Top 3 Berita Mobil Pekan Ini: Kedatangan Hyundai Santa Fe, Kia Sonet 7 Seater dan Kijang Innova 50th Edition

Top 3 Berita Mobil Pekan Ini: Kedatangan Hyundai Santa Fe, Kia Sonet 7 Seater dan Kijang Innova 50th Edition

Pasar otomotif Tanah Air menunjukkan gairahnya. Setidanya dalam sepekan ini, beberapa pabrikan menyuguhkann bermacam mobil baru. Misalnya kedatangan Hyundai Santa Fe facelift 2021 dengan mesin bensin plus diesel. Mereka menghuni segmen medium SUV berikut segudang kapabilitas. Lalu Kia juga merilis keluarga baru Sonet. Kali ini sang crossover hadir dengan Sonet 7-Seater yang cukup menyita perhatian. Pasalnya ia memiliki panjang sekitar 4 meteran saja, namun punya tiga baris bangku. Lanjut di ranah medium MPV, TAM meluncurkan Kijang Innova 50th Edition sebagai kado ulang tahun setengah abad perjalanan Toyota di Indonesia. Simak ikhtisar berikut ini.

Santa Fe

Hyundai Santa Fe

Hyundai Indonesia akhirnya merilis Santa Fe facelift 2021. Mereka ingin menjaring konsumen keluarga muda yang suka bertualang. Kemudian gemar kendaraan bergaya trendi. Demi bertarung di kelas itu, perusahaan menawarkan mesin bensin 2,5 liter dan diesel 2,5 liter turbo. Semua tersedia dalam tiga varian, enam tipe. Perusahaan menawarkan banderol mulai dari Rp 569 juta hingga Rp 729 juta on the road Jakarta.

“Mulai saat ini New Hyundai Santa Fe tersedia di diler resmi kami. Saat ini kami memiliki 29 outlet dan target hingga akhir tahun 2021 tersedia 100 outlet. SUV ini memasuki kelas premium. Mobil baru ini diambil dari Korea Selatan. Untuk pasar Indonesia tersedia dua mesin: bensin dan diesel. Harga yang ditawarkan sangat reasonable (masuk akal) karena banyak fitur kemewahan dan kenyamanan yang ada pada New Santa Fe,” terang Makmur, COO Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara daring (7/4).

Versi facelift Santa Fe menambah tingkat kedewasaan. Lihatlah alur di ujung depan yang mencolok jua menonjol melalui bentuk kisi-kisi jembar. Amat khas ukiran Fluidic Sculpture Hyundai teranyar. Pola 3D pada grille memberi karakter kokoh. Kemudian Daytime Running Light (DRL) LED berbentuk T, begitu unik. Saat dipandang sontak menyita perhatian. Apalagi saat berada di kondisi gelap. Sorot mata vertikal sangat tajam bak taring ular mau menerkam mangsa.

Pada bumper bawah, skid plate tampak kuat dengan imbuhan jaring asupan udara. Secara visual ia mendukung arsitektur grille utama. Untuk melengkapi kesan beringas dari ujung depan. Sudut didominasi oleh saluran angin aerodinamis. Posisi berorientasi vertikal. Kemudian penutup lengkung roda (fender) dibikin lebih lebar plus desain velg baru (termasuk opsi 20 inci dual tone). Menurut Hyundai, formulasi ini bisa meningkatkan efisiensi aliran udara dan memperkuat rancang bangun tubuh. Hasil racikan eksterior anyar itu memberi coefficient of drag (Cd) 0,33 sama dari milik kakanya Hyundai Palisade. Informasi selebihnya bisa di klik di sini.

Kia Sonet 7 Seater

Kia Sonet 7-Seater

Ini menjadi SUV mungil yang menarik perhatian. Kia Sonet 7 Seater bisa dipilih bila Anda mendambakan crossover kecil dengan fitur berkelas dan akomodasi ekstra. Bukan sekadar tambahan satu varian pula. Tidak tanggung, ia datang dalam empat trim sekaligus, dibanderol mulai dari Rp 199,5 juta sampai Rp 296 juta (OTR Jakarta). Secara garis besar mungkin Anda tidak menemukan perbedaan dari model 5 seater.

