Detail Spesifikasi SUV 7-Seater Baru Mazda CX-8

Detail Spesifikasi SUV 7-Seater Baru Mazda CX-8

Mazda CX-8 resmi dipasarkan. Model itu mengisi kekosongan antara CX-5 dan CX-9. Banderolnya pun menarik, mulai Rp 600 jutaan untuk varian bawah. Adik langsung CX-9 itu, dibekali fitur dan kelengkapan yang tak kalah premium dari saudaranya. Ditawarkan dalam dua varian: Touring dan Elite, simak spesifikasi lengkap Mazda CX-8 berikut.


mazda cx-8 dimension


Dimensi


Ukurannya menggambarkan SUV tiga baris kursi. Tapi tak sebesar CX-9 yang panjangnya sampai 5 meter. Bekal dimensi 4.900 x 1.840 x 1.730 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.930 mm. Jarak antar poros roda itu sama dengan sang kakak. Makanya CX-8 bisa punya kabin dengan tiga baris. Malah dimensi dan jarak sumbu rodanya lebih panjang dari kepunyaan Toyota Fortuner. Kalau dari klasifikasi, CX-5 dan CX-8 sama, masuk sebagai medium SUV. Sedang CX-9 large SUV.


Mesin dan Performa


Ini yang jadi pembeda dengan CX-9. Mazda tak memasang turbo pada unit SKYACTIV-G 2,5 liter CX-8. Ya, mesin 4-silinder naturally aspirated itu sama seperti yang dipakai CX-5. Semburan tenaganya 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm. Sedang transmisi, SKYACTIV-DRIVE 6-speed. Sayang tak didukung juga dengan paddle shift untuk kenikmatan berkendara. Oh ya, kapasitas tangki penuh 72 liter, dengan anjuran bahan bakar RON 95.


Suspensi MacPherson Strut dan Multi-link menjamin kenyamanan maupun kemampuan bergerak. Kalau mengacu pada CX-9, kenyamanan dan rasa berkendaranya layak diacungi jempol. Berasa mengendarai sedan. Namun tetap harus menunggu hasil uji langsung CX-8. Hadirnya G-Vectoring control (GVC) menjamin pengendaraan dan kemampuan bergerak lebih tajam. Untuk deselerasi, sudah cakram di tiap roda.


skyactiv engine


Eksterior


Wajahnya sudah mengaplikasikan bahasa desain Kodo anyar. Meski terlihat seperti Mazda3 yang cuma punya satu lampu di depan, ada tambahan lampu kabut LED di bumper. Bentuknya kecil, hampir tak kasat mata. Lampu utama, seperti Mazda lain, bisa menyesuaikan otomatis (Auto Leveling) ketinggian sorotannya.


Diapit lampu, ada grille besar dengan sepuhan kromium sebagai tanda kemewahan. Selain itu, kromium bisa dijumpai pada bingkai jendela samping dan pintu bagasi. Sisi samping tampak gagah dengan pelek besar 19 inci yang dibalut karet hitam 255/55. Desain spion sudah modern, terpasang pada bodi. Tak lagi berada di sudut pilar-A. Tampak samping, memang CX-8 tak terlihat sebesar CX-9. Lebih pada CX-5 yang dipanjangkan.


Interior


Kabin dibedakan antarvarian dengan pelapis jok dan trim. Varian murah Touring memakai kain fabric warna hitam, yang diklaim berkualitas. Sedang Elite, kulit Nappa berwarna merah agak gelap. Namun untuk lingkar kemudi dan tuas transmisi sama, kedua tipe dilapis kulit. Selain itu, Elite menawarkan kabin 6-seater dengan baris tengah captain seat. Pemisah kursi, diisi konsol penyimpanan dan cup holder.


Pengatur kursi depan sudah elektrik, baik pengemudi dan penumpang. Ada juga fitur ventilasi pada jok depan, yang bisa mengembuskan udara sejuk pada dudukan dan sandaran. Tambah lagi dengan fungsi penghangat kursi dan sunshade untuk baris kedua. Semua itu tersedia pada tipe Elite.


Infotainment menggunakan layar 8 inci dengan beragam konektivitas dan sistem navigasi terintegrasi. Tapi tak disebut adanya Apple CarPlay dan Android Auto. Keluaran suaranya pakai audio premium Bose dengan 10 speaker. Itu buat tipe mahal. Yang murah, sistem audio standar dengan 6 speaker. Satu lagi fitur eksklusif tipe Elite, head-up display pada kaca depan pengemudi.


mazda cx-8 interior


Safety


Biasanya, Mazda di sini menawarkan fitur keselamatan lengkap. Tak kecuali CX-8. Ada dua airbag depan ditambah samping dan curtain (6 airbag), ABS+EBD+BA, hill launch asssit (HLA), kendali stabilitas (DSC), kendali traksi (TCS), sensor parkir depan belakang dan kamera parkir. Sementara kalau memilih tipe Elite lebih lengkap lagi. Ditambah paket keselamatan aktif i-Activsense. Terdiri dari lampu depan LED adaptif, blind spot warning (BSM), rear cross traffic alert (RCTA), lane departure warning (LDWS), lane keep assist (LAS), smart city brake support maju dan mundur (SCBS F & R), pedestrian brake, driver attention alert (DAA) dan kamera 360 derajat. (Tom/Odi)


Baca Juga: Mazda CX-8 Meluncur, Tambah Pilihan SUV 7-Seater Premium

Jelajahi Mazda CX-8

Mazda CX-8 Rp 667,8 - Rp 746,8 Juta Cicilan : Rp 15,24 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store