Kia Sonet 7-Seater

Tulis Review
Model Apr, 2021 ini sudah tidak ada

Di Indonesia, Kia tidak lagi menjual Sonet 7-Seater. Mobil ini juga sudah tidak lagi diproduksi.

Mobil Kia

Informasi Terkini Sonet 7-Seater

Setelah meluncurkan Kia Sonet pada November 2020, PT Kreta Indo Artha kembali menawarkan Sonet baru pada April 2021. Masih sama dengan Sonet sebelumnya, hanya saja dibikin khusus untuk pasar Indonesia. Diberi sebutan Sonet 7-seater. Ya, agen pemegang merek Kia di Indonesia sedikit mengubah compact SUV itu dengan menambahkan dua kursi di bagasi. Disebut sebagai permintaan konsumen Indonesia yang ingin compact SUV dengan akomodasi penumpang lebih. Ia kemudian menjalani world premiere, yang berarti Sonet 7-seater bisa diluncurkan di negara lain, seperti India. Harganya masih bersaing dan punya value yang baik. Sonet 7-seater dibanderol mulai dari Rp 199,5 juta sampai 296 juta (OTR Jakarta)

Sonet 7-seater juga menyandang modelnya sendiri, alih-alih sebagai varian baru dengan kursi lebih. Ditandai dengan tawaran empat trim berbeda yang bisa dipilih konsumen. Ada Standard, Smart, Dynamic dan Premiere. Namun secara garis besar penampilan luar tak berbeda dengan model 5-seater. Revisi justru banyak dilakukan di kabin.

Pertama, lantai bagasi dibikin lebih rendah. Agar bisa memberi ruang untuk kursi ekstra. Roda cadangan turut dipindah ke kolong bagasi. Tak cuma itu, kursi baris kedua berubah, dengan pelipatan menjadi 40:60. Penumpang tengah baris kedua tak kedapatan headrest. Kemudian, agar penumpang belakang tak kepanasan, dipasangkan AC double blower di atap. Sedang AC baris kedua pada konsol tengah tetap tersedia. Karena atap dipasangkan blower, sunroof harus dihilangkan.

Selain dari perbedaan itu, tak banyak lagi yang dirombak dari Sonet 5-seater menjadi 7-seater. Tetap dengan mesin 4-silinder 1,5 liter DOHC, Dual CVVT bernama  Gamma II Smarstream Engine. Tenaga yang bisa diproduksi mesin naturally aspirated ini mencapai 115 hp dengan torsi 144 Nm. Penyalur ke roda depan tersedia pilihan manual 6-percepatan atau CVT 8-percepatan.

Fiturnya dipastikan tetap kaya. Termasuk fitur keselamatan seperti 6 airbag, VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide. Penunjang kenyamanan tersedia Ventilated Seats, Smart Key with remote starter, layar sentuh besar dengan wireless Car Play and Android Auto, Mood Lamp connected to music. Wireless Charging with cooling function, Sunroof with tilt and slide, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Cruise Control.

Harga Kia Sonet 7-Seater

Harga Sonet 7-Seater adalah antara Rp 230,6 Juta hingga Rp 325,4 Juta.

Varian Kia Sonet 7-Seater

Ada 5 varian yang tersedia dari Sonet 7-Seater: Standard 7 MT, Smart 7 MT, Smart 7 iVT, Dynamic 7 iVT dan Premiere 7 iVT.

Mesin Kia Sonet 7-Seater

Sonet 7-Seater ditenagai oleh 1497cc 4-silinder Bensin Mesin menghasilkan tenaga 113 hp dengan torsi 144 Nm.

Dilengkapi dengan pilihan transmisi 6-Speed Manual dan Variable Speed CVT.

Fitur Kia Sonet 7-Seater

Daftar fitur Sonet 7-Seater mencakup Power Door Locks, Engine Immobilizer, Anti Theft Device dan Central Locking dalam hal keamanan.

Fitur pendukung Kenyamanan & Kemudahan termasuk Power Window Depan, AC, Cup Holder - depan, Pemanas, Automatic Climate Control, Cruise control, Arm Rest Konsol Tengah, Engine Start Stop Button, Vanity Mirror, Keyless Entry, Lampu baca, Automatic Head Lamps, Power Outlet dan Bottle Holder.

Fitur Hiburan & komunikasi termasuk Audio 2DIN, Layar Sentuh, Speaker depan, Sambungan Bluetooth, Speaker belakang, Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi, Radio AM/FM dan Soket USB.

Interior Kia Sonet 7-Seater

Fitur interior termasuk Garnish Krom.

Eksterior Kia Sonet 7-Seater

Fitur eksterior termasuk Adjustable Headlights, Wiper Kaca Belakang, Lampu Kabut Depan, Grille Krom, Lampu sein kaca Spion Luar, Antena Terpadu, Spoiler Belakang, Spion Lipat Elektrik, Kaca spion elektrik dan Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah.

Fitur Keselamatan Kia Sonet 7-Seater

Fitur keamanan Model mencakup Sensor Parkir, Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman, Pelindung Benturan Depan, Pengukur Tekanan Ban, Airbag Samping Depan, Child Safety Locks, EBD (Electronic Brake Distribution), Kantong Udara Pengemudi, Pengingat Pintu Terbuka, Kamera Belakang, Vehicle Stability Control System, Anti Lock Braking System, Sabuk Pengaman Belakang, Pelindung Benturan Samping, Engine Check Warning, Airbag Penumpang Depan dan Crash Sensor.

Pesaing Kia Sonet 7-Seater

Pesaing Sonet 7-Seater adalah: Volvo XC60, DFSK Glory 560, Kia Sonet, Nissan Magnite dan Daihatsu Rocky.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Video Kia Sonet 7-Seater

Lihat video terbaru Kia Sonet 7-Seater untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

  • Kia Sonet 7-Seater | Perlukah Opsi ini?
    Kia Sonet 7-Seater | Perlukah Opsi ini?
    09 Apr, 2021 .
Video Sonet 7-Seater

Review Kia Sonet 7-Seater 2024

Ardiantomi berkata

Ardiantomi

Agen pemegang merek Kia di Indonesia, PT Kreta Indo Artha boleh membanggakan soal debut Sonet 7-seater. Namun tak sedikit yang berpandangan penambahan kursi sebagai gimik belaka. Memanfaatkan ketertarikan berlebih masyarakat Indonesia terhadap tujuh kursi di dalam kabin. Tapi sah saja. Toh digarap dengan cukup serius dengan merombak sejumlah bagian. Tak sekadar memasang dua kursi ekstra. Yang bikin dahi berkerut, soal muat atau tidaknya baris ketiga untuk diduduki.

Pertanyaan yang wajar, lantaran Sonet sendiri lahir di India sebagai mobil kategori sub-4m. Yang artinya punya dimensi panjang tak sampai 4 meter. Unit yang ada di sini pun merupakan CBU sana. Namun catatan dimensi sini melebihi sedikit dari angka 4 meter tepatnya 4,12 meter. Karena ada tambahan moulding di bokongnya. Sonet normal yang punya lima kursi sudah terasa sangat pas. Bak alternatif dari hatchback perkotaan. Yang juga menawarkan 5-seater plus bagasi lumayan besar.

Kekhawatiran terhadap ruang kaki baris ketiga menjadi kenyataan. Rasanya tak salah kalau menyebut Sonet 7-seater sebagai 5+2. Baris ketiga sangat sempit untuk ukuran rata-rata orang Indonesia. Mungkin paling pas sebagai kursi buat anak-anak.

Terlepas dari itu, tak banyak yang berbeda antara Sonet 7-seater dengan 5-seater. Sebuah berita baik. Karena Sonet pada dasarnya punya bekal tergolong lengkap. Termasuk tampilan desainnya yang juga bak pinang dibelah dua. Selain itu, PT KIA juga menawarkan lima pilihan varian untuk Sonet 7-seater.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Interior & Fitur Kia Sonet 7-Seater

Mayoritas fungsi pengoperasian pun turut disetarakan. Tak perlu takut lupa menyalakan lampu saat kondisi gelap. Karena sudah ada fitur Auto Light yang menyalakan lampu secara otomatis. Keyless entry eksis memberi kemudahan akses kabin. Ditambah dengan start/stop button dan Remote Engine Start untuk kepraktisan dalam menyalakan mobil. Fitur Remote Engine Start hanya terdapat di model bertransmisi otomatis.

Susunan dasbor terlihat identik dengan Sonet lima kursi. Satu yang paling membedakan, ukuran layar infotainment. Pada Sonet 7-seater tipe teratas Premiere lebih besar. Menjadi 10,25 inci. Sementara dua varian di bawahnya tetap dengan layar sentuh 8 inci. Meningkatnya ukuran itu sebagai kompensasi hilangnya sistem audio premium Bose. Tak khawatir karena fitur modern lain seperti konektivitas smartphone Android Auto dan Apple CarPlay serta kamera parkir sudah terintegrasi dengan infotainment. Di tipe terendah Standard terpasang unit 3,8 inci dengan penjaling hubungan Bluetooth dan USB sebagai sarana hiburan.

Pembeda Sonet 7-seater paling banyak di kabin. Khususnya baris kedua dan area belakang. Untuk bisa memasang kursi baris ketiga, lantai direndahkan. Biar tersedia ruang kaki. Berkat itu, roda cadangan harus dipindahkan ke kolong bagasi. Kursi baris kedua ikut direvisi. Tadinya agak tak biasa dengan posisi menyatu. Pada versi 7-seater sudah bisa dilipat dengan pembagian 60:40. Agar memudahkan akses baris ketiga. Kursi tengah juga bisa sliding dan reclining untuk pengaturan ruang kaki penumpang lebih optimal.

Biar penumpang belakang bisa merasakan sejuk di kabin, tersedia AC pada langit-langit baris kedua. Kemudian jadi alasan untuk mengorbankan gimik sun roof. AC ini menambahkan ventilasi penyejuk kabin yang sudah ada di konsol tengah.

Trim tertinggi Premiere punya status sebagai Sonet paling mahal. Ia punya jok berlapis kulit dan berventilasi. Jadi bagian punggung dan dudukan penghuni kabin depan bisa dibuat ekstra sejuk lewat embusan udara dingin dari lubang-lubang kecil. Kemudin ada fitur penjaga baterai smartphone nirkabel (wireless charger), speedometer digital, cruise control dan penunjuk arah kiblat.

Eksterior Sonet 7-Seater

Eksterior Kia Sonet 7-seater tak punya perbedaan dengan versi lima penumpang. Dengan bekal dimensi yang juga sama. Di angka 4.120 x 1.790 x 1.615 mm (PxLxT) dan jarak antara poros roda 2.500 mm. Ground clearance menjulang 205 mm memberi banyak jarak dengan permukaan tanah. Aman melibas jalanan rusak tanpa ada rasa khawatir kolong mobil mentok.

Dilihat dari luar tak akan mudah membedakan antara keduanya. Kecuali dipandang dari atas, karena semua lini Sonet 7-seater tak dibekali dengan sun roof. Sementara varian tengah ke atas Sonet punya fitur itu.

Sonet sendiri punya desain yang modern dan menawan. Identitas SUV jelas tanpa harus menyatakannya secara berlebihan. Bodinya padat berisi, tanpa harus obesitas. Lekuk tubuh dan fender pun terbilang menawan. Tidak berlebihan. Semua varian memakai Tiger Nose Grille khas pabrikan. Juga dengan pelek berukuran 16 inci. Bahkan si bontot varian Standard juga sama, hanya saja memakai material pelek kaleng.

Kelengkapan di sektor luar sudah sangat memadai. Lampu utama, DRL dan kombinasi belakang disokong teknologi diode. Sedang lampu kabut proyektor halogen bersiaga di depan kala dibutuhkan. Kromium di sejumlah titik menjadi bumbu tampilan mewah. Sementara cladding hitam di sekujur bodi dan ornamen roof rail mempertegas karakternya yang masih ada di keluarga SUV.

Pengendalian & Pengendaraan Kia Sonet 7-Seater

Kaki-kaki Sonet menggunakan kombinasi paling umum. Berpadu Macpherson Strut di depan dan torsion beam pada kaki belakang. Kalau membayangkan lini Kia lain, bakal berharap kenyamanan. Nyatanya, Sonet terbilang keras bantingannya. Tidak sampai tahap kasar dan tak bersahabat. Pertimbangan penambahan kursi dan penumpang jadi alasannya. Untuk mengakomodir itu, tentu perlu penyesuaian pada suspensi. Sehingga memberi sedikit rasa keras pada bantingan suspensi. Sementara kestabilan saat Sonet 7-seater berlari kencang bisa dibilang mantap.

Mesin & Konsumsi BBM Sonet 7-Seater

Seperti model dengan lima kursi, Sonet 7-seater menggendong mesin yang sama. Disebut Smartstream Gamma II. Dapur pacu 4-silinder 1,5-liter Dual CVVT dan Dual Fuel Injector. Ekstraksi daya dihasilkan tidak mengecewakan. Output sebesar 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi puncak 144 Nm pada 4.500 rpm. Jantung mekanis terasa sangat bertenaga, dengan torsi mulai terasa sejak putaran rendah. Ditambah lagi padanan transmisi CVT pintar. Disebut Smartstream iVT (Intelligent Variable Transmission).

Berbeda dengan CVT kebanyakan, iVT memakai rantai, alih-alih sabuk konvensional. Tujuannya, mengkombinasikan efisiensi sebuah CVT, sekaligus meningkatkan respons ketika berganti rasio. Lalu menggunakan tensioner untuk mengatur diameter pulley yang mampu mengurangi slip dan menambah efisiensi. Ditambah lagi, rantai bebas perawatan. Sehingga masa pakainya jauh lebih panjang dari CVT biasa. Menurut pihak pabrikan, iVT memberi rasa responsif, makin irit dan kuat.

Tersedia tiga mode berkendara: Eco, Normal dan Sport. Kalau ingin berkendara lebih hemat di padatnya perkotaan bisa memakai Eco. Hanya saja mengorbankan sedikit rasa menyenangkan. Karena mode penghemat BBM itu bakal menahan bukaan throttle jadi lebih sopan. Alhasil, responsnya terasa lebih lambat. Sementara Sport bisa digunakan kala ingin mengeksplorasi lebih dari performa mesin Sonet.

Pengereman Kia Sonet 7-Seater

Fitur penjamin keselamatan Sonet 7-seater paling mahal terdiri dari 6 airbag, ABS+EBD, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control (HAC), kamera parkir mundur dan sensor parkir belakang. Dynamic dan Premiere bahkan punya sistem pengecek tekanan angin ban atau Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Sementara varian selain Premiere berkurang jumlah kantung udara. Khusus varian termurah pasti lebih minim. Meski bertabur fitur safety, sayangnya Kia cuma membekali Sonet dengan rem cakram di depan saja.

Pilihan Mobil Bekas

Mobil Bekas Kia

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Pertanyaan Terbaru

has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa kelebihan dan kekurangan Kia Sonet 7-Seater?

B
buima15 Sep, 2022
yg pasti tata bandel dan irit bbm krn turbo krn kl bahan bakarnya solar pasti kuat dan bertenaga
Lihat 87 Jawaban Jawaban
author
has asked on 29 Mei, 2023

Q. Mobil apa yang paling banyak dibandingkan dengan Kia Sonet 7-Seater?

C
Christian19 Jun, 2023
Honda Cr-v, Nissan X-Trail, Mitsubhisi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Mazda Cx-5, Wuling Almaz
Lihat 1 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa saja fitur keselamatan yang ada pada Kia Sonet 7-Seater?

A
Ardyan Nurcahyo05 Jan, 2023
Spion tengah bisa dilipat, sebagai anti silau cahaya dari belakang
Lihat 18 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Berapa kapasitas mesin Kia Sonet 7-Seater?

J
Jerry T29 Apr, 2021
4.57 liter.. Kalau ganti filter olie 4.8 ltr.. Olie khusus diesel SAE terbaik 5W 30. 10W 40 juga maaih layak digunakan.
Lihat 23 Jawaban Jawaban
author
has asked on 26 Mei, 2018

Q. Apa alternatif selain Kia Sonet 7-Seater di rentang harga yang sama?

G
God-It zzz21 Nov, 2022
Wuling Almaz RS Hybrid
Lihat 11 Jawaban Jawaban
author
Pertanyaan Sonet 7-Seater

Opsi Lainnya di Mobil SUV

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Terbaru
Mobil SUV Populer
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mercedes Benz EQE SUV
    Mercedes Benz EQE SUV
    Rp 1,222 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Neta U
    Neta U
    Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mobil SUV Yang Akan Datang
Mobil SUV Yang Akan Datang
Mobil SUV Terbaru

Mobil Kia Pilihan

  • Populer
Mobil Kia

Dealer Kia Terdekat

Dealer Kia Di Jakarta Selatan

Berita Otomotif Dan Review

  • Berita Sonet 7-Seater
Berita Mobil Sonet 7-Seater

Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*