First Drive: Suzuki All New Ertiga, Lebih Asyik (Video)

Gambar
Review Pengguna

Seperti apa rasa berkendara Ertiga baru? Kami mendapat kesempatan mencobanya di arena test drive IIMS 2018. Terbatasnya lahan pengujian cukup disayangkan. Tapi impresi berkendara awal bisa kami dapatkan.

Fokus kami merasakan mesin baru dengan pilihan transmisi yang ada, manual 5-speed dan otomatis 6-speed. Mesin Suzuki All New Ertiga memakai unit anyar hasil bore-up dari mesin Ertiga lama. Sekarang berkapasitas 1.5 liter VVT dengan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Sementara transmisi masih sama.

Soal pengendaraan, terasa Suzuki Ertiga baru termasuk enak untuk segmen LMPV. Artinya, kenikmatan berkendara bisa didapat oleh pengemudi. Tarikannya lebih responsif, baik untuk transmisi manual, apalagi yang otomatis. Torsi dirasa sudah bisa didapat di putaran lebih rendah dibanding Ertiga lama. Berarti pengendaraan dalam kota lebih enak, apalagi untuk kondisi stop and go. Saat menanjak juga seyogyanya lebih asyik dengan performa mesin baru dan transmisi yang dipasangkan. Perpindahan transmisinya juga halus, baik untuk manual maupun yang otomatis.

Chassisnya memakai platform modern Suzuki bernama Heartec. Performanya saat di belokan dan bergerak dinamis, lebih baik dibanding sebelumnya. Ada peningkatan lah dari feedback yang didapat pengemudi. Anda tidak merasakan ada yang perlu dikomplain saat memakai Ertiga baru bergerak penuh dinamika. Suspensinya pun mendukung itu. Tidak mantul-mantul, dan menawarkan bantingan yang tergolong baik di segmennya. Biasanya orang banyak yang mengatakan kalau rata-rata LMPV punya suspensi keras. Tapi Ertiga masih bisa mempertahankan kenyamanan dari sektor itu.

Soal bergerak penuh dinamika, juga didukung dari kemudi Ertiga baru yang punya bobot putar pas. Kami bilang pas untuk segmen LMPV, termasuk enak. Arahan dari pengemudi bisa langsung dieksekusi dengan tingkat presisi yang baik.

Terkait perubahan desain, memang tergantung selera masing-masing. Tapi kabin Ertiga baru memberikan kenyamanan dari sisi pengemudi. Joknya masih empuk, kelapangan kabinnya ada, pengaturan posisi duduk bisa lebih fleksibel, visibilitas baik dan kemudahan mengakses fitur-fitur di dasbor seperti AC dan infotainment multimedia. Itu yang ditawarkan kabin All New Ertiga kepada pengemudinya.

Kalau melihat perbandingan atau value antara harga, rasa dan fitur, harga Ertiga baru yang meningkat sekitar Rp 10 juta masih terasa wajar. Tinggal bagaimana Anda bisa menerima desain yang ditawarkan dan memilih varian tipe sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. (Tom/Van)

Baca Juga: Pilihan Low MPV Diskonan di IIMS 2018 untuk Mudik Lebaran

Jelajahi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga Rp 210,5 - Rp 266 Juta Cicilan : Rp 4,8 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store