Oto
jakarta-selatan

All new Daihatsu Sirion AT vs Suzuki Ignis GX AGS

  • 23 Feb, 2018
  • 9565 Kali Dilihat

Pendatang baru city car melawan bintang tahun lalu. Daihatsu Sirion baru melawan Suzuki Ignis. Masing-masing punya poin yang jadi andalan. Siapa yang unggul kala keduanya diadu spesifikasi dan kelengkapan? Ini komparasi spesifikasi Sirion versus Ignis. Untuk mempermudah kita ambil varian tertinggi kedua mobil.


HARGA


Suzuki Ignis GX


 


Kalau memilih antara keduanya dengan acuan harga semata, Ignis lebih unggul. Harga all new Daihatsu Sirion ditawarkan Rp 193,5 untuk transmisi otomatis dan Rp 182,5 juta dengan transmisi manual. Harga Suzuki Ignis lebih murah. Yang termahal Rp 175,5 juta untuk varian GX AGS. Banyak faktor yang bisa membentuk harga, misal kualitas dan kelengkapan fitur. Fitur Sirion lebih banyak dan bisa jadi mengungguli Ignis, meski harganya berbeda hampir Rp 20 juta.


DIMENSI



Keseluruhan dimensi dimenangkan Sirion dengan 3.895 x 1.735 x 1.525 mm (PxLxT). Sementara Ignis punya ukuran 3.700 x 1.690 x 1.595 mm. Jarak sumbu roda Sirion juga lebih panjang, 2.500mm, sedang Ignis 2.435mm. Makanya Sirion punya kabin yang jauh lebih lapang dari Ignis. Sedang keunggulan Ignis pada ground clearance, 180 mm, yang mendekati SUV. Jarak Sirion dari permukaan tanah 150 mm.


PERFORMA & DESAIN



Jantung mekanis Sirion diperbarui, mesin 4-silinder 1,3 liter dual VVT-i berdaya 95 PS dan torsi 120 Nm. Output itu dikirim ke penggerak roda depan oleh transmisi otomatis 4-speed. Suzuki Ignis menggendong mesin 1,2 liter dengan tenaga 83 PS dan torsi puncak 113 Nm yang disalurkan via transmisi AGS (semi-otomatis AMT) 5-speed. Dari performa, Sirion kembali unggul dengan tenaga lebih besar dan transmisi otomatis.


 


Keduanya menargetkan pasar kawula muda. Tapi desain masing-masing tampil berbeda. Sirion tipikal hatchback kompak dan ada DNA bahasa desain Toyota/Daihatsu. Sementara Ignis tampil lebih berani dengan terobosan desain mengarah ke crossover SUV. Baik Sirion dan Ignis juga punya ruang untuk dimodifikasi. Sektor bawah Sirion dan Ignis memakai pelek 15 inci tapi berbeda ukuran ban.


FITUR



 


Soal fitur Sirion unggul karena selain lebih baru, bekal persenjataannya juga berlimpah. Sirion punya lampu LED dengan fitur follow me home dan bisa diatur ketinggian sorotannya. Wiper depan dan belakang didukung sensor, infotainment 6,2 inci, AC digital dual zone, tombol start/stop mesin dan kendali audio/telefon dari palang kemudi. Suzuki Ignis GX punya lampu LED, roof rail, AC otomatis dan kontrol audio pada palang kemudi. Infotainment standar masih standar 2DIN tapi sudah bisa terkoneksi Bluetooth.


Fitur Safety Sirion juga lebih unggul. Selain dua kantung udara di depan, Sirion dibekali rem ABS+EBD, vehicle stability control dan traction control, stabilizer, kamera parkir mundur dan sensor parkir depan belakang. Ignis punya dua kantung udara dan rem ABS+EBD tanpa kendali stabilitas dan traksi.


KESIMPULAN


Sirion berubah total


Oke, Sirion baru memang lebih mahal dari Ignis. Tapi itu terbayar oleh bekal mesin baru dengan dual VVT-i, fitur sangat memadai, penjamin keselamatan mumpuni dan kabin lebih lapang dari Ignis maupun kebanyakan kompetitor di segmennya. Kami nyatakan Sirion termasuk pilihan menggiurkan. (Tom/RS)


Baca juga: All New Daihatsu Sirion AT VS Honda Brio RS CVT

Komparasi Sirion vs Ignis

Daihatsu Sirion
Rp187,1 - Rp198,1 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Suzuki Ignis
Rp157 - Rp186 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Sirion vs Ignis
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi