Rivalitas Dua Hatchback Premium Jepang, Pilih Mazda3 atau Honda Civic?

Rivalitas Dua Hatchback Premium Jepang, Pilih Mazda3 atau Honda Civic?

Melirik jajaran hatchback premium asal Jepang, Mazda dan Honda punya kontestan kuat untuk ditandingkan. Adalah Civic Hatchback RS dan Mazda3 Hatchback yang dibanderol di kisaran setengah miliar rupiah. Keduanya tentu siapkan mesin bertenaga sekaligus janjikan fitur berkelas. Namun, apa senjata masing-masing untuk bisa memikat?

Harga tidak terpaut jauh antara dua kontestan. Honda menempelkan label Rp 499 juta, seakan memainkan sisi psikologis lantaran tak sampai Rp 500 juta. Sementara itu, Mazda3 dipatok Rp 508,8 juta, tercatat lebih tinggi Rp 9,8 juta. Yang pasti mereka tawarkan keunggulan tersendiri.

Civic hatchback RS

Eksterior

Secara dimensi eksterior boleh dibilang Civic hatchback RS lebih besar. Honda mencatatkan hasil pengukuran 4.501 x 2.075 x 1.421 mm (PxLxT). Dari ukuran tadi diketahui panjang dan tinggi Mazda3 cukup identik namun tidak untuk lebarnya. Sebagai perbandingan, Mazda3 diukur 4.460 x 1.765 x 1.435 mm. Dibanding Civic, tubuh Mazda3 lebih langsing sekitar 30 cm. Jika membandingkan jarak antarsumbu roda, selisihnya tidak begitu signifikan. Wheelbase Honda 2.700 mm lebih pendek 25 mm dari Mazda3 (2.725 mm).

Rancangan eksterior tampilkan dua rasa berbeda. Honda Civic hatchback RS mainkan lenggokan sporty nan agresif, menyiratkan hubungan darah dengan model performa Type R. Paling kentara ditunjukkan oleh rancangan bumper dengan ornamen hitam bak kanal udara besar. Lebih kental lagi di buritan. Dua lubang knalpot mejeng di tengah, dipayungi elemen sirip diffuser.

Di lain sisi, Mazda3 pancarkan kesan elegan tanpa pahatan tajam agresif. Eksekusi desain bodi manis, utamakan perubahan kontur guna mendefinisi lekuk lewat arah cahaya dan bayangan. Rasa sporty eksis meski gaya keseluruhan cenderung dewasa dan bersih dari hiasan gimmick, Yep, bukan rongga udara tapi mata memicing dan dominasi grille besar kuatkan aura intimidatif.

Mazda3 hatchback

Terserah suka yang mana, namun peranti bawaan eksterior Mazda mungkin lebih menggugah. Pertama tersedia lubang pencahayaan di atap alias sunroof. Lalu, LED memberikan pencahayaan utama lewat lensa proyektor. Pun lampu dioda tidak sebatas berperan sebagai pencahayaan utama. Dapat ditemukan juga pada DRL dan lampu kombinasi belakang.

Baca juga: Detail Mazda CX-9 All-Wheel Drive, Mirip Varian 2WD dengan Sentuhan Ekstra

Fungsi penerangan utama komplet meliputi sakelar dan pengaturan ketinggian otomatis. Istimewanya, ia memiliki Adaptive Front Lighting System dan High Beam Control. Dua fitur tadi bertujuan meningkatkan keselamatan di malam hari. Pasalnya, lampu sanggup menghasilkan cahaya terang dari LED tanpa menyilaukan pengguna jalan lain.

Kelengkapan Civic memang bukan berarti sangat payah. Headlamp serta DRL juga berasal dari sumber LED. Bahkan fungsi Auto Leveling dan auto on/off hadir di hatchback Honda. Bedanya, pendar cahaya dipancarkan lewat pantulan reflektor. Jangan harap ada sunroof.

Untuk urusan akses setidaknya Honda bisa pamer kemampuan Remote Engine Start. Lainnya, fitur smart entry berikut tombol ignition dimiliki kedua petarung.

Mazda3 hatchback

Interior dan Fitur

Nuansa kabin sewajarnya dibuat selaras tema tampilan luar. Ruang Mazda3 tampak kalem dan terasa eksklusif bak mobil Eropa. Material soft touch dan leather mendominasi dasbor setir hingga door trim. Desain dasbor bersih dari kesibukkan tak perlu dengan permukaan melebar penuh hingga ke sisi. Di tengah bertengger layar hiburan MZD Connect 8,8 inci yang dikontrol melalui selektor di konsol tengah atau setir.

Baca juga: Banyak Kesamaan, Pilih Toyota Corolla Cross atau C-HR?

Beda dari langkah Mazda, Honda menuangkan lekuk agresif dalam kabin. Ya, sporty sudah jelas tapi layout tampak menyerupai Honda lain di kelas bawah. Contoh kisi AC trapezoidal di tengah menjadi topi dari layar infotainment dan kontrol AC di bawahnya.

