Empat Tahun Mitsubishi Xpander, Jadi Pembeda di Segmen Low MPV

Empat Tahun Mitsubishi Xpander, Jadi Pembeda di Segmen Low MPV

Pasar low MPV di Indonesia masih menjadi pasar dengan potensi terbesar. Meski saat ini model SUV tengah naik daun, namun banyaknya model yang ditawarkan di Indonesia untuk kelas MPV murah membuat mobil keluarga tersebut terus mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat.

Ini terbukti dengan raihan angka penjualan MPV low hingga bulan September mencapai 11.319 unit. Kenaikan ini juga menjadi penanda bangkitnya industri otomotif di Tanah Air sedikit demi sedikit setelah sebelumnya terpukul akibat pandemi.

Banyaknya penggemar di kelas ini membuat kehadiran pembaruan produk low MPV selalu di nanti. Akhir-akhir ini penampakan bocoran produk-produk anyar low MPV bertebaran di media sosial dan selalu membuat kehebohan tersendiri. Salah satu yang menarik dibahas adalah produk low MPV Mitsubishi Xpander.

Menarik karena tahun ini bertepatan dengan empat tahun kehadiran Xpander di Indonesia. Model yang pertama kali hadir di 2017 ini kini menjadi jagoan Mitsubishi untuk pasar nasional dan internasional. Xpander sudah tersebar di Asia Tenggara hingga beberapa negara Amerika Latin dan menjadi model terlaris keempat Mitsubishi secara global pada 2018 dan 2019 lalu.

Xpander Ultimate

Beragam Fitur

Mitsubishi Xpander hadir dengan beragam fitur yang menarik untuk dilirik. Menggunakan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve bertenaga 105 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm, Xpander hadir dengan penggerak roda depan disaat kompetitor lain masih menggunakan penggerak belakang. Pilihan transmisi tersedia manual dan otomatis dalam beberapa varian.

Hadir dengan ukuran dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.730 mm, Xpander menawarkan kabin yang cukup lega. Kemampuan menghadapi beragam jalan juga didapat berkat ground clearence setinggi 205 mm.

Fitur kenyamanannya hadir cukup lengkap untuk sekelas produk low MPV. Standar keamanan hadir dari fitur Hill Start Assist, dual SRS airbag, active stability control, ABS EBD, dan fitur Emergency Stop Signal System.

Saat pertama kali hadir, Xpander menawarkan desain yang revolusioner untuk segmen yang kala itu belum mendapatkan pembaruan. Sampai empat tahun kehadirannya, desain ini masih terasa berbeda dibandingkan produk di segmen yang sama, berkat kehadiran grill depan dengan desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Xpander menawarkan penerangan utama dengan teknologi LED yang juga dibenamkan pada stop lamp kombinasi di belakang.

Baca juga: Mesin Berpotensi Mati Mendadak, Mitsubishi Recall Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Mitsubishi Xpander Sport AT

Kenyamanan di dalam interiornya hadir berkat banyaknya ruang penyimpanan dan pengaturan kursi yang fleksibel. Layar sentuh 7 inci jadi perhatian utama pada dashboard dengan kemampuan sambungan telepon genggam. Sentuhan modern juga hadir pada meter cluster yang menghadirkan MID untuk memperlihatkan beragam informasi kendaraan.

Sebagai tambahan, untuk pilihan low MPV saat ini, Xpander mendapatkan kemudahan diskon pajak PPnBM hingga akhir tahun. Produk ini sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan kemudahan tersebut dengan besaran potongan Rp 14 jutaan sampai Rp 15 jutaan.

Mitsubishi juga terus berkreasi dengan menghadirkan model Xpander Rockford Fosgate edition beberapa waktu lalu. Sesuai namanya, model ini menawarkan kualitas audio dari Rockford Fosgate ditambah dengan tampilan kendaraan yang didominasi warna hitam.

Beragam keunggulan ini membuat Xpander masih menjadi model terlaris Mitsubishi di Indonesia. Berdasarkan perhitungan penjualan September 2021, Xpander, termasuk model Xpander Cross, mampu menjaga pangsa pasar di segmen small MPV lebih dari 30 persen dan terjual 3.398 unit.

Baca juga: Penampakan Mitsubishi Xpander Terbaru yang Bakal Pakai Transmisi CVT 

Mitsubishi Xpander Cross Mitsubishi Xpander Cross

Isu Pembaruan

Beberapa waktu lalu di media sosial tersebar beragam foto sebuah model XPander yang berbeda dari model yang ada saat ini. Mengingat usia yang sudah menginjak empat tahun, Mitsubishi mungkin tengah memikirkan untuk menyegarkan model ini agar tetap menarik.

Dari bocoran foto tersebut terlihat desain Xpander masih menggunakan desain Dynamic Shield dengan perbedaan hadir pada bentuk lampu utama yang kini lebih tajam. Sebelumnya lampu utama hadir di bagian bawah dengan bentuk kotak berukuran besar. Posisi fog lam juga berubah menyesuaikan desain yang makin modern.

Pada bagian belakangnya, teknologi LED masih digunakan. Kesannya semakin modern dengan desain lampu belakang berbentuk bumerang yang menjadi ciri khas baru.

Informasi bocoran lain yang diterima redaksi Oto.com adalah kehadiran teknologi transmisi CVT. Ini akan menggantikan transmisi AT konvensional yang selama ini digunakan Xpander. Kehadiran teknologi diharapkan dapat memenuhi standar emisi yang lebih baik serta dengan bobot yang lebih ringan mampu meningkatkan konsumsi bahan bakar Xpander.

Lebih jauh, Mitsubishi juga tengah menyiapkan Xpander dengan teknologi listrik, lebih tepatnya hybrid electric vehicle, diperkirakan hadir pada 2023 mendatang. Ini sudah menjadi janji Mitsubishi untuk pasar Tanah Air yang belakangan menggandrungi kendaraan ramah lingkungan dan menggerakkan berbagai peraturan untuk mencapai target emisi nol dalam beberapa tahun ke depan.

Menarik untuk terus melihat pengembangan produk low MPV Xpander ini. Terlebih ini akan menjadi pertarungan yang menarik di kelas low MPV yang dijejali beragam produk menarik dan tidak lupa gangguan dari pasar SUV kompak yang semakin lama juga dilirik calon konsumen. (Sta/Raju)

Baca juga: Duo Xpander Jadi Andalan, Mitsubishi Rasakan Capaian Positif Penjualan di September

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Xpander 2021
    Mitsubishi Xpander 2021
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
  • Mitsubishi Xpander Cross 2021
    Mitsubishi Xpander Cross 2021
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

Tren MPV

  • Yang Akan Datang