Penerus Honda Civic Type R Sedang Diuji Coba di Jerman

Penerus Honda Civic Type R Sedang Diuji Coba di Jerman
Gambar
Review Pengguna

Generasi penerus Honda Civic kedapatan tengah diuji untuk kali pertama. Menariknya bukan model standar, melainkan versi Type R yang ketahuan sedang mencicipi aspal dekat Sirkuit Nürburgring. Evolusi hatchback kencang Honda ini tampak tidak jauh berbeda dari model berjalan.

Wujud sang penerus Civic Type R mudah dikenali sebab ubahan cenderung konservatif. Masih mempertahankan gaya hatchback beratap rendah. Bagasi bergaya saloon dengan spoiler jangkungnya sangat familiar. Pun tetap mengadopsi kuda-kuda rendah dan lebar. Kendati begitu, tentu tidak dibuat persis serupa. Diferensiasi paling kentara adalah profil kap mesin lebih mendatar ketimbang model sebelum sehingga terlihat agak mancung.

Sebagai prototipe, kamuflase tebal menyelimuti sekujur tubuh Type-R. Di depan, Honda berusaha mengelabui paparazzi dengan membuat paras bak sebuah BMW. Matanya berubah, agresif tapi tidak setajam pendahulu, terutama di sudut terluar. Sulit untuk mendapat gambaran jelas. Namun ia diketahui sebagai Civic versi kencang lewat kanal udara berikut apron terbuka lebar di bumper.

civic type r spy side profile

Atap melandai di samping turut mencirikan model terkini, hanya saja terlihat sebuah perbedaan. Eksekusi guratan rumah kaca tampak mengikuti garis atap, tidak seperti varian hatchback pendahulu yang mematah setelah pilar C. Justru mirip versi sedan. Ya, hal ini baru sebatas dugaan karena mungkin saja Honda masih menutupi rancangan final.

Baca Juga: Honda Civic Type R Diremajakan, Kini Punya Honda Sensing

Ubahan desain di bokong menampilkan spoiler dengan mounting lebih tinggi. Kaca belakang terlihat sebagai satu kesatuan utuh, tidak terpisahkan oleh palang lip spoiler. Terlihat juga ubahan pada permainan lampu belakang. Melengserkan komposisi vertikal, atau mungkin tertutup oleh lapisan kamuflase. Rangkaian tiga lubang knalpot tidak mejeng di tengah, dan lagi-lagi kemungkinan besar belum diperlihatkan sebagai gambaran final.

Rupa interior juga berhasil ditangkap kamera tim pengintai. Paling kentara adalah bentuk setir palang tiga anyar. Di bagian tengah dasbor bertengger sebuah monitor infotainment tanpa diselimuti tudung.

honda civic type r

Hot hatch Honda diketahui bakal mendapat powertrain hybrid. Hal ini merupakan bagian dari rencana elektrifikasi yang menargetkan seluruh jajaran mendapatkan pemacu elektris pada 2025 di Eropa.

Teknologi serupa NSX kemungkinan besar diadopsi. Supercar hybrid itu memanfaatkan tiga motor listrik sebagai dorongan ekstra bagi jantung V6 3.500 cc twin turbo. Sinergi seperti ini bisa saja diaplikasikan pada Civic Type R, meski belum diketahui apakah ia akan menganut sistem penggerak empat roda atau tidak. Tentu potensi performa dapat ditingkatkan jika akhirnya Civic Type R dibekali sistem AWD.

Penerus hatchback performa tinggi ini diekspektasikan mendebut pada 2022, setelah versi standar duluan menyapa di akhir 2021. Konon Type R tidak lagi terlahir di pabrik Swindon, Inggris, sebab dipastikan tutup pada 2021. (Krm/Odi)

Sumber: Autocar

Baca Juga: Tanpa Sayap Besar, Honda Civic Type R Sports Line Tampil Lebih Santun

Jelajahi Honda Civic Type R

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store