jakarta-selatan

Nissan Serena, Pilihan Mewah Keluarga Indonesia dari Waktu ke Waktu

  • 10 Apr, 2019
  • 21535 Kali Dilihat

Menyebut merek Nissan di Indonesia, otomatis langsung merujuk ke salah satu MPV kenamaan, Serena. Terkenal lantaran kelapangan kabin, supremasi kenyamanan, hingga aneka fitur futuristik yang kerap ditawarkan, menjadikan pamor yang tak pernah padam.


Keunggulan-keunggulan Serena selalu hadir dari waktu ke waktu. Sejak pertama kali meluncur, hingga generasi terbarunya rilis beberapa waktu lalu. Berikut kami sajikan perjalanan Nissan Serena dari masa ke masa.


C23 (1996-2004) – Membuka Lembar Baru Mobil Keluarga



Pada tahun 1996, jenis kendaraan di Indonesia tidaklah beragam seperti sekarang. Serena pun hadir dalam komposisi sebuah van mewah. Tawaran yang menarik dan inovatif di masanya.


Serena C23 punya keunikan. Pintu penumpangnya ada 3; dua untuk penumpang dan sopir di bagian depan, lalu sebuah di belakang. Pintu belakang inilah yang jadi keunggulan aksesibilitasnya. Berformat pintu geser dengan gagang berdiri yang khas, jadi sebuah karakter tersendiri.


Ragam fitur mewah disajikan. Salah satu yang paling kentara, warna kabin beige yang cerah. Warna ini jarang disajikan di masa itu, namun Nissan berani menghadirkannya demi menguatkan karakter mewah Serena.


Jok baris kedua juga sangat unik dan canggih di era 90-an. Bangku ini bisa diputar 180 derajat menghadap belakang. Penumpang baris kedua dan ketiga, bisa berinteraksi lebih aktif dan memberikan pengalaman yang lebih mengasyikkan.


C24 (2004-2013) – Kemewahan di Atas Empat Roda



Di generasi inilah Nissan Serena menorehkan tintanya lebih tebal dalam lembar otomotif Indonesia. Mobil mewah untuk keluarga jadi persepsi yang tertanam kala menyebut nama Nissan Serena. Populasinya meningkat tajam dibanding generasi pertama. Sangat mudah menemukan mobil ini tengah menurunkan penumpangnya ke lobi mall atau hotel mewah.


Nissan pun menyajikan banyak varian untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen Indonesia. Ada tiga tipe Serena yang beredar, Comfortable Touring (CT), Highway Star (HWS), dan Highway Star Two Tone.


Berbeda dengan generasi sebelumnya, pintu belakang geser tentu sudah dua buah. Fitur membuka geser dengan motor elektrik juga sudah disisipkan. Fitur canggih lain, monitor untuk penumpang belakang yang disiapkan pada headrest bangku depan. Agar parkir jadi mudah, kamera disajikan untuk memantau area buritan.


Konfigurasi unik pada kabin tetap dibenamkan sebagai penunjang kenyamanan. Di generasi ini, caranya dengan menambahkan meja lipat. Maklum, fleksibilitas ruang selalu jadi andalan Serena sedari awal.


Ruang yang lapang pun menjanjikan kenyamanan bagi penumpang dewasa. Bahkan rasa nyaman bisa dirasakan oleh penumpang dengan tinggi 180 cm sekalipun. Tentunya, tak lupa Nissan memberikan kesan mewah dengan jok berbahan kulit.


Jantung mekanisnya turut berkembang. Unit 2,0 liter diimprovisasi dengan tipe QR20DE 4-silinder segaris. Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 147 PS dan torsi 198 Nm. Transmisinya otomatis konvensional yang praktis untuk digunakan.


C26 (2013-2019) – Inovasi Tiada Henti



Di era ini, Nissan sukses meneruskan kejayaan mobil keluarga mewah. Pembenahan signifikan di sektor eksterior menekankan unsur elegan pada tubuhnya. Desain Serena C26 sudah sangat modern dan lebih mewah dari mobil-mobil di eranya.


Lampu belakang yang vertikal, lampu depan besar nan dinamis, hingga kaca besar menjadi ciri khas utama. Kemewahan juga dipertegas dengan sepuhan krom di berbagai sisi eksterior. Bahkan di tipe termewah, Autech, tersemat penghias bodi berupa body kit yang sporty.


Pada era ini, Nissan sudah menggunakan transmisi CVT untuk menemani mesin 2,0 liter. Tenaga 147 PS pun bisa mengalir dengan lembut tanpa mempertaruhkan kenyamanan penumpang. Fitur ECO Mode juga tersedia untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar Serena.


Fleksibilitas kabin tentu masih jadi keunggulan utama dari Serena. Kini joknya punya ragam pengaturan agar sesuai dengan kebutuhan penumpang.


Fitur canggih juga dibenamkan. Smart key untuk memudahkan keluar-masuk mobil. Tombol start/stop mesin, head unit layar sentuh 6 inci, hingga monitor 10 inci yang menggantung di plafon, bahkan cruise control disajikan.


C27 (2019) – Implementasi Kecerdasan Nissan



Sukses sebagai MPV Nomor satu di Jepang, Nissan pun membawa Serena pada misi baru. Mereka ingin lebih mengimplementasikan sisi kecerdasan dan kecanggihan pada aspek mobilitas. Jangan heran jika apa yang Anda lihat pada Serena C27, merupakan fitur-fitur yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.


Pintu geser elektrik, misalnya. Fitur ini sudah ada dari generasi sebelumnya dan bisa membuka secara otomatis setelah menekan tombol. Nyatanya, Nissan masih bisa mempercanggih fitur tersebut. Caranya dengan menyematkan fitur Touchless Sliding Door. Penumpang tak perlu menekan tombol apapun, hanya mengayunkan kaki ke sensor gerak yang ada di bawah mobil dan pintu pun otomatis tergeser.


Fleksibilitas ruang yang memanjakan penumpang memang jadi andalan Serena dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Kursi baris kedua Serena 2019 bisa digeser hingga baris ketiga untuk memberikan keleluasaan ruang yang paripurna bagi penumpang belakang.


Bagasi, kini bisa diakses dengan lebih praktis. Fitur dual backdoor menghadirkan pintu bagasi Serena dalam dua bagian; kaca saja atau keseluruhan pintu. Mengakses kargo di ruang bagasi dalam ruang parkir yang lebih terbatas pun jadi dimungkinkan.


Sebagai salah satu penerapan Nissan Intelligent Mobility, fitur I-AVM (Intelligent Around View Monitor) dibenamkan. Sesuai namanya, ada beberapa kamera di beberapa bagian eksterior Serena. Tugasnya memantau seluruh sudut di luar mobil. Kehadiran kamera 360 derajat ini akan memudahkan pengguna saat harus parkir di berbagai area.


Bentuk aplikasi Nissan Intelligent Mobility juga terlihat dari hadirnya dua layar LCD 7 inci pada bagian depan. Layar pertama depan pengemudi berfungsi sebagai penunjuk informasi pengendaraan serta visualisasi I-AVM. Layar lainnya di dashboard jadi pusat kendali fitur hiburan serta konektivitas (Multi Media Display). Untuk penumpang belakang, ada layar 11 inci yang menggantung di plafon.


Kebutuhan konektivitas yang makin tinggi, membuat Nissan selalu menyajikan fitur hiburan terpadu. Pada Serena generasi terbaru, headunit bisa dikoneksikan dengan smartphone dan tampil di layar dashboard yang terhubung dengan roof monitor 11 inci di belakang.


Seluruh penumpang Serena juga tak perlu khawatir peranti smartphonenya kehabisan daya. Ada 7 buah slot colokan untuk menghubungkan ponsel dengan sumber daya di kabin. Bentuknya pun USB Slot, sehingga tak perlu adaptor untuk mengoneksikan peranti pengisian.


Seluruh kecanggihan ini dibalut dalam eksterior Serena terbaru yang sangat atraktif. Tampilannya merepresentasikan desain Nissan generasi terkini dengan V-Motion Grill yang mewah. Serena generasi terbaru juga tampil lebih atraktif dengan two tone colour yang merupakan satu-satunya di kelasnya. (ADV)

  • Diterbitkan Oleh
    OTO
kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Serena

  • X | Rp448 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp120,31 Juta
    Angsuran Rp9,52 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Highway Star | Rp465 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp124,69 Juta
    Angsuran Rp9,88 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Nissan Serena

Lihat video terbaru Nissan Serena untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi