Komparasi Daihatsu New Sirion Lawan Honda Brio RS, Siapa Paling Menarik?

Komparasi Daihatsu New Sirion Lawan Honda Brio RS, Siapa Paling Menarik?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memperkenalkan New Sirion, Kamis (2/6/2022). Pembaruan city car tersebut hadir di desain, fitur dan sisi kenyamanan lainnya.

Sebagai city car, Sirion langsung berhadapan dengan rival-rivalnya di Indonesia. Salah satunya adalah Honda Brio RS. Keduanya sama-sama menawarkan desain city car yang digemari anak muda dengan beragam fitur tambahan di dalamnya.

Lantas bagaimana jika keduanya dibandingkan? Oto.com coba memperlihatkan data di atas kertas dari kedua produk yang baru saja mendapatkan pembaruan ini. Mari kita simak bersama.

Sirion

Harga

Oto.com memulai dari tawaran harga dari kedua model ini. New Sirion kini ditawarkan dengan dua pilihan varian dengan satu pilihan transmisi D-CVT. Varian 1.3 X dengan harga Rp227,6 juta dan varian 1.3 R diharga Rp236,8 juta. Keduanya berstatus on the road DKI Jakarta.

Honda Brio RS hadir dengan varian yang lebih beragam. Ada RS dengan transmisi manual di harga Rp216,1 juta, RS dengan transmisi CVT di angka Rp226,1 juta. Terbaru ada varian Brio RS Urbanite Edition yang juga ditawarkan dengan pilihan transmisi manual di angka Rp225,9 juta dan transmisi CVT di angka Rp235,9 juta.

Soal harga, kedua model ini selisih tipis. Tentu saja pertimbangan hadir dari bahasan yang akan kita ungkap selanjutnya.

Baca juga: Pendatang Baru All New Subaru Forester Lawan Honda CR-V

Brio RS Urbanite Edition

Desain Eksterior

Pembaruan tampak luar pada Sirion hadir dari di bumper depan belakang, headlamp yang lebih stylish dan rumah kaca spion yang kini menggunakan warna hitam. Headlampnya sudah hadir fitur auto on, levelling adjuster dan follow me home. Tambahan lainnya, Sirion sudah menggunakan rear spoiler dengan high mount stop lamp, side stone guard dan pelek alloy berukuran 15 inci dan ban 185/55 R 15. Tampilannya Sirion kini lebih bergaya energik, sesuai dengan pasar yang ditujunya.

Soal ukuran dimensi, Sirion menawarkan panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.525 mm dengan jarak sumbu roda 2.500 mm. Sirion terbaru menawarkan jarak pijak ke tanah sejauh 150 mm dengan radius putar minimumnya di angka 5,1 meter. Pilihan warna yang disediakan ada lima yakni lava red metallic, electric blue metallic, granite grey metallic, icy white solid dan glittering silver metallic.

Beralih ke Honda Brio RS. Gaya sporty lebih ditekankan pada city car Honda ini. Sentuhan warna hitam mendominasi beberapa bagian eksterior seperti grille, dan rumah kaca spion. Soal pencahayaan, Brio RS sudah menggunakan teknologi LED baik di depan dan belakang kendaraan.

Daihatsu Sirion 2022

Khusus untuk varian Urbanite yang baru mendapatkan penyegaran April lalu, terdapat tailgate wing spoiler berukuran besar, matte black alloy wheel berukuran 15 inci dengan ban 185/55 R15. Masih ada black door handle, front under spoiler, black side under spoiler dan rear under spoiler dengan diffuser di bagian belakang.

Soal ukuran dimensi, Brio RS menawarkan panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm dengan jarak sumbu roda 2.405 mm. Pilihan warna yang hadir antara lain crystal black pearl, taffeta white, modern steel metallic, lunar metallic. Khusus varian Urbanite hadir warna phoenix orang pearl two tone, carnival yellow two tone, dan warna baru yakni taffeta white two tone serta crystal black pearl.

Dari dimensi, Sirion menawarkan ukuran yang sedikit lebih panjang dibanding Brio RS. Soal dimensi keduanya juga memiliki perbedaan bagi orang dengan selera city car tertentu.

Honda Brio design

Tawaran Kenyamanan Interior

Sebagai produk terbaru, perubahan pada interior New Sirion cukup menjanjikan. Dashboardnya masih didominasi warna hitam dengan sentuhan silver pada area tengah. Terdapat desain baru di lingkar kemudi dan pola jahitan baru pada jok dengan bahan fabrik. Meter clusternya kini dilengkapi dengan layar 4,2 inci TFT yang berisikan beragam informasi seputar kendaraan. Lingkar kemudi ini ditambahkan fitur tilt steering untuk pengaturan kenyamanan.

