jakarta-selatan
kali dibagikan

Renault Triber Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Foto Lengkapnya

  • 12 Jul, 2019
  • 2168 Kali Dilihat

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) akhirnya resmi mengenalkan Triber di Tanah Air. Mobil yang disebut sebagai ultra modular 7-seater ini, siap bertarung dengan low MPV (Multi Purpose Vehicle), dan digadang bisa merebut hati konsumen Indonesia.



“Kehadiran Renault Triber di Indonesia dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia, untuk memiliki kendaraan yang memberikan kenyamanan kepada satu hingga tujuh orang penumpang. Triber berasal dari kata tribe yang memiliki arti komunitas, itu sangat menggambarkan karakter masyarakat Indonesia yang memiliki kesamaan dalam kebersamaan,” ucap Davy J Tuilan, COO PT MRI di Tangerang Selatan, Jumat (12/07).


Pesaing Toyota Calya ini memiliki dimensi 3.990 x 1.934 x 1.662 mm (PxLxT). Ia lebih pendek dari MPV lain yang sudah beredar di Indonesia, tapi jauh lebih lebar. Ini memaksimalkan ruang di dalam kabin, sehingga seluruh penumpangnya terasa nyaman. Adapun lebar tiap barisnya : 1.356 mm (depan), 1.330 mm (tengah) dan 1.216 mm (belakang).


Interiornya terkesan sederhana, tanpa banyak detail-detail rumit. Tapi desainnya dibuat modern. Tak hanya tampilan, fiturnya juga anyar. Layar sentuh 8 inci yang dilengkapi Apple Carplay dan Android Auto sudah diaplikasikan. Kenyamanan penumpang turut dipastikan dengan adanya pendingin kabin dan socket charging di seluruh baris.



Urusan kelapangan tiap baris juga didukung jarak ruang kakinya. Pada baris pertama ada celah selebar 710 mm; di baris tengah lebih lebar lagi 200 mm; dan ketiga 91 mm. Menariknya, jok Triber bisa disetel dalam 100 konfigurasi berbeda. Selain itu, ia punya kemampuan untuk mengubah spesifikasi daya tampung, dari tujuh menjadi lima penumpang. Artinya, jok baris ketiga Triber bisa dilepas sepenuhnya. Pengoperasiannya terbilang mudah karena menggunakan sistem Easy Fix. Ini memungkinkan terciptanya ruang bagasi yang lebih lapang, sampai 625 liter.


“Renault Triber memiliki fitur yang ‘Indonesia banget’, seperti adanya socket charging setiap baris. Lalu kursi baris kedua dapat diluncurkan, disandarkan, dilipat dan dimiringkan untuk menambah kapasitas bagasi,” tambahnya.


Bagaimana dengan jantung pacunya? Triber dibekali mesin dengan spesifikasi tiga silinder bervolume 1,0 liter. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga sebesar 73 PS dan momen puntir maksimum 96 Nm. Keluaran daya disalurkan melalui dua jenis transmisi : manual 5-speed dan Automated Manual Transmission (AMT) 5-speed. Lanjut ke sektor keamanan dan keselamatannya, Triber terbilang mumpuni, setidaknya ada empat kantung udara dibenamkan, parkir sensor, sistem peringatan kecepatan, serta semua baris dilengkapi sabuk pengaman dengan retractor dan khusus pengemudi diperkuat pretensioner.



Dengan bekal segitu, lantas berapa harganya? Sayang, PT MRI belum mau membeberkan. Soalnya, ia baru dijual secara resmi saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli. (Hfd/Van)



Baca Juga: Mazda Skyactiv-X Belum Siap Dijual di Indonesia

Galeri

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Renault Triber

Lihat video terbaru Renault Triber untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Renault Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi