• Wishlist

Mazda3 Terbaru Segera Meluncur, Bakal Pakai Mesin Skyactiv-X

Mazda3 Terbaru Segera Meluncur, Bakal Pakai Mesin Skyactiv-X

Mazda belum lama ini mengunggah sebuah video teaser model terbarunya di laman Youtube. Pemberitaan yang beredar menduga, mobil dalam video merupakan generasi terbaru Mazda3.


Video yang diunggah pada 17 Oktober oleh akun resmi Mazda itu, hanya memperlihatkan sedikit tampak samping bagian belakang dan garis sisi bodi. Dan di akhir video tertulis “A New Era Begins” pada November 2018.



Bisa jadi model terbaru Mazda meluncur saat Los Angeles Auto Show, lantaran pameran otomotif ini digelar akhir November, seperti dinukil dari caranddriver.com (18/10). Namun, sampai sekarang Mazda belum mengumumkan secara resmi di mana mobil itu bakal diluncurkan.


Tampilan bodi dalam video memperlihatkan desain tajam dan bagian belakang khas hatchback. Hal itu memperkuat dugaan, Mazda3 yang akan dimunculkan. Sekilas bentuknya mirip mobil konsep Mazda yang sempat dipajang di Tokyo Motor Show 2017, yakni Kai.


Jika memang generasi Mazda3 selanjutnya merupakan penjelmaan dari Kai, maka desain bodinya merepresentasikan peningkatan konsep Kodo yang selama ini dikembangkan Mazda. Dibandingkan generasi terdahulu, Mazda3 terbaru berkesan lebih mewah.



Area tempat mesin bertengger memiliki dimensi lebih panjang. Kabin seolah bergeser hingga mentok ke belakang. Siluet dari depan ke belakang dibuat sangat mengalir. Desain itu sangat baik dalam menunjang performa, karena hambatan anginnya mengecil. Sedangkan bagian belakangnya terlihat kompak tanpa banyak aksen detail.


Selain bodi, besar kemungkinan mesin yang diusung juga baru. Soalnya, Kai sempat diungkapkan menggendong mesin bensin Skyactiv-X. Jantung pacu terbaru dari Mazda ini, mampu memberikan efisiensi bahan bakar dan torsi tinggi khas diesel, namun memiliki emisi rendah bak mesin bensin. Kemampuan itu dapat tercapai berkat penggunaan teknologi Spark Controlled Compression Ignition (SCCI), diklaim Mazda sebagai yang pertama di dunia.


Sayangnya, belum ada informasi lebih lengkap terkait spesifikasi mesin yang diaplikasi. Dugaan sementara Mazda bakal memberikan dua pilihan kapasitas, 2.000cc dan 2.500cc.


Di samping mesin, platform yang digunakan generasi terbaru, Skyactiv-Vehicle Architecture yang dikembangkan Mazda. Penggunaan platform anyar, membuat pengemudi seperti menyatu dengan kendaraan. Tujuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan optimal.


Pengalaman juga ditunjang oleh desain interior yang terfokus pada pengendara. Konsep Jinba-Ittai masih digunakan Mazda, sehingga membuat seolah antara pengemudi dan kendaraan dapat saling berkomunikasi. Desainnya sangat kompak, guna memberikan kebebasan pengemudi untuk berinteraksi dengan fitur di dalamnya. (Hfd/Odi)


Sumber: Caranddriver


Baca Juga: Mazda CX-5 Baru Meluncur, Mesinnya Turbo 2,5 Liter

Jelajahi Mazda 3

Mazda 3 Rp 497,8 - Rp 546,8 Juta Cicilan : Rp 11,36 Juta

Bandingkan & Rekomendasi