• Wishlist

Daihatsu Tak Khawatir Pesaing Xenia Buatan Mitsubishi dan Wuling

Daihatsu Tak Khawatir Pesaing Xenia Buatan Mitsubishi dan Wuling

Jakarta - Indonesia jadi pasar menggiurkan bagi pabrikan mobil dunia. Mereka berlomba melakukan investasi, hingga menawarkan produk yang dianggap sesuai keinginan dan selera masyarakat. Salah satunya dalam bentuk multi perpose vehicle (MPV).


Hal ini memang beralasan. Sebab saat ini, model MPV mendominasi penjualan di Indonesia. Pabrikan yang bermain di segmen MPV, sebutlah Mitsubishi, sebentar lagi menggebrak dengan XM Concept. Lalu ada pula produsen asal China, Wuling Motors, yang berinvestasi dengan mendirikan pabrik dan segera memproduksi MPV.


Lantas bagaimana respons Daihatsu? Selama ini, mereka bermain di segmen low MPV dan menjadi salah satu market leader lewat produknya Xenia? Melihat hal itu, Head Corporate Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardima bilang, Daihatsu siap bersaing dengan produk-produk baru yang bersaing dengan Daihatsu Xenia.


Debut perdana mobil China


"Banyaknya produk baru, sebenarnya keuntungan buat konsumen karena banyak pilihan. Pasar semakin kompetitif. Tentu kita sampaikan kepada masyarakat apa keunggulan yang kita miliki," jelas Rudy pada Oto.com, Kamis (15/3) di Jakarta.


Rudy menambahkan, dalam menghadirkan sebuah produk baru, terdapat banyak pertimbangan. "Perlu banyak persiapan, bukan hanya produk, tapi layanan purna jual juga harus disiapkan. Karena saat kita jual mobil, tidak mungkin kalau kita tidak siapkan perawatannya. Kalau mobilnya oke, tapi purna jualnya tidak bagus, itu kan bisa mengecewakan konsumen," tambah Rudy.


Ia berpandangan, beragam produk baru di kelas MPV dipastikan bakal mengganggu pasar Xenia. Namun pihaknya percaya dengan keunggulan serta nama besar Daihatsu, Xenia tetap jadi pilihan masyarakat Indonesia.


Mitsubishi XM Concept


Menurut data Gaikindo, penjualan mobil model MPV terus mendominasi dalam beberapa tahun terakhir. Produk terlaris di segmen itu, ialah Toyota Avanza dan diikuti Daihatsu Xenia. Sementara yang bakal menyusul di segmen MPV, salah satunya pabrikan asal China dengan mengusung nama PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) Motor Indonesia. Setidaknya ada 2 produk MPV yang dari SGMW di Indonesia.


Mitsubishi, pada GIIAS 2016 silam, mulai memperkenalkan produk MPV terbarunya yang diberi nama Xpander. Mobil ini rencananya diproduksi tahun ini di pabrik baru Mitsubishi yang tengah dalam pembangunan di Bekasi, Jawa Barat.


Baca Juga: Daihatsu Akan Buat Edisi Terbatas Dalam Rangka Ulang Tahun

Jelajahi Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia Rp 170,65 - Rp 218 Juta Cicilan : Rp 3,89 Juta