu, 2021
  • Semakin Mudah Miliki Wuling Lewat Ragam Potongan Harga dan Keringanan Cicilan Selama Agustus
    Semakin Mudah Miliki Wuling Lewat Ragam Potongan Harga dan Keringanan Cicilan Selama Agustus
    Ahmad Karim, 27 Agu, 2021
  • Beli Wuling New Confero S dengan Harganya Menggiurkan, Dapat Apa Saja?
    Beli Wuling New Confero S dengan Harganya Menggiurkan, Dapat Apa Saja?
    Raju Febrian, 24 Mei, 2021
  • Wuling Motors Salurkan 25.000 Masker Untuk Satgas NU
    Wuling Motors Salurkan 25.000 Masker Untuk Satgas NU
    Alvando Noya, 10 Mei, 2021
  • Wuling Motors dan Forwot Gelar Ramadan Care 2021, Donasikan 100 Paket Sumbangan
    Wuling Motors dan Forwot Gelar Ramadan Care 2021, Donasikan 100 Paket Sumbangan
    Alvando Noya, 07 Mei, 2021

Artikel Mobil Wuling Confero dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Detail Perubahan dan Varian Wuling Confero S 2021, Ada Fitur yang Hilang
    Detail Perubahan dan Varian Wuling Confero S 2021, Ada Fitur yang Hilang
    Ahmad Karim, 11 Mar, 2021
  • New Wuling Confero S 2021 Meluncur dengan Wajah dan Mesin Baru
    New Wuling Confero S 2021 Meluncur dengan Wajah dan Mesin Baru
    Ahmad Karim, 10 Mar, 2021
  • Seberapa Modal Wuling Confero S 1.5L ACT Bertarung di LMPV
    Seberapa Modal Wuling Confero S 1.5L ACT Bertarung di LMPV
    Raju Febrian, 28 Sep, 2020

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*