Kala berbicara soal kelengkapan, agaknya diferensiasi cenderung ‘sebelas-duabelas’ dan punya setitik kelebihan sendiri. Automatic Climate Control serta kisi AC ekstra bagi penumpang belakang suguhkan kenyamanan dalam perjalanan. Layar instrumen digital hadir, Mazda punya panel TFT berwarna sementara Honda menganut model monokrom.

Kabin dibalut kulit dengan jahitan merah

Pengaturan bangku elektris, masing-masing punya. Settingan 10 arah dan kapabilitas memori spesifik sokong pengemudi Mazda. Lawannya lebih adil, dibekali kontrol motorized 8 arah (pengemudi) dan 4 arah (penumpang depan). Yep, seperti disebut di awal, satu barang nihil di interior Honda: sunroof.

Mesin

Bagai dua dunia berbeda kalau membahas senjata di balik bonnet. Hatchback Mazda menggendong mesin Skyactiv-G 2,0 liter DOHC 16 katup murni tanpa forced induction. Mesin N/A sanggup membuncahkan tenaga hingga 155 PS pada 6.000 rpm dibarengi torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Kemudian, seluruh putaran diterjemahkan ke roda depan melalui girboks otomatis 6 percepatan.

Efisiensi bahan bakar jadi pertimbangan utama tiap pabrikan. Kalau Mazda diperankan teknologi Skyactiv, lain cerita di Honda. Mesin berkubikasi kecil jadi solusi, lalu disokong turbocharger agar performa tetap mumpuni. Di situlah letak perbedaan mendasar. Juga menjadikan keunggulan sebab ekstraksi lebih besar dari kompetitor – Identik citra Honda yang seringkali unggul dalam hal performa mesin mobil mainstream.

Wajah baru civic hatchback

Adalah unit 1,5 liter turbo DOHC VTEC yang bersemayam di balik kap mesin Civic. Berlimpah, hasil keluaran tenaga bisa sampai 173 PS di 5.500 rpm. Ditambah lagi, buncahan torsi 200 Nm mejeng sejak putaran 1.700 rpm hingga 5.500 rpm. Distribusi daya ditugaskan kepada transmisi CVT dengan paddle shift.

Safety

Mazda3 tampak ciut bila menyoal performa, namun ia boleh berbangga di sektor keselamatan. Sangat lengkap untuk standar Indonesia. Airbag 7 titik siap melindungi dari celaka. Urusan pengereman, standarnya sudah dijaga geng pengereman ABS+EBD+BA. Garda perlindungan manuver pun diisi Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), dan Hill-Launch Assist (HSA). Pengemudi lantas dibantu sensor parkir depan-belakang berikut kamera mundur.

Tapi tak hanya itu, paket keselamatan aktif i-Activsense ikut meramaikan. Alat bantu peringatan dan pengereman aktif tersedia bila pengemudi kurang awas terhadap situasi. Saat melaju, sensor selalu mengawasi keadaan. Sebut saja Smart City Brake Support System (SCBS), Smart Brake Support (SBS), dan Forward Obstruction Warning. Peringatan lain diberikan ketika terdeteksi rintangan di area blindspot (Blindspot Warning System) dan dari sisi samping buritan saat mundur keluar dari parkiran (Rear Cross Traffic Alert).

Wajah Mazda3

Cruise control tidak sekadar menjaga kecepatan konstan. Mazda Radar Cruise Control turut memantau mobil di hadapan dan menyesuaikan kecepatan secara otomatis. Sistem perlindungan disudahi oleh Lane Keep Assist System. Berguna untuk menjaga posisi mobil selalu berada di dalam jalur melalui peringatan dan sedikit gerakan korektif.

Standar keselamatan Honda komplet hanya saja tidak secanggih Mazda. Airbag 6 titik saja. ABS+EBD+BA tentunya tak perlu ditanyakan lagi. Honda boyong ekstra berupa Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Paling banter kelebihan berupa Brake Override System yang mengutamakan pijakan rem ketika pedal gas dan rem ditekan bersamaan.

Simpulan

Urusan desain dan rancangan kembali lagi menyesuaikan selera Anda. Bebas pilih mau lenggokan sporty atau elegan. Sebagai bahan pertimbangan, dapat disimpulkan bahwa Honda punya sorotan keunggulan performa berkat mesin turbo bertenaga besar. Di lain sisi, meski dibanderol sedikit lebih tinggi, Mazda tawarkan paket fitur istimewa dalam sebuah hatchback. Terutama menyoal peranti keselamatan aktif. Jadi, ingin performa ekstra atau fungsi keselamatan aktif berikut ragam fitur komplet? (Krm/Tom)

Baca juga: Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto

Komparasi Honda Civic Hatchback RS vs Mazda 3 Hatchback

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store