Simak Alternatif MPV Toyota Bekas Seharga Avanza Veloz, Pilih yang Mana?

Simak Alternatif MPV Toyota Bekas Seharga Avanza Veloz, Pilih yang Mana?
Gambar
Review Pengguna

Toyota Veloz jadi opsi premium di keluarga Avanza. Suguhkan fitur ekstra dengan ragam pemanis sehingga nuansa terasa lebih berkelas ketika dikemudikan. Tak masalah bila hasil pertimbangan tertuju kepada Veloz. Ia dibanderol mulai dari Rp 224,75 juta untuk varian 1.3 M/T hingga memuncak di 248,55 juta khusus 1.5 A/T.

Kendati begitu, pilihan tidak melulu harus mobil baru dan tidak selalu wajib Avanza bukan? Banyak MPV lain yang lebih bergengsi dengan harga setara atau bahkan di bawah Veloz. Memang berstatus seken, namun bisa dipastikan punya kualitas berkendara lebih baik. Pun bila fanatik dengan merek, tak perlu jauh-jauh melirik jenama lain. Toyota saja suguhkan banyak seleksi di masa lalu seperti rekomendasi berikut ini.

Toyota nav1

Nav1 V Limited 2016

Serbakotak seperti seloyang roti tawar, begitulah karakter tubuh MPV high roof Toyota Nav1. Desain kembali lagi sesuai selera, tapi Nav1 tawarkan ruang kabin ekstra lega dan fleksibel sesuai karakter kelasnya. Harga bekas cukup menggiurkan, bisa di bawah Veloz termurah untuk unit yang tergolong muda. Dengan bujet sekitar Rp 200 jutaan, Nav1 V Limited lansiran 2016 boleh jadi masuk garasi.

Fleksibilitas tinggi dalam kabin ekstra lapang adalah nilai utama Nav1. Konfigurasi captain seat sanggup mengangkut maksimal 7 penumpang. Bangku bisa diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Mau itu saling berhadapan antara baris kedua dan ketiga, dibikin rata untuk selonjoran, atau jok belakang dilipat demi ruang penyimpanan ekstra sanggup ia lakukan. Juga untuk kemudahan akses, kursi baris kedua bisa diputar ke luar.

Urusan jantung pacu jelas mumpuni. Nav1 menggendong enjin empat silinder 2,0 liter 3ZR-FAE 16 Valvematic. Empat ruang bakar mengekstrak tenaga besar mencapai 158 PS pada putaran 6.200 rpm bareng torsi puncak 196 Nm di 4.400 rpm. Seluruhnya tersalur ke roda depan melalui transmisi CVT tujuh percepatan nan halus.

Baca juga: Mobkas Chevrolet Spark LTZ 2017 Harga Rp 100 Jutaan, Desain dan Fitur Atraktif

Sebagai model termahal, V Limited dibekali seperangkat fitur yang belum bisa dibilang usang. Dual Automatic Power Sliding Door merupakan bagian dari standar model. Akses kabin juga pintar tanpa perlu memegang anak kunci berkat Smart Entry & Start System.

Andai bertanya-tanya soal kenyamanan, Nav1 punya banyak senjata selain ruang lapang. Contoh di sistem pendingin kabin. Bukan sebatas panel digital, tersisip sistem dual zone Air Conditioning. Urusan sarana hiburan, head unit touchscreen with Toyota Navigation mejeng di dasbor. Bagi penumpang belakang pun disediakan VIP Rear Seat Entertainment. Belum lagi console box dengan fungsi pendingin atau penghangat semakin membuat Nav1 terasa jauh lebih komplet.

Alphard seken

Alphard Tipe X 2009

 

Image prestise MPV termewah Toyota sudah dapat Anda nikmati dengan anggaran Toyota Veloz. Niscaya generasi pertama Alphard bisa dibeli lantaran mayoritas dibanderol kurang dari Rp 200 jutaan. Namun kalau ‘ngubek-ngubek’ listing iklan mobil bekas bisa jadi menemukan generasi kedua dilego setara Veloz termahal - sekitar Rp 250 jutaan. Ya tentunya spek terendah dan tahun paling tua, Tipe X 2009. Tapi sebuah Alphard tetaplah Alphard, dengan mudah pancarkan status ‘orang berduit’.

Dimensi kabin tak perlu diragukan lagi, sekelas di atas Nav1 pastinya sangat lega. Captain seat bisa dimundurkan jauh ke belakang demi ruang kaki ekstra luas. Atau, bila ditumpangi penuh, baris terakhir sama sekali tidak sempit dan dilindungi sabuk pengaman tiga titik. Rasa berkendara lebih nyaman pula sebab kabin kedap dan bantingan suspensi lembut.

Meski tipe terendah, fiturnya masih di atas Veloz, minimal urusan pengaturan temperatur. Tiga zona, penumpang depan kiri kanan dan area belakang memiliki settingan suhu tersendiri. Ya, rasa premium sebuah Alphard harus absen seperti panoramic sunroof, electric seat depan, dan sliding door elektris di kedua sisi. Pintu motorized tidak absen sepenuhnya, sisi kiri tetap kebagian.

Sektor pemacu daya pun jangan harap serupa model terkuat V6 3,5 liter. Varian termurah dibekali mesin empat silinder 16 valve DOHC dengan VVT-i berkode 2AZ-FE. Urusan tenaga tidak bisa dipandang sebelah mata, siapkan 170 PS berikut gelontoran torsi 220 Nm ke roda lewat transmisi CVT. Dengan mesin sebesar itu jangan harap konsumsi bahan bakar setara enjin 1,5 liter.

mobil bekas Kijang Innova 2012

Innova 2.5 V Diesel facelift

Belum sah rasanya jika dalam daftar hadir MPV Toyota tidak ada Kijang Innova. Generasi pertama 2.5 V setelah major facelift (2011) atau saat minor change terakhir (2013) bisa dipinang dengan bujet setara Veloz. Banyak listing mencantumkan harga mulai dari Rp 200 hingga Rp 250 jutaan. Sudah dapat MPV legendaris, dalam format diesel pula. Kurang menarik apa lagi?

Baca juga: Toyota Camry 2.5V XV50 Dipasarkan Seharga Vios, Seberapa Menarik?

Jantung diesel mungkin lebih diminati lantaran dikenal irit, bandel, sekaligus siapkan torsi berlimpah. Merupakan enjin turbo diesel 4 ruang bakar 16 valve DOHC D-4D, berkode 2KD-FTV. Disarankan pilih transmisi otomatis karena selain memudahkan pengoperasian, jumlah torsi dibikin paling besar. Puntiran maksimum sekuat 260 Nm dapat dimuntahkan sejak putaran 1.600 rpm. Bersamaan dengan itu, ia mengumpulkan tenaga 102 PS yang memuncak di 3.600 rpm.

Fitur bawaan awal revisi besar-besaran Innova mungkin tidak impresif untuk standar masa kini. Meski begitu, tetap wajar kalau dinilai up-to date. Jika belum diganti, head unit mengusung layar touchscreen 6 inci berikut fungsi DVD, MP3, USB, Aux. Belum dikata moderat saat itu, audio steering switch melekat di palang setir. Begitu facelift, head unit berganti model dengan kemampuan serupa. Tampil lebih selaras dengan rancangan dasbor.

Menyoal settingan AC tentu bukan gimmick perangkat digital apalagi kenop putar standar. Toyota bekali varian termahal Innova dengan Automatic Climate Control beserta layar digital.

Garda keselamatan mungkin terdengar biasa saja, diisi oleh Anti-lock Braking System (ABS) dan dual SRS Airbag. Tidak sepenuhnya moderat karena ada corner sensor sebagai pembantu manuver di area sempit. Setidaknya melindungi bodi dari luka akibat kecerobohan sopir.

Pilihan Toyota Sienta Q

Sienta Q pre-facelift

Diketahui ada opsi paling muda dan tetap sekelas di atas Veloz. Adalah Toyota Sienta Q lansiran 2018 sebelum facelift terakhir. Entah kurang diminati atau alasan lain, harga bekasnya mencapai sekitar Rp 200 jutaan saja. Tak hanya sekarang lebih murah, urusan kabin juga lebih praktis dan akomodatif.

Sorotan utama dalam interior adalah metode pelipatan dive-in di bangku baris terakhir. Ia tidak melipat ke samping atau ke depan melainkan tersembunyi ke bawah jok baris tengah. Selain menyuguhkan area barang rata bila semua dilipat, ruang kaki baris terakhir juga dapat menjorok ke bawah sehingga tidak terasa jongkok.

Dari segi fitur pun sangat kekinian mengingat Q adalah tipe termahal Sienta sekaligus baru berumur 2 tahun. Misal di eksterior, pencahayaan malam hari berasal dari proyeksi sinar LED dengan fungsi auto leveling. Fitur smart entry-nya mewah, memanfaatkan sensor bukan tombol fisik. Ditambah lagi power sliding door eksis di kedua sisi.

Begitu masuk kabin tentu nuansa strata teratas bisa dirasa. Pertama dari leather steering wheel berikut steering switch nan menggugah. Lalu, Head Unit touchscreen berkemampuan banyak meliputi USB, Aux, iPod with Mirroring over Wi-Fi, Internet Browser, dan Voice Command. Tak lupa AC otomatis mejeng persis di bawah sistem infotainment.

Jantung mekanis Sienta lebih bertenaga hanya saja tidak begitu signifikan ketimbang Veloz. Ia menggendong unit 4 silinder 1,5 liter dual VVT-i kode 2NR-FE dengan ekstraksi mencapai 107 PS/140 Nm. Sebagai perbandingan, Veloz 1.5 hasilkan output 104 PS/136 Nm. Bedanya lagi, mesin Sienta Q dikawin transmisi CVT rasa 7 percepatan, bukan otomatis konvensional. (Krm/Tom)

Baca juga: Mobil Bekas Datsun Cross Harga Rp 100 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?

Jelajahi Toyota Avanza Veloz

Toyota Avanza Veloz Rp 224,75 - Rp 248,55 Juta Cicilan : Rp 5,13 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store