Tubuhnya terlihat identik dari segi gaya. Ciri khas dan mayoritas fitur luar eksis. Sebut saja bahasa desain Tiger Nose Grille yang diapit lampu utama LED otomatis. Tak ketinggalan grafis LED “Heartbeat” sebagai DRL dan visual pemanis lampu belakang memanjang. Soal akses, fitur sekelas smart entry hingga Remote Start Engine siap membantu.

Begitupun kalau membahas soal dimensi. Faktanya, Sonet 7 Seater memiliki ukuran tubuh serupa aransemen orisinal. Ia memiliki dimensi 4.120 x 1.790 x 1.615 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.500 mm. Tak ditemukan rombakan mendasar sehingga ubahan utama tampak memanfaatkan ruang kabin semaksimal mungkin.

Dari segi kelengkapan interior memang ada satu atau dua komponen absen. Termasuk di antaranya minus sunroof dan pemanja telinga Bose. Namun itu semua boleh jadi tidak berarti banyak sebab secara esensial perbekalannya tetap tergolong menawan ala SUV premium. Sebut saja Ventilated Seat, AC otomatis, Cruise Control bersama kemampuan bawaan eksterior seperti sakelar lampu otomatis dan push start button. Setidaknya semua ini bisa dinikmati pada kelas trim atas. Selengkapnya ada di sini.

Toyota Kijang Innova Limited Edition

Kijang Innova 50th Toyota Anniversary

Toyota Astra Motor menawarkan edisi terbatas bagi Kijang Innova 50th Toyota Anniversary. Mereka menyediakan dalam dua varian. Yang pertama V Luxury bensin dengan harga mirip dua unit Avanza E AT, yakni Rp 404,5 juta. Kemudian Venturer turbo diesel Rp 482,7 juta. Semua berstatus on the road Jakarta. Secara fisik mirip dengan model lainnya, namun ada sejumlah perbedaan dan persamaan dari unit reguler.

“Pada ulang tahun emas ini, kami mempersembahkan Kijang Innova 50 tahun. Sejak awal Kijang dibangun untuk masyarakat, lalu berkembang dari kendaraan komersial menjadi mobil penumpang. Ia mampu merepresentasikan perjalanan Toyota di Indonesia. Edisi ini hanya dijual terbatas 50 unit saja. Kami juga hadirkan stiker berwarna emas yang menggambarkan perjalanan Toyota di Tanah Air,” ucap Henry Tanoto, Vice President Director Toyota Astra Motor, di kanal Youtube perusahaan (9/4).

Eksterior Kijang Innova 50th Toyota Anniversary mendapatkan sentuhan emas di garis pinggang bodi. Dalam stiker itu terdapat susuan kiprah Kijang di Indonesia. Secara umum terbaggi ke dalam enam perjalanan: era awal industri, mobilisasi pertama, tahapan ekspor, mobil keluarga Indonesia, masa Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) dan era reborn seperti model sekarang ini. Kemudian pembeda dari reguler berupa pelek alloy dark grey 16 inci sebagai pijakan tubuh.

Lalu perbedaan lainnya dengan edisi reguler berupa rancangan kisi-kisi trapesium dengan kromium gelap. Sementara Front bumper berikut halogen fog lamp masih sama dari Kijang Innova biasa, seperti trim V. Lalu ada chrome list ornament, new side turn signal lamp design with black ornament. Tak lengkap rasanya bisa tidak dibubuhi emblem edisi terbatas 50 tahun di buritan.

Urusan kabin jelas lebih baik dari reguler. Edisi terbatas ini menggunakan head unit layar sentuh 9 inci. Sudah mengadopsi teknologi miracast dan smart phone connection. Bahkan dilengkapi fitur NFC untuk melihat salo e-money. Interior juga menggunakan new noble brown seat color agar menguatkan kesan premium. Pendingin kabin jua mengadopsi sistem digital plus panel bermotif kayu di atas lingkar kemudi, serta dasbor. Untuk info lebih detail, sila di simak di sini. (Alx/Raju)