Di area tengah terdapat pengaturan AC digital, front USB power outlet, driver seat power outlet, driver seat height adjuster serta kehadiran tombol start stop engine. Head unitnya kini menawarkan konektivitas langsung dengan telepon genggam pengemudi termasuk mirroring. Head unit ini juga menjadi tempat melihat kamera belakang yang dilengkapi dengan sensor parkir. Tidak lupa di kabin Sirion terbaru tersedia berbagai tempat untuk penyimpanan baik di baris pertama maupun kedua serta kehadiran teknologi air purifier sebagai standar di varian teratas.

Soal keleluasaan kabin, Sirion terbaru juga menawarkan ukuran ruang penyimpanan bagasi yang cukup lapang. Terdapat seat arrangement untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di dalam kabin dengan kursi baris kedua dapat dilipat penuh.

Daihatsu Sirion 2022

Beranjak ke Brio RS. Sentuhan sporty hadir di dashboard berwarna hitam dengan detil warna oranye di beberapa bagian. Termasuk pada meter cluster yang hadir dengan layar MID dengan beragam informasi. Detil warna oranye ini juga dapat ditemui pada jahitan jok fabric yang dilengkapi dengan headrest yang bisa diatur tinggi rendahnya. Lingkar kemudinya hadir dengan audio steering switch, kemampuan pengaturaan tilt steering, pengaturan AC Digital, dan auto door lock by speed serta power door mirror.

Head unitnya hadir dengan ukuran 6,2 inci layar sentuh berkemampuan sambungan telepon pintar dengan Bluetooth. Pengalaman hiburan lebih baik dengan kehadiran tweeter speaker Daya angku Brio RS juga bisa diperbesar dengan melipat kursi baris kedua. Tidak lupa beragam tempat penyimpanan hadir di baris pertama dan kedua Brio RS untuk kenyamanan selama berkendara.

Performa dan Fitur

Tawaran tenaga New Sirion hadir dari mesin 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i 1.329 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 95 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 119 Nm pada putaran 4.200 rpm. Transmisinya menggunakan D-CVT milik Daihatsu yang diklaim lebih irit bahan bakar dan memberikan pengalaman berkendara responsif.

Brio RS Urbanite Edition

Soal fitur, New Sirion mendapatkan tambahan kenyamanan dari idle stop system yang mematikan kinerja mesin sementara saat kondisi kendaraan berhenti. Masih ada hill start assist untuk mencegah mobil mundur saat berada di tanjakan. Sisi keamanan hadir dari airbag di depan dan samping baris pertama, dan kini sudah hadir dengan fitur pengereman ABS dan EBD serta vehicle stability dan traction control untuk kestabilan berkendara.

Sistem mekanik lainnya, Sirion baru menggunakan power steering elektrik, rem cakram di depan, rem tromol di belakang. Suspensinya menggunakan Mac Pherson Struts dengan coil spring dan stabilizer di depan dan torsion beam dengan coil spring dan stabilizer di belakang.

Beranjak ke Brio RS. Soal performa, Brio RS menggunakan mesin 1.2L SOHC i-VTEC + DBW 1.199 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 90 ps pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Pilihan transmisinya ada CVT dengan teknologi Earth Dreams dan manual lima percepatan.

Keamanannya hadir dari penggunaan rangka G-CON+ACE, dual front airbag, serta fitur pengereman ABS EBD yang hadir di seluruh varian. Brio RS sudah menggunakan power steering elektrik serta kehadiran ECO indicator untuk memperlihatkan cara berkendara hemat bahan bakar secara real time. Masih ada seatbelt reminder, pretensioner seatbelet, sensor parking, keyless entry, immobilizer, dan alarm system sebagai standar.

Soal informasi teknis lainnya, Brio RS menggunakan suspensi depan Mac Pherson strut di depan, H-Shape Torsion beam di belakang. Kemampuan pengereman hadir dari cakram di depan dan tromol di belakang.

Kesimpulan

Perbandingan di atas memperlihatkan keunggulan masing-masing produk di segmennya. City car dengan mesin 1.200 cc sampai 1.300 cc kebanyakan memang dihuni produk niche sebab pasar ini menjadi hunian produk LCGC.

Bagi yang menginginkan sentuhan premium untuk sebuah city car bisa melirik Sirion terbaru yang menawarkan mesin bertenaga serta fitur keselamatan yang lengkap. Bagi yang menginginkan city car berpenampilan sporty ala modifikasi, Brio RS Urbanite sangat sulit untuk tidak dilirik.

Namun pilihan kembali ke masing-masing dana yang disediakan. Di harga Rp250 juta ke bawah, keduanya menjadi pilihan menarik berkat beragam keunggulan yang ditawarkan. (Sta/Tom)

Baca juga: Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio

Daihatsu Sirion
  • Rp 227,6 - 236,8 Juta
Honda Brio
  • Rp 155,7 - 235,9 Juta
Sirion vs Brio

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature